5 Tips Mendidik Anak dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Mulai dari kegiatan sederhana sehari-hari agar kemampuan bahasa anak semakin meningkat

11 Mei 2022

5 Tips Mendidik Anak dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa
Pexels/Andrea Piacquadio

Mendidik dan membesarkan anak memang tidak semudah yang dibayangkan. Kendati begitu, kita sebagai orangtua perlu memberikan pendidikan yang terbaik untuk masa depan anak kelak nanti. Salah satunya dengan melatih kemampuan bahasa anak agar tumbuh menjadi pribadi yang berbahasa baik dan santun. 

Namun, selama pandemi berlangsung dan adanya pembatasan interaksi sosial, hal ini membuat anak lebih sering berhadapan dengan layar gadget dibandingkan berinteraksi langsung dengan orang sekitar. Akibatnya, kemampuan bahasa anak pun bisa menurun karena kurangnya interaksi.

Untuk itu, orangtua harus pintar-pintar dalam mencari kegiatan menarik dalam mendidik anak selama di rumah, khususnya dalam meningkatkan kemampuan bahasanya.

Berikut ini Popmama.com rangkumkan tips mendidik anak yang seru dan menyenangkan dalam meningkatkan kemampuan bahasa mereka. Yuk, coba lakukan bersama si Kecil di rumah.

1. Baca buku bersama

1. Baca buku bersama
Pexels/Mikhail Nilov

Ketika usia si Kecil kian bertambah, pembelajaran yang diajarkan pun semakin meningkat. Misalnya dengan mengajarkan anak membaca buku bersama sebagai kegiatan sederhana yang dilakukan sehari-hari.

Tak hanya melatih kemampuan membaca lewat kata-kata, Mama juga bisa mengajarkan padanya bagaimana melihat gambar yang tersedia dalam buku tersebut, kemudian ajak anak untuk melakukan diskusi ringan.

Melalui kegiatan ini, anak pun akan belajar struktur dan kata baru yang belum pernah ia sebutkan sebelumnya. Sehingga tak hanya kemampuan bahasa anak yang meningkat, tetapi juga kemampuan visual dan analitiknya pun turut meningkat.

Editors' Picks

2. Bercerita

2. Bercerita
Freepik/Jcomp

Bercerita menjadi kegiatan keluarga efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa si Kecil sedari dini. Mulai dari sekadar bercerita kegiatan harian anak, menceritakan tentang keluarga, hingga membacakan cerita melalui dongeng yang disukai.

Tak hanya Mama dan Papa, anak pun bisa bergantian menceritakan apa yang ingin ia ceritakan. Misalnya saja tentang impian yang ingin dicapai saat dewasa nanti, kegiatan yang dilakukan dan membuatnya bahagia, atau cerita seru lainnya.

Melalui cara ini, anak pun bisa melatih dirinya untuk menyusun kata-kata secara lebih baik, serta membangun bonding antara orangtua dan anak yang semakin dekat.

3. Ajak anak bermain bersama

3. Ajak anak bermain bersama
Freepik/Gpointstudio

Agar anak tak selalu bertatapan dengan layar gadget saat di rumah saja, Mama dan Papa bisa meluangkan waktu untuk bermain bersamanya. Ini jadi cara efektif untuk mengajak anak berbicara, Ma.

Melalui percakapan sederhana saat bermain, anak pun bisa mengenal berbagai jenis kata berbeda, serta mengenal ekspresi beragam dari setiap kata yang akan diucapkannya. Permainan mudah dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak adalah bermain peran lewat boneka kesukaannya.

Misalnya bertanya pada boneka yang anak pegang, "Halo boneka, kamu namanya siapa?" Nantinya percakapan lain pun akan muncul dan membuat anak saling bertukar cerita lewat permainan tersebut.

4. Ajak anak ke tempat baru

4. Ajak anak ke tempat baru
Pexels/Cottonbro

Saat ini, sudah banyak orangtua yang mulai memberanikan diri membawa buah hatinya keluar rumah. Di kesempatan inilah, Mama bisa mengajak anak mengunjungi tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Selain sebagai ajang berlibur singkat dari kegiatan monoton di rumah, anak pun berkesempatan untuk memiliki komunikasi dan sosialisasi dengan orang lain. Dengan begitu, kemampuan komunikasi anak pun kian meningkat karena bisa kembali berinteraksi dengan teman baru di luar sana.

5. Menjawab setiap pertanyaan anak

5. Menjawab setiap pertanyaan anak
Freepik/prostooleh

Secara naluri, anak kecil memang akan melontarkan banyak pertanyaan seperti 'apa' dan 'mengapa'. Ini menjadi tanda bahwa anak ingin memahami lebih jauh seputar sesuatu yang menarik perhatiannya.

Meski kerap kali orangtua merasa terganggu karena anak terus bertanya, namun jadilah orangtua yang selalu menjawab setiap pertanyaan anak secara sederhana, namun selengkap mungkin.

Tak hanya komunikasi satu arah, Mama pun bisa bertanya padanya ketika ia sedang bermain. Sehingga anak juga akan terlatih untuk berani bertanya dan berlatih untuk menjawab pertanyaan yang ditanyakan padanya. 

Demikianlah beberapa tips mendidik anak dalam meningkatkan kemampuan bahasanya. Pastikan Mama dan Papa melakukannya secara bersama-sama ya, tujuannya agar lebih menyenangkan dan meningkatkan semangat anak untuk terus belajar.

Nah, dari beberapa tips di atas, mana nih yang sering Mama dan Papa terapkan pada si Kecil? Jika ada tips seru lainnya, yuk sharing bersama Mama lainnya di kolom komentar, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk