TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Agustus Diperingati Hari Kucing, Ini 7 Fakta Unik tentang Kucing

Kucing mempunyai beberapa fakta unik yang masih jarang diketahui manusia

8 Agustus 2022

8 Agustus Diperingati Hari Kucing, Ini 7 Fakta Unik tentang Kucing
Popmama.com/Aristika Medinasari

Hari Kucing Sedunia atau International Cat Day setiap tahunnya diperingati pada tanggal 8 Agustus, khususnya oleh para pencinta kucing di dunia.

Perayaan ini pertama kali dibentuk oleh International Fund for Animal pada 2002 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan belajar tentang membantu serta melindungi kucing.

Saar ini, kucing sudah banyak dipelihara oleh manusia karena wajah dan tingkahnya yang menggemaskan. Ditambah, binatang satu ini juga bisa menghibur pemiliknya.

Namun sayangnya, tidak semua kucing beruntung memiliki tempat tinggal nyaman dan pemilik baik hati. Hewan menggemaskan tersebut kerap kali menjaid sasaran kekejaman atau kemarahan manusia.

Sebagai gantinya, kita bisa merayakan Hari Kucing Sedunia dengan cara memanjakan kucing peliharaan di rumah dengan baik, mengadopsi kucing baru, atau memberi makan kucing liar.

Atau, bagi kamu yang tidak menyukai kucing atau takut kucing, ingatlah untuk tetap memperlakukan kucing dengan baik. Hari Kucing Sedunia menjadi pengingat bahwa selain manusia, kita juga perlu melindungi dan menyayangi binatang.

Punya sederet fakta menakjubkan, berikut Popmama.com telah menyiapkan beberapa fakta unik tentang kucingdilansir dari berbagai sumber.

1. Kucing sempat dianggap sebagai dewa sehingga disembah bangsa Mesir Kuno

1. Kucing sempat dianggap sebagai dewa sehingga disembah bangsa Mesir Kuno
Pexels/Kelvin Valerio

Pada zaman dulu, kucing dianggap sebagai dewa sehingga disembah oleh bangsa Mesir Kuno. Mafdet dikenal sebagai dewa kucing pertama yang dianggap sebagai pelindung terhadap ular, kalajengking, dan kejahatan.

Kemudian usai dinasti Mesir runtuh, kucing menjadi binatang yang populer di mana-mana. Bahkan, orang Yunani dan Romawi menggunakan kucing untuk pengendalian hama.

Namun selama abad pertengahan di Eropa, kucing kerap dikaitkan dengan takhayul dan membawa penyakit, sehingga banyak kucing dibunuh pada masa itu.

2. Kucing membantu menurunkan tingkat stres pemiliknya

2. Kucing membantu menurunkan tingkat stres pemiliknya
Freepik/freepik

Secara ilmiah, kucing terbukti bisa membantu mengurangi tingkat stres pada manusia. Mengelus kucing dapat membuat tubuh kita menghasilkan hormon penurun stres. Apalagi, kucing tidak akan ikut stres ketika pemiliknya merasa tertekan.

Berdasarkan sebuah penelitian di Australia, mereka yang memelihara kucing mempunyai kesehatan psikologis lebih baik dibanding orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Pada penelitian tersebut, para pencinta kucing merasa lebih percaya diri, lebih bahagia, serta merasa lebih sejahtera.

Editors' Picks

3. Kucing bernama Merlin memecahkan rekor dunia suara mendengkur paling keras

3. Kucing bernama Merlin memecahkan rekor dunia suara mendengkur paling keras
guinnessworldrecords.com

Seekor kucing hitam di Inggris, bernama Merlin, memecahkan rekor dunia yang cukup membuat banyak orang takjub. Pasalnya, kucing tersebut memiliki suara mendengkur paling keras di dunia, yaitu sebesar 67,8 desibel.

4. Kucing bisa berlari dengan kecepatan 48 km/jam

4. Kucing bisa berlari kecepatan 48 km/jam
Popmama.com/Aristika Medinasari

Kucing rumahan mempunyai energi yang besar dan perlu dilepaskan. Alhasil, kucing melampiaskannya dengan berlari kencang, aktif melompat kesana kemari, atau memanjat tiba-tiba.

Fakta menariknya, kecepatan rata-rata berlari kucing lebih cepat daripada kecepatan berlari manusia. Seekor kucing rubahan bisa berlari hingga kecepatan 48 kilometer per jam.

5. Kucing tidur sekitar 13 sampai 16 jam sehari (70% dari hidup mereka)

5. Kucing tidur sekitar 13 sampai 16 jam sehari (70% dari hidup mereka)
Freepik/freepik

Bagi kamu yang memelihara kucing, pasti menyadari jika sebagian besar hidup hewan tersebut kebanyakan tidur, benar? Mereka melakukannya untuk menghemat energi.

Kucing yang hidup di alam liar membutuhkan tidur untuk pergi dan berburu makanan. Sedangkan bagi kucing rumahan, melakukan tidur karena itu terjadi secara alami bagi mereka.

6. Kucing bernama Blackie dinobatkan sebagai kucing terkaya

6. Kucing bernama Blackie dinobatkan sebagai kucing terkaya
Dok. Pinterest
Ilustrasi

Jika biasanya harta warisan diturunkan untuk pihak keluarga kandung, maka berbeda halnya dengan ini. Menurut Guinness World Records, kucing bernama Blackie menyandang gelar sebagai kucing terkaya di dunia.

Diketahui pemilik Blackie mewariskan harta kekayaannya sebesar £7 juta atau setara Rp 126 miliar kepada peliharaan kesayangannya tersebut.

7. 1 tahun hidup kucing = 15 tahun hidup manusia

7. 1 tahun hidup kucing = 15 tahun hidup manusia
Popmama.com/Aristika Medinasari

Kucing menua jauh lebih cepat daripada manusia. Waktu hidup mereka juga jauh lebih singkat daripada manusia. 1 tahun hidup manusia sama dengan 15 tahun hidup manusia.

Ini berarti ketika seekor kucing berumur 1 tahun, itu sama saja dengan 15 tahun hidup manusia! Rumus mudahnya seperti ini:

  • 1 tahun usia kucing = 15 tahun usia manusia
  • 2 tahun usia kucing = 24 tahun usia manusia

Kemudian setelah 2 tahun, perhitungan usia kucing sama dengan usia manusia kelipatan empat tahun. contohnya, 3 tahun usia kucing sama dengan 28 tahun usia manusia, dan 4 tahun usia kucing sama dengan 32 tahun usia manusia.

Nah, jadi itulah sederet fakta unik tentang kucing. Buat yang belum punya kucing di rumah, tertarik memelihara kucing nggak, nih?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk