Eksklusif: Cara Cynthia Lamusu Mengembangkan Bakat Anak dari Kecil

Aktif berkomunikasi sejak kecil membuat anak-anak Cynthia percaya diri!

25 Desember 2021

Eksklusif Cara Cynthia Lamusu Mengembangkan Bakat Anak dari Kecil
Instagram.com/cynthia_lamusu

Setiap anak unik dan punya bakat tertentu sejak lahir. Tugas kita sebagai orangtua adalah membingkan dan mengasah bakat anak sedini mungkin.

Cynthia Lamusu mengungkapkan ceritanya mengenai hal ini. Mama dua orang anak ini mengatakan bahkan sudah melatih rasa kesenian anaknya sejak dalam perut.

"Untuk seni, kebeutulan keduanya seni jadi ya sudah dari kecil dibiasakan. Aku sudah membiasakan mereka sejak dalam perut, misalnya bersenandung. komunikasi sama anak juga sudah dari kecil meski mereka belum bisa ngomong," tutur Cynthia saat ditemui di Awarding Night Popmama.com Parenting Academy 2021, Rabu (22/12/2021).

Berkat kebiasaan itu, kini dua anak kembarnya yaitu Atharva Bimasena Saputra dan Ataya Tatjana Aisyah Putri sangat aktif. 

Di umur mereka yang masih kecil, keduanya sudah tampil percaya diri sebagai penyanyi cilik.

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.  

Editors' Picks

1. Kebiasaan berkomunikasi sejak kecil, melatih 'rasa' bernyanyi kedua anaknya

1. Kebiasaan berkomunikasi sejak kecil, melatih 'rasa' bernyanyi kedua anaknya
Instagram.com/cynthia_lamusu

Diungkapkan Cynthia ia banyak membaca artikel soal pentingnya berkomunikasi dengan anak sejak kecil. Sejak hamil ia membiasakan bersenandung dan mengajak ngobrol.

Saat keduanya lahir, Cynthia pun sudah mengkomunikasikan berbagai hal kepada mereka. Bahkan saat mereka belum mengerti menjawab dan berbicara.

Rupanya kebiasaan ini berdampak positif kepada anak-anaknya. Di umur mereka menginjak 2 tahun, keduanya sudah peka dengan nada bernyanyi meskipun masih sumbang.

"Karena kebiasaan itu begitu mereka bisa ngomong, kayak nadanya tuh kebentuk meski belum sempurna. Baru ketika akhir-akhir ini kita mencoba mereka untuk mulai bernyanyi. Ternyata mereka suka," tutur Cynthia.

Padahal, awal dari Cynthia menciptakan lagu anak tahun 2018 adalah hadiah untuk kedua anaknya. Saat itu, Tatjana dan Bima menginjak usia 2 tahun. 

"Saat 2018 pertama produksi lagu anak, awalnya hanya saya dan Surya. Ini hanya lagu kenangan untuk mereka, bahkan liriknya pun personal sekali," pungkasnya.

2. Melatih percaya diri anak sejak dini a la Cyhthia Lamusu

2. Melatih percaya diri anak sejak dini a la Cyhthia Lamusu
Instagram.com/cynthia_lamusu

Cynthia merasa gembira saat anaknya bisa aktif dan percaya diri dipanggung saat bernyanyi. Istri dari Surya Saputra ini mengungkapkan kalau dulu anaknya tidak seperti ini.

"Di tahun ini mereka baru berani, dulu sih masih malu-malu. Tatjana bahkan dulu pemalu banget, dia nggak mau tampil di depan banyak orang," tutur Cynthia.

Namun, di masa pandemi ini anak perempuannya itu kehilangan teman-temannya. Diumur anaknya yang masih 5 tahun itu ia merasa kesepian dan kehilang momen interaksi diantara mereka.

"Dia sempat keluarkan kalimat, 'aku kangen sama teman-teman'. Akhirnya dari sana begiu dia lihat anak-anak dan ketemu sama orang justru happy. Dari sana mulai berani (tampil)," pungkas Cynthia.

3. Cerita dibalik lagu 'Yummy in My Tummy' dari Bima dan Tatjana

3. Cerita dibalik lagu 'Yummy in My Tummy' dari Bima Tatjana
Instagram.com/cynthia_lamusu

Keaktifan Cynthia Lamusu untuk berkarya rupanya menular kepada sang Anak. Di tengah pandemi, keluarga ini justru mengeluarkan banyak karya dan lagu baru. 

Lagu anak-anak yang diproduksi keluarga Cynthia rupanya dilakukan di rumah mereka. Padahal terciptanya lagu anak Bima dan Tatjana hanya berawal dari kado lho, Ma. 

"Sudah 4 tahun kita setiap tanggal 20 November mengeluarkan single lagu anak. Itu adalah tanggal mereka ulang tahun. Awalnya dari kado dan ruang lingkup keluarga tapi ternyata banyak orang yang suka," pungkas Cynthia.

Salah satu lagu hits si Kembar ini adalah Yummy in My Tummy. Tatjana dan Bima merilis lagu Yummy in My Tummy pada hari ulang tahunnya yang kelima yaitu 20 November 2021. 

Ada cerita menarik yang diungkapkan Cynthia Lamusu hingga akhirnya lagu anak tersebut dirilis. Ia dan suaminya saat itu tengah memerhatikan kelahapan anak mereka menyantap makanan.

"Waktu itu Bima dan Tatjana lagi bagus makannya dan kita lagi cerita soal selera makan anak-anak. Apalagi tatiana kalau makan ekspresif sekali," tutur Cyhthia.

Dari sana, akhinya pasangan ini memutuskan untuk membuat satu lagu yang bisa jadi penyemangat untuk anak-anak makan.

"Dari sanalah lagu Yummy in My Tummy ada, bisa jadi penyemangat untuk anak-anak lahap makan. Dan bersyukur juga banyak yang suka," imbuhnya. 

Wah hebat sekali cara Mama Cyhthia Lamusu mengenali dan melatih bakat anak-anak sejak dini. Kita bisa mencontoh nih ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk