Ucapkan Ini Yuk Ma, 7 Kalimat yang Disukai oleh Anak-Anak

Seperti pujian dan penyemangat, anak akan merasa senang jika diberikan kata-kata ini

22 Oktober 2020

Ucapkan Ini Yuk Ma, 7 Kalimat Disukai oleh Anak-Anak
Freepik

Peran orangtua di era new normal  semasa pandemi ini menjadi tantangan baru yang harus dilalui dengan bijak dan sabar. Jika tidak, anak akan menjadi imbas karena didikan yang salah dari orangtuanya.

Jika sebelumnya si Kecil bisa berinteraksi di sekolah atau day care dengan teman dan gurunya, sekarang ia hanya memiliki Mama dan Papa sebagai pelindungnya.

Memberikan yang terbaik dalam mendidik buah hati adalah keinginan setiap orangtua. Salah satunya dengan memberikan dukungan pada anak berupa kata-kata pujian yang sangat mereka senangi.

Meski tak melulu benar dan harus diberikan teguran, tak ada salahnya memberikan salah satu kalimat dalam percakapan di bawah ini yang ternyata bisa berdampak besar bagi kehidupannya kelak serta meningkatkan rasa percaya dirinya.

Simak ya Ma, beriku Popmama.com telah merangkum 7 kalimat yang sangat disenangi oleh anak. Bisa diterapkan saat di rumah saja nih!

1. Jangan takut, kamu kan hebat!

1. Jangan takut, kamu kan hebat
sittercity.com

Meski usianya masih terlalu dini, sebagai orangtua Mama perlu membangun rasa percaya dirinya agar ia tidak mudah takut dalam menjalankan berbagai kegiatannya.

Jika anak merasa mulai ragu akan suatu kegiatan yang ia kerjakan, Mama bisa menenangkannya dengan kata-kata, "Jangan takut, Mama tahu kamu hebat dan kamu bisa!"

Meski terlihat sederhana, namun kata-kata tersebut akan membuat si Kecil percaya akan kemampuannya dan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan kegiatan yang sedang ia kerjakan.

Berikut Popmama.com telah merangkum kalimat yang disukai anak-anak karena bisa membuatnya merasa senang.

2. Gak apa-apa ya, nanti kita coba lagi

2. Gak apa-apa ya, nanti kita coba lagi
Freepik/Bearfotos

Jika anak sudah berusaha semaksimal mungkin naun hasilnya tak sesuai yang mereka harapkan, biasanya anak akan merasa murung dan takut untuk mencobanya kembali.

Ketika anak gagal, jangan menyalahkannya ya, Ma. Alih-alih memarahi atau menyalahkan usahanya, sebaiknya Mama mengatakan hal baik seperti, "Gak apa-apa yaa, nanti kita coba lagi bersama. Ok?"

Kembalikan semangat anak dengan ucapan seperti itu yuk, Ma. Hal ini agar anak tidak larut dalam kesedihan yang membuatnya gagal dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Editors' Picks

3. Ajarin Mama dong, caranya bagaimana sih?

3. Ajarin Mama dong, cara bagaimana sih
Freepik/Lifeforstock

Di era serba teknologi seperti saat ini, sudah tak kaget dong jika melihat si Kecil jauh lebih unggul dari Mama dan Papa. Ternyata hal ini bisa dijadikan ajang pendekatan antara orangtua dan anak lho, Ma!

Jika anak lebih mengerti suatu hal yang mungkin Mama tak mengetahuinya, Mama bisa memintanya untuk mengajari hal tersebut dengan berkata seperti, "Ajarin Mama juga dong, itu bagaimana caranya sih?"

Kebanyakan orangtua mungkin merasa gengsi jika anaknya jauh lebih bisa dari mereka. Padahal jika seperti ini, anak dan orangtua akan belajar dari satu sama lain untuk saling melengkapi. Tak ada salahnya kok Ma, belajar dari anak.

Anak justru akan merasa semakin percaya diri ketika ada orang dewasa yang ingin tahu atau belajar sesuatu dari dirinya. Ini bisa meningkatkan lever kepercayaandiri anak sekaligus membuatnya bangga pada diri sendiri.

4. Keren banget deh anak Mama!

4. Keren banget deh anak Mama
Freepik

Saat anak berhasil menyelesaikan suatu kegiatan yang menurutnya susah, coba berikan kata-kata pujian yuk, Ma. Sebab dengan memberikan pujian pada anak, ia akan merasa dihargai dan ini membuat tingkat percaya dirinya semakin meningkat.

Mama bisa memberikan kata-kata pujian seperti, "Wah, keren deh anak Mama!"

Sederhana, namun berdampak pada masa depannya kelak untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak sejak usia dini. Terapkan yuk, Ma!

5. Mama bilang ke Papa pasti ia senang!

5. Mama bilang ke Papa pasti ia senang
Freepik/Tirachardz

Jika si Kecil lebih dekat dengan Mama lantaran waktu Papa yang terlalu sibuk, biasanya ia akan lebih banyak menceritakan berbagai hal pada Mama. Termasuk keberhasilannya dalam menyelesaikan suatu hal.

Saat ia menceritakan keberhasilannya itu, Mama bisa turut menceritakan hal ini pada Papa. Hal ini agar membuat hubungannya dengan Papa juga terus berjalan baik dan membuatnya merasa yakin bahwa sang Papa juga senang mendengar keberhasilannya.

Coba katakan padanya seperti, "Hebat! Mama bilang ke Papa juga ya, pasti ia senang juga deh!" Mudah namun memberikan dampak besar bagi si Kecil lho, Ma!

6. Mama bangga punya anak sepertimu

6. Mama bangga pu anak sepertimu
Freepik

Mengajarkan tiga mantra ajaib dalam kehidupan berupa maaf, terima kasih, dan tolong adalah hal yang harus diajarkan sejak anak usia dini. Mengcapakan kata-kata tersebut pada anak akan sangat berarti baginya, Ma.

Jika Mama merasa bahagia saat melihat keberhasilan si Kecil, ucapkan kata-kata pujian yang akan membuatnya merasa dihargai. Misalnya, "Terima kasih ya, Mama bangga punya anak sepertimu."

Dengan kata-kata sederhana tersebut, si Kecil akan semakin meningkatkan rasa percaya dirinya karena ia percaya bahwa orangtuanya juga akan mendukung apapun yang ia lakukan.

7. Mama minta maaf ya, Mama yang salah

7. Mama minta maaf ya, Mama salah
Positiveparentingsolutions.com

Kata maaf juga tak kalah penting dalam mempererat hubungan anak dan orangtua. Mungkin sebagian orangtua masih merasa enggan mengucapkan maaf saat mereka salah. Sebab masih banyak orangtua yang berpikiran bahwa orangtua selalu benar.

Tak melulu demikian lho, Ma. Cobalah menjadi orangtua yang bijak dengan berani mengucapkan kata maaf saat salah terhadap anak. Ini tidak membuat Mama menjadi lebih rendah dari anak, kok, justru membuat anak merasa percaya adanya kedekatan antara Mama dan dirinya.

Dengan berkata seperti, "Maafin Mama ya, Mama tahu tadi itu salah Mama."

Kata-kata sederhana di atas mungkin terlihat sepele, namun ternyata berdampak pada kehiduapnnya kelak untuk meningkatkan rasa percaya diri dan juga kedekatan dengan anak.

Itulah kalimat yang disukai oleh anak-anak. Jadi tak ada salahnya mencoba dengan menerapkannya mulai dari sekarang. Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.