5 Rekomendasi Merek Obat Tipes untuk Anak

Dokter biasanya akan meresepkan obat-obat ini saat tipes

20 Oktober 2020

5 Rekomendasi Merek Obat Tipes Anak
Freepik/user18526052

Tipes atau dikenal juga dengan sebutan demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Umumnya tipes rentan terjadi pada anak karena kekebalan imun tubuh mereka belum kuat dan maish berkembang.

Setelah terkena bakteri Salmonella typhi, gejala tipes pada anak akan datang secara tiba-tiba atau bertahap dalam kurun waktu beberapa minggu saja, Ma!

Umumnya anak akan mengalami demam tak kunjung reda selama kurang lebih seminggu dan disertai gejala-gejala tipes lainnya. Saat anak mengalami gejala tipes yang telah disebutkan, Mama bisa mengonsultasikan hal ini pada dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Di masa pandemi seperti saat ini, jika Mama masih takut membawa si Kecil ke rumah sakit, Mama bisa mengonsultasikannya pada dokter secara online. Biasanya dokter akan meresepkan Mama obat berupa antibiotik untuk meredakan tipes yang dialami anak.

Nah, berikut ini Popmama.com telah merangkum rekomendasi obat tipes untuk anak yang biasa dokter resepkan. Disimak yuk, Ma!

1. Azitromisin 

1. Azitromisin 
Pharmacymagazine.co.uk

Azitromisin termasuk dalam golongan makrolida dan efektif dalam melawan infeksi bakteri ringan sampai sedang. Cara kerjanya dengan menghambat sintesis protein bakteri dengan mengikat ribosom subunit besar (50S).

Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik ini karena terkenal ampuh untuk mengobati penyakit tipes tanpa komplikasi pada anak-anak berusia 4 sampai 17 tahun. Ketersediannya dalam bentuk oral dengan dosis minimal 10 mg/kg bb sehari sekali tergantung dosis yang diberikan dokter pada si Kecil.

Editors' Picks

2. Cefixime

2. Cefixime
Clinicalomics.com

Cefixime merupakan jenis obat antibiotik lainnya yang dipercaya bisa atasi tipes. Obat ini dikenal sebagai golonan antibiotik sefalosporin yang berfungsi menghentikan pertumbuhan bakteriDokter juga biasanya akan meresepkan obat ini karena aman diberikan untuk anak dan bisa dikonsumsi secara oral di rumah.

3. Chloramphenicol

3. Chloramphenicol
Mottchildren.org

Chloramphenicol merupakan salah satu jenis antibiotik yang bekerja menghambat sintesis protein dari bakteri penyebab tipes. Ketika sintesis protein ini terganggu, bakteri tidak dapat berkembang biak dan menyebarkan infeksinya lebih lanjut. 

Jika di rumah sakit, obat ini biasanya akan diberikan lewat intravena (infus), namun dokter biasanya akan emresepkan obat ini yang bisa dikonsumsi anak secara oral dengan air. Untuk dosis obat ini, dokter akan memberikan sesuai dengan berat badan dan usia si Kecil.

4. Paracetamol atau ibuprofen

4. Paracetamol atau ibuprofen
workingmother.com

Obat satu ini tentu menjadi obat yang harus ada di dalam rumah. Tak hanya untuk menurunkan demam dan meradakan sakit kepala, jika si Kecil terkena tipes Mama bisa memberikannya obat paracetamol atau ibuprofen.

Namun mengingat efek samping obat tersebut terutama pada anak, pemberian paracetamol sebagai penurun panas lebih disarankan daripada ibuprofen.

Penggunaan obat demam tipes yang satu ini dapat diperoleh bebas di apotek tanpa perlu resep dari dokter. Namun tetap perhatikan aturan pakai yang tertera pada label obat untuk menyesuaikan dengan usia anak ya, Ma.

5. Multivitamin

5. Multivitamin
childrens.com

Saat alami tipes, tubuh si Kecil biasanya akan melemah akibat kekurangan nutrisi karena napsu makannya yang cenderung berkurang. Untuk itu, sebagai pengobatan Mama bisa memberikan anak multivitamin yang mengandung vitamin A, B, D, asam folat, magnesium, mangan dan beberapa nutrisi penting lainnya.

Selain obat-obat di atas tadi, dengan menambahkan multivitamin maka stamina tubuh anak pun akan tetap terjaga dalam melawan virus yang menyerang tubuhnya.

Mama bisa menemui ragam multivitamin bermerek yang dapat ditemui di apotek. Namun sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter atau apoteker sebelum membeli atau memberikannya pada si Kecil.

Itu dia merek obat pereda tipes yang biasanya direkomendasikan dokter ketika anak alami tipes. Meski di rumah saja, Mama tetap bisa memberikan pengobatan pada anak dengan mengonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter secara online.

Semoga bermanfaat info rekomendasi obat tipes untuk anak dan si Kecil selalu dalam keadaan sehat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.