Eksklusif: Bjorka Hobi Main Skateboard, Sabai Morscheck dan Ringgo Agus Sempat Deg-degan

Apapun minat dan hobi Bjorka ke depan, Ringgo ingin anaknya bisa berekspresi bebas ke depannya

17 Februari 2021

Eksklusif Bjorka Hobi Main Skateboard, Sabai Morscheck Ringgo Agus Sempat Deg-degan
Instagram.com/ringgoagus

Hobi anak menjadi salah satu hal yang mesti didukung oleh orangtua. Meskipun kadang ketertarikan anak terhadap berbagai hal juga tidak bisa ditentukan oleh Mama dan Papanya. Hal ini yang dirasakan oleh Ringgo Agus dan Sabai Morscheck soal hobi anak pertama mereka Bjorka Dieter Morscheck.

Seperti yang sudah dibagikan Ringgo dan Sabai dalam Instagram masing-masing kalau Bjorka memiliki hobi bermain skateboard meskipun masih belia. Ringgo mengakui jika awalnya ia ragu dengan hobi Bjorka yang satu ini. 

"Dulu awal pas Bjorka ingin main skateboard sempat ragu. Soalnya belajar ke pengalaman teman-teman saya yang main skateboard itu berisiko sekali. Lifestyle juga berantakan, tapi itu dulu ya," jelas Ringgo saat wawancara dengan Popmama.com.

Oleh karenanya meski Bjorka bermain skateboard ia ingin selalu mengawasi progres dari anaknya itu. Ringgo dan Sabai sebagai Millennial Family of The Month Februari 2021 ini berbagi cerita mereka soal mendukung hobi anak.

Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya. 

Editors' Picks

1. Memastikan anaknya selalu aman ketika bermain skateboard

1. Memastikan anak selalu aman ketika bermain skateboard
Instagram.com/ringgoagus

Berkaca dari teman-teman Ringgo yang memiliki hobi serupa dan kehidupannya, untuk Bjorka ia tidak ingin anaknya asal-asalan. Oleh karenanya, aspek keamanan dan keselamatan Bjorka ketika skateboard menjadi hal penting. 

"Skateboard itu bagus sekali kalo misalnya dari kecil sudah diajarin teknik jatuh dan sebagainya. Jadi ketika sudah dewasa dia sudah ada bekal. Kan masih banyak anggapan kalau helm dan protector pas main skateboard itu. Nah, saya nggak mau hal itu ada dalam benak Bjorka. Selama dalam pengawasan, terutama karena dia masih kecil harus tetap pakai segala macam protectornya itu demi keamanan dia sendiri," tutur Ringgo.

Rupanya selama ini Ringgo dan Sabai mengajarkan les privat skateboard kepada Bjorka. Meski pun untuk beberapa bulan ke belakang karena perkembangan Covid-19 tidak menentu sehingga harus di postpone. Manfaat dari hobi skateboard yang dilakukan Bjorka menurut Ringgo sangat melatih motorik kasar anaknya itu. 

"Perkembangan motorik kasar dia terlatih sekali karena ketika dia main seluruh tubuhnya bergerak, seluruh tubuhnya jalan, dan dia happy sekali dengan itu," jelas Papa dua anak ini. 

Salah satu hal yang membuat Ringgo dan Sabai tidak salah mengizinkan anaknya bermain skateboard karena melihat kepuasan di muka Bjorka setelah latihan.

"Dia setiap pulang mukanya happy sekali. Jadi kita senang liat dia seperti itu. Wah, saya senang ketika berhasil motret momen dia skateboard pas buka baju terutama. Ah, keren banget anak saya," tutur Ringgo. 

2. Bjorka suka skateboard karena dikenalkan oleh adik Ringgo

2. Bjorka suka skateboard karena dikenalkan oleh adik Ringgo
Instagram.com/ringgoagus

Permulaan Bjorka menggemari olahraga dari Amerika Serikat ini karena melihat adik Ringgo sedang bermain skateboard. Dari sana Bjorka juga sering menonton video di Youtube soal skateboard.

"Dia jadi suka (skateboard) karena om-nya, adik saya yang kembar. Dia (adik saya) itu dulunya suka skate, dan Bjorka melihat hal itu," tutur Ringgo.

Akhirnya karena melihat minat yang besar pada anaknya itu, Sabai dan Ringgo mulai tahun 2020 lalu membelikan skateboard dan mengeleskannya secara profesional.

"Terus dia minta. Lalu karena ada sekolahnya, kenapa nggak. Nah, dia malah suka, ternyata pandemi," tutur Sabai. 

3. Soal hobi Bjorka ke depan, Ringgo dan Sabai tak ingin terlalu mengarahkan

3. Soal hobi Bjorka ke depan, Ringgo Sabai tak ingin terlalu mengarahkan
Instagram.com/ringgoagus

Saat ini memang hobi yang tengah digeluti serius oleh Bjorka hanya skateboard. Untuk kedepannya, baik Ringgo dan Sabai tak ingin mengarahkan secara khusus hobi ataupun kesenangan yang akan dilakukan anaknya. 

"Kita tidak pernah mengarahkan secara khusus harus kesini. Seperti skateboard dia minta sendiri meski awalnya agak kita tahan tapi melihat animo anaknya besar kita akhirnya ikutin mau dia. Memang pernah kepikiran untuk arahin ke musik dan sebagainya, tapi liat anaknya belum ingin ke situ jadi nunggu ketika nanti dia minta secara langsung," jelas Ringgo.

Oleh karenanya, Baba Ringgo dan Mama Sabai sebisanya akan memfasilitasi hal-hal yang memang mendukung minat dan hobi Bjorka. 

"Tiba-tiba dia mau main musik, oke. kalau tiba-tiba dia mau main harpa gitu, ya silakan. Saya dan Sabai tinggal menunggu Bjorka kalau dia minatnya apa. Kita akan support dan tidak memaksa," tutur Ringgo. 

Bjorka saat ini sedang dalam masa aktif untuk mengeskplorasi dirinya. Sebab itu baik Ringgo dan Sabai ingin sekali Bjorka bisa melihat dunia secara luas sejak ia kecil. Terutama soal hobi dan kesukaan, Ringgo dan Sabai ingin anaknya itu menjadi pribadi yang tidak mengotak-ngotakkan sesuatu. 

#MillennialFamily of the Month Edisi Februari 2021 – Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer – Aldia Nadezhda Mediani

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck
Millennial Mama

Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck

"Rumah kami kecil, jelek, tapi kami suka"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.