3 Tips Cerdas Memilih Buku Aktivitas untuk Anak TK, Jangan Salah Ma!

Jangan sampai salah memilih buku ya, Ma

19 Oktober 2021

3 Tips Cerdas Memilih Buku Aktivitas Anak TK, Jangan Salah Ma
Freepik/Racool_studio

Saat anak mama sudah memasuki usia sekolah pertamanya yakni TK, mereka akan mulai belajar banyak hal. Salah satunya adalah membaca buku menarik yang dapat menstimulus perkembangannya.

Membaca buku menjadi salah satu sarana edukasi yang diberikan orangtua kepada anak, namun tak jarang terdapat konten buku yang kurang sesuai dengan usia anak. Sehingga perlu mendapat perhatian khusus saat memilih buku untuk anak-anak mama.

Demi perkembangan anak lebih baik, kali ini Popmama.com telah merangkum 3 tips cerdas dalam memilih buku aktivitas untuk anak TK. Lebih bijak dan pilih sesuai tahap perkembangan si Kecil yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Pilih buku yang sesuai usia anak

1. Pilih buku sesuai usia anak
Unsplash/Andrew Ebrahim

Setiap buku anak umumnya akan disertakan dengan keterangan usia yang sudah disarankan. Untuk itu, Mama bisa mencari dan membeli buku aktivitas yang sesuai dengan usia anak mama.

Bukan tanpa alasan memilih buku harus sesuai dengan usianya. Ini dilakukan karena setiap jenjang usia anak memiliki tingkat pemahaman yang berbeda. Sehingga pastikan memilih buku aktivitas untuk anak TK yang sesuai ya, Ma.

2. Pilih yang berwarna dengan ilustrasi menarik

2. Pilih berwarna ilustrasi menarik
Pexels/Pixabay

Dikarenakan usianya yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak dan sebagai stimulasi anak saat membaca, Mama bisa memilih buku yang berwarna dan disertai ilustrasi yang menarik.

Dengan begitu, ini juga menjadi cara mudah bagi orangtua untuk membantu anak-anak mereka dalam mengingat kosa kata baru yang ada dalam buku, serta menumbuhkan semangat untuk mengerjakan buku aktivitas yang sudah Mama berikan.

3. Pilih dengan bentuk dan ukuran yang nyaman

3. Pilih bentuk ukuran nyaman
Freepik/Gpointstudio

Selain penuh warna dan ilustrasi yang menarik, memilih buku aktivitas untuk anak TK juga bisa dilakukan dengan memerhatikan bentuk dan ukuran yang sekiranya nyaman untuk mereka.

Perlu diketahui bahwa ada banyak jenis buku anak yang dipasarkan. Sehingga penting memilihnya yang aman dan nyaman. Selain aman dan nyaman dari segi konten, tetapi juga dari segi tekstur pada buku yang dipilih.

Nah, itulah tips cerdas bagi orangtua dalam memilih buku aktivitas untuk anak TK. Bagaimana, sudahkah Mama memilih buku aktivitas yang baik dan benar untuk si Kecil di rumah?

Semoga tips di atas berguna untuk Mama dan Papa dalam menentukan jenis buku aktivitas seperti apa yang bisa diberikan pada anak-anaknya di usia taman kanak-kanak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.