6 Ide Bekal untuk Anak ala Rachel Vennya, Bervariasi Namun Bergizi

Yuk, coba menu bekal untuk Xabiru dan Chava yang dibuat oleh Rachel Vennya

2 Agustus 2022

6 Ide Bekal Anak ala Rachel Vennya, Bervariasi Namun Bergizi
Instagram.com/rachelvennya

Belakangan ini, selelbgram dan influencer Rachel Vennya nampak aktif membagikan ragam ide menu bekal untuk kedua buah hati tercinta, Xabiru dan Chava.

Dalam unggahan video yang ia bagikan melalui media sosial pribadinya, ibu dua orang anak itu terlihat menyiapkan semua bekal makanan untuk kedua anaknya dengan tangannya sendiri.

Di tengah kesibukan yang ia miliki, Rachel tak lupa menjalani tugas dan kewajibannya sebagai Mama dari Xabiru dan Chava. Salah satunya dengan menyiapkan bekal makanan yang lezat dan bergizi untuk memastikan kedua buah hatinya menikmati makan siang di sekolah dengan baik.

Penasaran seperti apa menu bekal yang dibagikan Rachel untuk Xabiru dan Chava? Berikut Popmama.com rangkumkan 6 ide men bekal untuk anak a la Rachel Vennya.

1. Bola-bola nasi kepal dan roti srikaya

1. Bola-bola nasi kepal roti srikaya
Tiktok.com/rachelvennya

Dalam menu pertama yang dibagikan Rachel, ia menyebutkan bahwa resep tersebut dibuatkan khusus untuk anak sulungnya, Xabiru. 

Dalam satu kotak makan, Rachel mengisinya dengan beragam varian yang bisa anaknya santap di jam istirahat saat sekolah. Berikut beberapa pilihan menu bekal Xabiru yang pertama a la Mama Rachel.

Pertama, Rachel membuatkan bola-bola nasi kepal yang ia buat dari nasi putih hangat dengan serpihan rumput laut. Setelah diaduk rata, kemudian ia ambil satu sendok makan untuk dibentuk bulat-bulat kecil menyerupai bola.

Menu selanjutnya adalah bento khas Jepang yang siap dimasak. Setelah dimasak menggunakan air fryer, Rachel langsung menata bola-bola nasi tadi bersamaan dengan tiga potong bento yang sudah digoreng sebelumnya.

Di tempat lain yang masih kosong, Rachel menambahkan tumisan bakso, telur, dan juga sosis. Selanjutnya, ia juga memberikan beberapa potong roti tawar yang diberikan selai srikaya di dalamnya.

Di tempat kecil yang masih tersedia, Rachel tak lupa menambahkan treat untuk Xabiru dengan menambahkan beberapa bungkus permen atau cokelat kesukaan anaknya.

2. Nasi gulung telur dan sosis

2. Nasi gulung telur sosis
Tiktok.com/rachelvennya

Tak hanya Xabiru, Rachel Vennya juga tak lupa membuatkan menu bekal untuk si Kecil Chava yang juga telah memulai sekolah bermain di usia dini. Dengan bentuk kotak makan yang lebih kecil dibandingkan milik sang kakak, berikut menu yang dibuat Mama Rachel untuk Chava.

Dalam video yang dibagikannya, Rachel nempak membuatkan telur dadar untuk kemudian ia kombinasikan dengan nasi dan sosis. Setelah telur dadar matang, ia kemudian menyiapkan nasi yang diberikan minyak wijen dan ditata di bagian atas telur.

Selain itu, Rachel juga menyiapkan sosis goreng yang akan ia jadikan toping lainnya di di dalam nasi gulung tersebut. Setelah nasi dan sosis sudah di tumpuk bersamaan, kemudian ia mulai menggulung hingga bagian dalamnya sudah tertutup sempurna dengan telur.

Setelah siap, ia kemudian mulai memotongnya menjadi bagian kecil agar mudah untuk disantap oleh putrinya. Agar bagian dalam telur tidak berantakan, Rachel menusukan tusuk gigi di setiap potongannya. Setelah semua siap, ia langsung menatanya di atas kotak makan milik Chava.

Tak hanya itu, Rachel juga menambahkan beberap potong brokoli dan juga stroberi segar di dalam kotak makan putri kecilnya. Sebagai pelengkap nasi gulung telur dan sosi yang dibuatnya, ia tak lupa menambahkan sedikit saus tomat sebagai pendamping.

Editors' Picks

3. Pasta Carbonara, salmon katsu, dan snack

3. Pasta Carbonara, salmon katsu, snack
Tiktok.com/rachelvennya

Bekal untuk Xabiru berikutnya yang dibuat oleh Rachel Vennya adalah pasta Carbonara, salmon katsu, serta snack berupa granola ball, apple dan coklat yang ada di dalam satu kotak makan.

Hal pertama yang dipersiapkan Rachel adalah membuat carbonara. Setelah menumis bawang putih bersamaan dengan irisan daging, ia kemudian menambahkan bubum carbonara dan juga beberapa potong brokoli di dalamnya. Setelah itu, barulah ia menambahkan pasta yang sudah direbus sebelumnya ke dalam tumisan carbonara.

Setelah pasta carbonara siap, ia langsung menatanya di atas kotak makan milik Xabiru. Tak hanya itu, ia juga menambahkan beberapa potong salmon katsu yang sebelumnya sudah digoreng menggunakan air fryer.

Sebagai snack untuk pendamping makananan bekal anaknya, Rachel juga menambahkan granola ball, beberapa bungkus cokelat, dan beberapa potong buah apel di dalam kotak makan yang sama.

4. Sandwich dan snack

4. Sandwich snack
Tiktok.com/rachelvennya

Menu bekal untuk anak yang dibuatkan oleh Rachel Vennya berikutnya adalah sandwich. Jadi menu simpel namun tetap lezat disantap, Rachel tak lupa menambahkan beberapa snack untuk pendamping makan anak-anaknya.

Langkah pertama yang ia lakukan adalah menyiapkan selembar roti, kemudian dipotong kotak untuk bagian dalamnya. Setelah itu, ia panaskan di atas wajan dengan api kecil yang kemudian diberi isian beberapa potong sosis dan telur dibagian tengah yang sudah dilubangi sebelumnya.

Di bagian atas sosis dan telur, Rachel menambahkan selembar keju yang kemudian ia tutupi dengan potongan roti yang sudah ia potong untuk bagian tengah roti sebelumnya. Setelah itu, ia biarkan roti hingga matang di bagian kedua sisi.

Untuk lembaran roti lainnya, Rachel melakukan teknik pemotongan yang sama di bagian tengah roti, lalu ia tambahkan juga potongan sosis dan telur seperti roti sebelumnya. Namun, untuk bagian roti ini, Rachel tidak menambahkan keju dan potongan roti seperti sebelumnya, ia menambahkan selembar daging yang ditaburi dengan keju parut di atasnya.

Setelah itu, ia tambahkan roti yang sebelumnya sudah dimasak di bagian atas roti kedua. Setelah dimasak sebentar, ia kemudian mengangkat roti sandwich tersebut dan memotongnya menjadi bentuk segitiga seperti sandwich pada umumnya.

Potongan sandwich tadi kemudian dimasukan ke dalam kotak makan, dan tak lupa menambahkan beberapa menu lain seperti jelly berbentuk menggemaskan, beberapa potong buah kiwi, cheese bites, dan juga cokelat warna warni.

sandwich, jelly, buah kiwi dan snacknya ada cheese bites & m&ms

5. Nasi goreng dan egg roll

5. Nasi goreng egg roll
Tiktok.com/rachelvennya

Menu bekal lainnya a la Rachel Vennya yang tak kalah simpel dan bisa jadi ide menu bekal untuk Mama sekalian adalah nasi goreng dan egg roll. 

Pada video lainnya, Rachel menyebutkan bahwa hari itu ia memiliki waktu yang tak banyak untuk menyiapkan bekal untuk putri kecilnya, Chava. Sehingga, menu yang disiapkan pun hanya nasi goreng dan egg rol siap masak yang begitu simpel dan tak memakan banyak waktu.

Pertama, Rachel menumis bawang merah dan bawang putih, kemudian ia menambahkan potongan wortel ke dalam tumisan tersebut. Setelahnya, ia mulai menambahkan nasi yang sudah diberikan kecap dan bumbu sebelumnya. Tak butuh waktu lama, nasi goreng buatannya pun siap ditata di atas kotak makan milik sang anak.

Agar anak-anaknya lebih semangat menyantap menu bekal yang disiapkan sang mama, Rachel menata nasi goreng tersebut dengan bentuk karakter yang menggemaskan. Setelahnya, ia mulai menggoreng beberapa potong egg roll sebagai pendamping menu nasi goreng.

Seperti menu-menu sebelumnya, Rachel Vennya juga tak lupa menambahkan beberapa snack untuk makanan pendamping lainnya. Dalam menu kali ini, Rachel menambahkan beberapa potong buah anggur, cheese bites, dan sebotol yakult.

6. Onigiri dan nugget homemade

6. Onigiri nugget homemade
Tiktok.com/rachelvennya

Menu bekal terbaru yang dibagikan Rachel Vennya kali ini cocok dijadikan inspirasi bagi anak mama yang cukup pemilih dalam makanan. Sama seperti orangtua lainnya, Rachel juga kerap dibuat bingung ketika anaknya tidak menghabiskan menu makan, terlebih nasi dan sayur yang sangat dibutuhkan oleh tubuhnya.

Sehingga untuk menyiasati agar sang anak tetap mendapat nutrisi yang dibutuhkan tersebut, ia memilih untuk mengkreaskan nasi menjadi menu lain yang lebih lezat. Salah satunya onigiri dan nugget yang ia buat sendiri.

Langkah pertama yang ia siapkan adalah nasi yang sudah diberikan sedikit minyak wijen dan taburan rumput laut. Kemudian ia aduk rata dan dibentuk ke dalam cetakan segita menyerupai onigiri khas Jepang. Setelah terbentuk, Rachel kemudian menambahkan selembar rumput laut di bagian luar agar bentuknya lebih mirip dengan onigiri pada umumnya.

Setelah selesai, ia mulai menata di atas kotak makan milik putra sulungnya, Xabiru. Tak hanya itu, di kotak lainnya Rachel juga tak lupa menambahkan sayur bening berupa bayam dan wortel. Selanjutnya ia menggoreng tiga potong nugget yang sebelumnya sudah ia buat sendiri.

Tak lupa untuk snack yang diberikan pada menu kali ini berupa potongan buah stroberi segar dengan beberapa potong biskuit, serta sepotong roti keset yang juga dijadikannya sebagai makanan pendamping menu bekal putranya.

Nah, itulah sederet ide menu bekal untuk anak a la Rachel Vennya yang bisa Mama coba untuk bekal si Kecil. Bervariasi namun tetap bergizi, menu-menu di atas bisa jadi ide yang tepat untuk diberikan kepada anak nih, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk