Ajarkan Tanggung Jawab! Ini 7 Binatang yang Cocok Dipelihara Balita

Bukan hanya tanggung jawab, hewan peliharaan juga bisa jadi teman baik si Kecil

19 Juni 2020

Ajarkan Tanggung Jawab Ini 7 Binatang Cocok Dipelihara Balita
Pixabay/mcconnmama

Dengan memiliki binatang peliharaan adalah cara terbaik untuk mengajarkan persahabatan, komitmen, dan tanggung jawab kepada anak-anak.

Bagi Mama yang ingin memiliki binatang peliharaan untuk balita, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Faktor-faktor seperti usia dan kepribadian anak harus dipertimbangkan, serta perhatian dan biaya yang harus diperhitungkan kepada binatang peliharaan juga menjadi hal yang harus dipikirkan.

Jika kamu dan pasangan memiliki rencana untuk memiliki binatang peliharaan untuk menemani anak di rumah, berikut Popmama.com berikan beberapa rekomendasi binatang yang bisa kamu jadikan peliharaan pertama kamu dan keluarga.

1. Ikan

1. Ikan
Pexels/crisdip

Pilihan binatang pertama yang bisa jadikan peliharaan pertama keluargamu adalah ikan. Ikan di dalam akuarium maupun pada kolam ikan bisa menjadi teman bagi balita mama.

Mama akan mengajarkan anak untuk merawat ikan kesayangannya seperti memberikan makanan pada ikan dan membersihkan tempat tinggalnya setiap minggu. Memelihara ikan cukup berguna untuk mengajarkan anak bertanggung jawab.

Ikan yang dirawat dengan baik, dapat hidup selama lima hingga tujuh tahun, dan bahkan bisa selama 30 tahun.

2. Kucing dewasa

2. Kucing dewasa
Unsplash/Mikhail Vasilyev

Kucing bisa menjadi teman bagi anak-anak karena kucing memiliki bulu yang lembut yang menjadi kesenangan tersendiri bagi balita.

Disarankan untuk memiliki kucing dewasa dibandingkan anak kucing, karena anak kucing lebih memiliki energi ekstra yang memungkinkan si Kecil akan disibukkan untuk mengejarnya.

Anak kucing juga lebih mudah mencakar, berbeda dengan seekor kucing dewasa yang tidak terlalu agresif. Sehingga anak mama bisa bermain dengan tenang. Selalu memeriksakan ke dokter hewan mengenai kesehatan kucingmu, memotong kukunya, dan rutin memandikannya ya.

Editors' Picks

3. Kura-kura

3. Kura-kura
Pexels/Arun Thomas

Kura-kura memiliki perawatan lebih dibandingkan ikan biasa. Namun, kura-kura sangat bagus untuk anak-anak balita.

Memiliki kura-kura membutuhkan tangki dengan air, cahaya, suhu yang tepat dan banyak lagi. Jadi lebih baik perhatikan dengan seksama dengan apa yang dikatakan pemilik toko hewan peliharaan sebelum memutuskan memiliki kura-kura.

4. Hamster

4. Hamster
Pixabay/1267434

Sebelum berencana memiliki anjing atau kucing, hamster bisa menjadi pilihan juga untuk dijadikan binatang peliharaan untuk anak.

Hamster mudah dirawat, bahkan balita pun bisa melakukannya. Hanya kamu dan keluarga harus siap-siap terbiasa dengan bau urin konstan yang diberikannya meskipun kamu sering membersihkan kandang mereka.

Jika ingin memelihara hamster, kamu perlu memberikan perawatan dan perhatian ekstra pada hamster. Saat bermain dengan hamster, sebaiknya kamu memeberikan perhatian pada balitamu ya, jangan dibiarkan ia bermain sendiri dengan hamsternya.

5. Anjing

5. Anjing
Pexels/ Kai-Chieh Chan

Anjing adalah jenis hewan peliharaan yang paling membutuhkan perawatan di antara semua hewan lainnya terutama jika kamu menginginkan anjing sebagai teman main balitamu.

Anjing juga akan memberi anak kamu ikatan antara pemilik dan hewan yang selamanya akan selalu diingat oleh anak kamu.

Tentu saja, tidak semua anjing dapat dijadikan teman main oleh balita secara umum. Itulah mengapa penting melakukan pertimbangan jenis anjing yang dapat kamu pelihara jika di rumah ada balita.

6. Burung

6. Burung
Pixabay/kevinpartner

Burung sangat ideal untuk anak-anak yang menyukai suara dan musik. Beberapa jenis burung akan sangat aktif dan dapat menjadi teman baik si Kecil.

Burung adalah hewan peliharaan yang sempurna untuk anak-anak yang suka merawat hewan. Tetapi pastikan kamu melakukan penelitian sebelum membeli ya.

Setiap burung memiliki temperamen unik yang perlu kamu pertimbangkan. Jadi lebih baik memilih burung karena temperamennya daripada hanya memilih bedasarkan keindahan warnanya.

7. Kelinci

7. Kelinci
Pixabay/AdinaVoicu

Kelinci adalah pilihan lain yang baik untuk dipilih sebelum membeli kucing atau anjing. Merawat kelinci sama seperti merawat hamster.

Satu-satunya perbedaan adalah bahwa kelinci membutuhkan ruang yang lebih besar dan makanan seperti sayuran dan sejenisnya.

Tentu saja, tidak semua hewan cocok untuk batita. Hewan peliharaan ini membutuhkan perhatian yang lebih besar dan kamu pun harus berkomitmen untuk merawatnya agar hewan tersebut sehat dan bersih sehingga aman ketika bermain dengan balita.

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah hewan yang ingin dipelihara harus dipastikan sudah jinak dan tidak berbahaya bagi balita ya.

Itulah 7 rekomendasi hewan peliharaan yang mudah untuk dirawat oleh anak balita. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.