Eksklusif: Menunda Ikut Pra-Sekolah, Hilyani Hidranto Punya Rutinitas Mendidik Anak di Rumah

Hilyani dan suami memilih menerapkan rutinitas belajjar sederhana di rumah untuk anak selama pandemi ini

25 Januari 2021

Eksklusif Menunda Ikut Pra-Sekolah, Hilyani Hidranto Pu Rutinitas Mendidik Anak Rumah
Popmama.com/Michael Andrew

Setiap orangtua tentu punya rutinitas dan kebiasaan yang berbeda dalam mendidik anak di rumah. Apalagi jika sang Anak sebentar lagi akan masuk usia sekolah pertamanya. Hal ini juga dialami oleh Hilyani Hidranto. Anak pertamanya, saat ini sudah berusia 4 tahun tak lama sekitar 3 tahun lagi ia makan masuk usia sekolah dasar.

Melalui wawancara khusus dengan Popmama, Hilyani menjelaskan jika saat ini anaknya itu sudah direncanakan untuk masuk pra-sekolah pada Juli 2020.

"Alula sudah sempat saya ikutkan trial pra-sekolah dan segala macam, tadinya sudah mau masuk tahun lalu, bulan Juli. Tapi karena pandemi gagal lagi," jelasnya.

Karena pandemi ini Hilyani pun maju-mundur ingin mengukutkan anaknya pra-sekolah online. Sebab, Alula merupakan anak yang aktif sehingga ada rasa kurang sreg jika harus memaksakan untuk sekolah online saat ini.

"Jadi saya dan suami mikirnya kalau dia tetap sekolah online saat ini, kayaknya sayang. Karena first experience di depan laptop itu kurang efektif juga. Setelah kita sudah beberapa kali coba kelas online, setelah 15-20 menit pasti dia mulai lari-lari, main sendiri," tuturnya.

Millennial Mama of The Month Januari 2021 yang juga baru berulang tahun pada 16 Januari kemarin ini kemudian menceritakan bagaimana ia dan suami merancang rutinitas belajar mandiri di rumah.

Berikut Popmama.com rangkum selengkapnya. 

1. Menunda ikut pra-sekolah online karena dirasa kurang efektif

1. Menunda ikut pra-sekolah online karena dirasa kurang efektif
Popmama.com/Michael Andrew

Usia Alula memang masih belia, tapi bagi Hilyani anaknya itu sudah siap untuk diikutkan kegiatan aktif di luar rumah. Salah satunya adalah kelas di taman bermain. Sebelum pandemi kemarin, Hilyani sempat mengikutsertakan anaknya ke berbagai percobaan kelas persiapan sekolah.

Ketika pandemi datang, semua kelas itu menjadi online. Ini pun menjadi pertimbangan besar bagi ia dan sang Suami untuk tetap melanjutkan kelas pra-sekolah secara daring atau tidak. 

"Jadi kalau untuk sekarang tidak ikut online class tapi dia tetap ikut kelas-kelas spesial aja seperti kelas art dan sebagainya, jadi kelas singkat," tutur Hilyani.

Disebutkan Hilyani jika Alula sangat suka dance dan bernyanyi saat ini. Oleh karenanya ketika pandemi ini sudah berakhir ia berniat mengikutsertakan anaknya dua kelas tersebut.

Editors' Picks

2. Hilyani mendukung Alula ikut Pound Fit khusus anak

2. Hilyani mendukung Alula ikut Pound Fit khusus anak
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Meski tak ikut kelas online secara rutin, Hilyani tak ingin membiarkan Alula hanya beraktivitas tak menentu setiap hari. Oleh karenanya, salah satu kelas yang diikuti Alula adalah Pound Fit khusus anak-anak. 

Olahraga Pound sendiri juga digeluti secara khusus oleh Hilyani. Bahkan ia sudah mendapat sertifikasi instruktur untuk olahraga ini.

"Sekarang Alula rutin ikut kelas Pound Fit khusus anak. Saya juga temani kalau dia ada kelas," jelasnya.

3. Ada rutinitas tertentu yang diterapkan untuk Alula belajar

3. Ada rutinitas tertentu diterapkan Alula belajar
Popmama.com/Michael Andrew

Awalnya Hilyani dan suami tidak punya hal dan kegiatan khusus untuk mendidik anak di rumah. Namun, selama pandemi ini sang Suami ingin membuat kegiatan Alula menjadi lebih produktif setiap hari.

"Karena kasihan juga kalau di rumah aktivitas hanya menonton tv dan tidak ada yang terstruktur awalnya. Jadi sebisa mungkin walau dia tidak ikut online class, di rumah dia juga berkegiatan meskipun bukan belajar yang berjam-jam. Setidaknya satu jam dia pasti duduk-duduk di meja kecil dengan kursi kecilnya dan kita kasih buku," jelas Hilyani.

Dari sana, Alula akan belajar mengenal berbagai huruf dan angka. Hilyani pun saat ini tak ingin terlalu memaksa anaknya untuk belajar banyak hal dulu. 

"Itu dia harus traces angka, huruf dan sebagainya, harus kerjain setidaknya sekali dalam sehari," jelas 

4. Ketertarikan dan minat Alula untuk belajar mencoba dibentuk Hilyani sejak dini

4. Ketertarikan minat Alula belajar mencoba dibentuk Hilyani sejak dini
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Meski belum banyak rutinitas yang dilakukan, Hilyani dan sang Suami tak ingin terlalu memaksa Alula harus bisa macam-macam di umurnya yang sekarang. Sebab, karena masih terlalu dini sehingga yang perlu ditekankan adalah minat dia untuk belajar sesuatu hal.

"Kalau menurut ke suami, dia sih ingin ada persiapan pendidikan Alula segala macam. Tapi sampai sekarang kita belum terlalu fokus dan mengharuskan ke sana juga. Terpenting dia suka dulu, biar dia senang dulu dengan rutinitas sederhan yang kita buat sekarang," tutur Hilyani.

Hari-hari Alula berkegiatan di rumah memang tidak melulu teratur harus mengerjakan ini dan itu setiap hari. Namun, Hilyani dan suami berusaha untuk menciptakan lingkungan rumah yang mendukung Alula bisa berkembang dan berekspresi mengenai dirinya sejak dini. 

#MillennialMama of the Month Edisi Januari 2021 – Hilyani Hidranto

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer – Aristika Medinasari
Photographer - Michael Andrew

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Hilyani Hidranto
Millennial Mama

Hilyani Hidranto

"Pandemi membuat saya sadar bahwa punya tabungan itu penting"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.