TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Rekomendasi Kursus Belajar Mengaji Online Menyenangkan untuk Anak

Meski terbatas hanya dari rumah, yuk ajak si Kecil untuk mempelajari ilmu agama sedari dini

1 Maret 2022

5 Rekomendasi Kursus Belajar Mengaji Online Menyenangkan Anak
Pexels/Timur Weber

Sebagai seorang Muslim, sudah semestinya kita mengajarkan dan mengenalkan kepada si Kecil bacaan Al Quran dan pengetahuan agama lainnya.

Ada banyak cara yang bisa orangtua lakukan untuk mengajarkan anak mengaji dan memahami ilmu agama, di antaranya adalah ikut mengaji di masjid atau mendatangkan langsung guru ngaji untuk membantu anak membaca ayat suci Al Quran.

Namun, di kondisi pandemi yang membuat adanya keterbatasan ini tentu membuat Mama dan Papa khawatir untuk mengikutsertakan si Kecil ke dalam kelas mengaji offline, bukan? Tenang, saat ini sudah tersedia beberapa tempat kursus online untuk anak belajar mengaji, Ma.

Jadi tempat belajar mengaji yang menyenangkan untuk anak, berikut akan Popmama.com rangkumkan beberapa rekomendasi tempat kursus belajar mengaji online untuk anak mama.

1. BATAS

1. BATAS
Instagram.com/batas.co.id

BATAS merupakan singkatan dari Belajar Al Quran Sampai Tuntas. Dalam situs resmi mereka di batas.co.id, BATAS adalah platform digital yang mempertemukan orangtua dan guru mengaji untuk anak-anak usia 3-12 tahun.

Untuk memudahkan Mama mengajarkan anak belajar mengaji, Mama bisa mengunduh aplikasi BATAS melalui smartphone untuk mendapatkan pembelajaran agama secara menyenangkan. Mulai dari games Islami, praktik ibadah, serta doa-doa harian yang mendukung anak-anak agar lebih cinta Islam dan Allah SWT.

Editors' Picks

2. Maungaji

2. Maungaji
Instagram.com/maungaji

Berikutnya ada Maungaji yang juga bisa Mama pilih sebagai platform digital untuk mengajarkan anak belajar mengaji Al Quran dan ilmu agama ainnya. Di sini, anak mama bisa mempelajarinya dari dasar yakni membaca iqro, memahami ilmu tajwid dan tahfidz, dan pelajaran lainnya dengan menggunakan metode pembelajaran terkini dan pastinya menyenangkan untuk anak.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Mama juga bisa mengunduh aplikasi Maungaji untuk bisa melakukan pemilihan guru ngaji dan kelas apa yang ingin diajarkan kepada si Kecil. Untuk memudahkan, di sini juga disediakan fitur online report yang akan membantu Mama memantau perkembangan si Kecil saat belajar mengaji dengan gurunya.

3. Binar Quran

3. Binar Quran
Instagram.com/binarquran

Bagi Mama yang aktif di media sosial, binarquran tentu sudah tak asing ketika Mama mencari platform online untuk si Kecil belajar mengaji. Melalui Instagram resmi mereka, Binar Quran merupakan kursus membaca Al Quran dan ilmu agama yang dilakukan baik secara offline mau pun online.

Dalam mengajarkan anak ilmu agama, mereka memiliki 4 moto yang akan membantu Mama memudahkan proses belajar mengaji si Kecil di rumah, yakni:

  1. Fun Learning
  2. Habit Forming
  3. Character Building
  4. Learning is Playing & Playing is Learning.

Untuk bisa melakukan pengajaran kepada anak, Mama bisa menghubungi langsung kontak yang sudah disertakan pada media sosial resmi mereka di @binarquran untuk mendaftarkan si Kecil kelas online di sana. 

4. Quran Based Play

4. Quran Based Play
Instagram.com/quranbasedplay

Jika melihat Instagram resmi @quranbasedplay, Mama akan disuguhkan beberapa pelajaran agama dengan tampilan menarik yang bisa diajarkan pada anak di rumah. Sesuai dengan namanya, Quran Based Play merupakan platform digital untuk menumbuhkan fitrah keimanan anak Usia 0-7 tahun lewat bermain berdasarkan Al Wuran dan sunnah.

Selain bisa membeli buku pembelajaran Al Quran untuk anak secara lebih menyenangkan, Mama juga bisa mengikutsertakan anak dalam kelas online lainnya yang pastinya akan dilakukan secara menyenangkan untuk menarik perhatian si Kecil selama belajar mengaji di rumah.

5. Mengaji Kids

5. Mengaji Kids
Instagram.com/mengaji.kids

Berikutnya ada Mengaji Kids, yang mana jika melihat pada situs resmi mengajikids.co.id, Mengaji Kids merupakan platform untuk layanan belajar mengaji Al Quran secara online untuk anak dan remaja (usia 4-19 tahun).

Platform digital ini berfokus pada beberapa program yang bisa anak ikuti, di antaranya adalah:

  1. Kelas Iqra: Belajar baca Iqra dasar
  2. Kelas Al Quran: Belajar baca Al Quran dan Tajwid
  3. Kelas Tahfidz: Menerima setoran fafalan dan murojaah

Dari beberapa kelas yang ditawarkan, pastinya anak akan diajarkan dengan metode pembelajaran terkini dan juga menyenangkan untuk menari perhatian mereka agar lebih semangat. Selain itu, tujuan dari Mengaji Kids sendiri ingin menciptakan anak-anak yang bisa hafidz Al Quran sebelum balikh, Ma.

Itulah beberapa rekomendasi tempat kursus belajar mengaji online untuk anak dengan metode pembelajaran yang menyenangkan. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi Mama yang sedang mencari kursus mengaji online untuk si Kecil di rumah ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk