Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Sederhana Membahagiakan Anak, Orangtua Wajib Tahu!

Membahagiakan anak bisa dimulai dengan cara yang simpel dan tidak perlu ribet

15 November 2022

7 Cara Sederhana Membahagiakan Anak, Orangtua Wajib Tahu
Freepik/Lifestylememory

Tidak ada satu pun orangtua yang tega melihat anaknya hidup dengan kesedihan atau kurang kasih sayang. Sebagai sosok yang membesarkannya, baik Mama maupun Papa pasti selalu ingin yang terbaik untuk buah hatinya.

Tak perlu menggunakan cara sulit atau membelikan barang mahal, kita ternyata bisa lho membahagiakan anak dengan cara-cara yang sederhana. Asalkan ada niat, setiap orangtua pasti bisa membahagiakan anak mereka dengan caranya sendiri.

Melansir dari berbagai sumber, berikut Popmama.com telah rangkum beberapa cara sederhana membahagiakan anak.

1. Menjalin hubungan baik dengan anak

1. Menjalin hubungan baik anak
Freepik/Prostooleh

Mengutip dari Parents, orangtua sudah sepatutnya harus terlibat dalam kehidupan anak-anak mereka. Sesederhana membicarakan hari yang anak lewati, membantu anak dalam mengerjakan pekerjaan rumah, hingga mengajarkan anak tentang batasan akan sesuatu.

Dengan membicarakan situasi sulit, maka sama saja Mama membantu anak belajar bagaimana menangani masalah yang dihadapi, baik sekarang maupun di masa mendatang.

2. Ajarkan anak tentang cara bersyukur

2. Ajarkan anak tentang cara bersyukur
Freepik/prostooleh

Orangtua dapat membantu anak untuk merasa aman, nyaman, dan bahagia lewat ungkapan terima kasih. Dalam sebuah penelitian dari Harvard Health, rasa syukur secara kuat dan konsisten dapat diasosiakan dengan kebahagiaan yang besar.

Syukur membuat orang merasakan lebih banyak emosi positif, menikmati pengalaman baik, meningkatkan kesehatan, membantu menghadapi kesulitan, dan membangun jalinan hubungan kuat dengan orang.

Editors' Picks

3. Memasang wajah bahagia di hadapan anak

3. Memasang wajah bahagia hadapan anak
Pexels/Brett Sayles

Mengutip dari Lifehack, beberapa orangtua yang berstatus sebagai pekerja jarang sekali menghabiskan waktu bersama anak. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang menghindari interaksi dengan anak seusai bekerja karena terlalu lelah.

Ketika Mama sampai di rumah setelah melewati hari yang melelahkan di kantor, cobalah untuk memberikan senyuman terbaik kepada anak yang menyambut kedatangan Mama.

Dengarkan ocehan mereka yang bercerita tentang hari di sekolah, sehingga mereka merasa bahwa Mama adalah sahabat terbaiknya. Hal sederhana seperti ini sudah cukup mendatangkan kegembiraan dalam diri sang Anak.

4. Jangan mengabaikan masalah yang dialami anak

4. Jangan mengabaikan masalah dialami anak
Freepik/our-team

Cobalah buat anak mengerti bahwa Mama selalu bisa diajak berbagi cerita tentang apa pun yang mengganggu mereka.

Jika orangtua mengesampikan perasaan anak dan bahkan mencoba mengabaikannya, anak justru akan memendam perasaannya dan enggan mengungkapkannya kepada Mama ataupun Papa.

Jadilah orangtua sekaligus pendengar yang baik karena hal itu akan sangat membantu dalam menangani masalah yang dihadapi anak.

5. Merencanakan kegiatan menarik untuk dilakukan di akhir pekan

5. Merencanakan kegiatan menarik dilakukan akhir pekan
Freepik/freepik

Meski memiliki kehidupan yang sibuk akibat bekerja, cobalah orangtua meluangkan waktu di luar jadwal sibuk dengan merencanakan kegiatan menarik untuk dinikmati bersama anak-anak.

Kegiatan menarik yang dimaksud dapat berupa bermain di taman, bersepeda keliling komplek, atau melakukan berbagai kegiatan kreatif nan unik di rumah.

Mama juga bisa membawa anak ke pusat perbelanjaan atau waterboom. Yang terpenting adalah menghabiskan waktu antara orangtua dan anak.

6. Membimbing anak dalam mengejar hal yang disukainya

6. Membimbing anak dalam mengejar hal disukainya
Freepik/our-team

Setiap anak pasti memiliki ketertarikan dalam bidang tertentu. Ini mungkin terbilang rumit untuk memahami ketertarikan anak. Oleh karena itu, biarkan anak mengeksplorasi dan mencari sendiri hal apa yang diminatinya.

Di masa tumbuh kembangnya, biasanya anak akan mencontoh apa pun yang dia lihat, seperti mencoba bermain piano atau meniru gerakan tarian dari video yang ditonton. Apa pun itu, berikan dia ruang untuk belajar dan bimbing anak agar lebih bisa memahaminya.

7. Meminta bantuan anak dengan cara yang lembut agar anak tidak merasa dimarahi

7. Meminta bantuan anak cara lembut agar anak tidak merasa dimarahi
Freepik/Odua

Anak selalu mendambakan cinta dan perhatian dari orangtua mereka. Mereka akan merasa istimewa ketika orangtua datang untuk meminta bantuan dibandingkan menceramahi atau memarahi.

Ada baiknya Mama meminta bantuan kepada anak dengan cara yang sopah, alih-alih memintanya dengan kasar atau nada tinggi. Sebab, hal itu justru membuat mereka merasa sedang dimarahi.

Misalnya, ketika Mama mendapati kamar anak dalam keadaan kotor atau berantakan, maka mintalah dia untuk membersihkannya dibanding mengomelinya.

Jadi itu dia beberapa cara sederhana membahagiakan anak. Semoga cara ini bisa diterapkan setiap orangtua di luar sana demi membuat buah hati senang, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk