TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Ide Pose Foto untuk Anak Perempuan, Biar Nggak Mati Gaya!

Jangan sampai anak mati gaya berpose di depan kamera, ikuti deretan inspirasi pose ini!

28 September 2022

15 Ide Pose Foto Anak Perempuan, Biar Nggak Mati Gaya
Freepik/lookstudio

Masa kanak-kanak merupakan golden moment yang perlu diabadikan. Tingkah anak-anak yang begitu polos membuat kita sebagai orangtua terhibur dan tidak mau melewatkannya begitu saja.

Namun ada kalanya, menggelar sesi pemotretan untuk anak-anak menjadi sebuah tantangan tersendiri. Orangtua dan fotografer setidaknya perlu pose foto untuk anak yang kreatif dan menarik, agar potret akhir yang dihasilkan tidak mengecewakan.

Hindari pose yang membosankan, berikut Popmama.com telah siapkan 15 idepose foto anak perempuan dilansir dari berbagai sumber.

1. Pose berlari dengan salah satu tangan di belakang

1. Pose berlari salah satu tangan belakang
expertphotography.com

Foto-foto menarik sering kali berasal dari mengikuti apa yang ingin dilakukan sang Anak. Mama mungkin dapat menyiapkan aktivitas atau merencanakan berbagai pose, tetapi Mama juga perlu membuat perubahan jika sekiranya anak terlihat tidak menikmatinya.

Pose pertama yang bisa dicontoh adalah dengan menampilkan anak tengah berlari. Salah satu tangannya seolah sedang mengajak teman lainnya untuk ikut berlari bersamanya. Jika wajah anak ingin terlihat, Mama bisa mengarahkan agar anak melihat ke kamera.

2. Berpose menari memamerkan dress andalan

2. Berpose menari memamerkan dress andalan
expertphotography.com

Jika anak-anak tidak suka berlari, mungkin Mama bisa mengarahkannya untuk menari. Pilih pakaian berupa gaun atau dress untuk membuat tampilan semakin feminim dan tentunya memesona.

Kemudian, Mama dapat memintanya untuk berputar demi memamerkan gaun yang dikenakannya.

3. Jelajahi alam untuk memperoleh bidikan candid

3. Jelajahi alam memperoleh bidikan candid
expertphotography.com

Memilih lokasi yang indah dapat meningkatkan hasil akhir foto. Padang rumput dan jalan pedesaan adalah pemandangan yang cocok untuk dijadikan lokasi pemotretan.

Di sana, anak-anak pastinya akan bersenang-senang di lokasi, yang mana sangat bagus untuk diabadikan untuk momen candid. Mama juga mengarahkan anak untuk berinteraksi dengan lingkungan.

Misalnya, meminta anak mencium bunga atau melempar daun-daun yang telah jatuh ke tanah ke udara.

4. Tampilkan senyuman tulus tanpa dipaksakan

4. Tampilkan senyuman tulus tanpa dipaksakan
expertphotography.com

Meminta anak untuk tersenyum ke arah kamera justru membuatnya jarang mendapatkan hasil foto yang baik. Senyum yang ditampilkan terkesan dipaksakan dan tidak natural.

Untuk mendapatkan senyum tulus, Mama perlu mencoba sesuatu yang sedikit berbeda. Contohnya, mintalah suami untuk berada di belakang fotografer dan melakukan sesuatu yang konyol.

Tentu hal tersebut dipastikan akan membuat anak tertawa dan menampilkan senyuman natural di wajah mereka.

5. Gunakan gelembung balon

5. Gunakan gelembung balon
expertphotography.com

Anak-anak selalu menampilkan senyum lebarnya ketika melihat gelembung balon. Oleh karena itu, Mama bisa memanfaatkan momen tersebut untuk diabadikan dalam foto. Gelembung balon dapat membuat visual tambahan yang indah.

Buat anak mama berinteraksi dengan gelembung, seperti meniupnya atau meletuskan gelembung. Ekspresi asli yang ditampilkan anak bisa menjadi daya tarik tersendiri.

6. Libatkan properti makanan kesukaan anak

6. Libatkan properti makanan kesukaan anak
expertphotography.com

Makanan bisa menjadi properti tambahan yang baik untuk sesi pemotretan anak. Permen lolipop besar dengan warna-warna yang mencolok bisa membuat hasil akhir foto terlihat lebih memikat.

Selain itu, makanan sesuai musim seperti apel di musim gugur atau semangka di musim panas juga merupakan ide yang cemerlang. Jika pemotretan bertema ulang tahu, kue dan jeli dapat menjadi properti tambahan yang ideal.

Editors' Picks

7. Bermain permainan hide and seek

7. Bermain permainan hide and seek
expertphotography.com

Permainan terasa begitu menyenangkan untuk orang dewasa dan anak-anak. Bahkan permainan yang sederhana seperti hide and seek bisa dijadikan ide pose untuk pemotretan anak lho, Ma.

Tanpa alat peraga, cukup menggunakan tangan saja. Letakkan kedua telapak tangan untuk menutupi mata. Jangan lupa untuk melibatkan segitiga eksposure pada kamera agar hasil akhir foto semakin bagus.

8. Menggunakan instruksi menyenangkan untuk menampilkan pose

8. Menggunakan instruksi menyenangkan menampilkan pose
expertphotography.com

Beberapa anak memiliki sedikit sisi pemberontak. Hal itu menjadi tantangan bagi orangtua ketika menggelar sesi pemotretan untuk anak. Apalagi jika Mama mempunyai dua orang anak.

Dari sini, Mama bisa menyuruh mereka untuk melihat siapa yang bisa bertahan paling lama menampilkan senyum terbaik ke kamera.

Biasanya, anak-anak akan merasa tertantang dan melakukan apa yang disuruh. Jangan lupa, berikan reward kecil-kecilan untuk menyenangkan hati anak di akhir sesi pemotretan.

9. Berpose dengan hewan peliharaan kesayangan

9. Berpose hewan peliharaan kesayangan
fixthephoto.com

Jika Mama tertarik dengan pose foto yang bermakna untuk anak-anak dan sekiranya bisa membuat siapa pun yang melihatnya terkagum.

Maka, mengabadikan anak dengan hewan peliharaannya bisa menjadi ide yang menarik. Ikatan antara anak dan hewan kesayangannya akan membuat foto terlihat emosional.

10. Tersenyum lebar saat bermain ayunan

10. Tersenyum lebar saat bermain ayunan
fixthephoto.com

Daripada menggunakan pose yang membosankan, berikan anak aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Berayun di ayunan bisa menjadi ide pose foto selanjutnya.

Anak akan sangat bersemangat ketika bermain ayunan, sehingga mereka pasti akan melupakan rasa malu di hadapan kamera. Selain itu, Mama juga bisa menghias ayunan dengan bunga untuk menambahkan sentuhan feminim.

11. Berpose membaca buku

11. Berpose membaca buku
fixthephoto.com

Jika anak suka membaca buku, Mama bisa menyiapkan buku favorit mereka untuk dijadikan properti dalam sesi photoshoot.

Abadikan foto ketika mereka sedang serius membaca buku yang dipegangnya dengan latar belakang lokasi indah. Libatkan permainan segitiga eksposure di kamera untuk membuat komposisi foto lebih menarik.

12. Meniup Dandelion

12. Meniup Dandelion
fixthephoto.com

Minta anak untuk memetik dandelion, membuat permintaan, dan meniup benihnya ke angin. Mama pasti akan mendapatkan beberapa bidikan foto yang menggemaskan dan tampak natural. Jika tidak ada bunga dandelion, Mama bisa menggunakan bunga lainnya.

13. Berfoto menaiki ayunan ban

13. Berfoto menaiki ayunan ban
fixthephoto.com

Anak-anak biasanya tidak tahan untuk hanya duduk diam ketika berfoto. Jangan khawatir, Ma. Anak yang aktif juga bisa mendapatkan hasil foto yang bagus. Manfaatkan keaktifan mereka untuk ditampilkan di hadapan kamera.

Misalnya ketika sedang menaiki ayunan ban, suruh mereka untuk melihat ke arah kamera. Ekspresi alami yang ditampilkan justru membuat sesi pemotretan semakin berkesan.

14. Tambahkan glitter di wajah anak

14. Tambahkan glitter wajah anak
fixthephoto.com

Tambahkan kilauan dalam foto lewat makeup glitter. Pulasan glitter pada pipi anak dapat menambah daya tarik tersendiri.

Tampilan seperti ini tidak memerlukan banyak pose yang sulit, cukup dekatkan wajah anak ke kamera untuk menonjolkan ekspresi yang ditampilkan.

15. Berpose seolah akan memeluk kamera

15. Berpose seolah akan memeluk kamera
fixthephoto.com

Minta anak untuk berpose seolah-olah akan memeluk kamera. Mama pasti mendapatkan hasil yang bagus sekaligus terlihat menyenangkan dengan ekspresi gembira anak. Gunakan lensa bersudut lebar untuk komposisi yang lebih menarik.

Jadi itulah beberapa ide pose foto anak perempuan. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk