TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Rekomendasi Dokter Anak di Palembang, Buat Janji Cepat dan Mudah

Berdomisili di Palembang? Yuk, konsultasi ke dokter spesialis anak ini ketika si Kecil sakit!

5 Oktober 2022

10 Rekomendasi Dokter Anak Palembang, Buat Janji Cepat Mudah
Freepik/gpointstudio

Siapa di antara Mama yang tinggal di Palembang? Sudah memiliki dokter andalan untuk menangani jika si Kecil sakit belum, Ma?

Ketika anak sedang sakit, tentu sebagai orangtua kita pasti merasa khawatir dan sedih. Jika penyakit yang dialami anak sudah membuat tubuhnya terasa tidak nyaman, jangan lupa untuk segera datang ke dokter anak.

Mama dan Papa perlu tahu jika kondisi yang dialami anak-anak tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Sehingga, orangtua perlu membawa anak ke dokter untuk diperiksa sekaligus berkonsultasi.

Maka dari itu, berikut Popmama.com telah rangkum rekomendasi dokter anak di Palembang yang bisa Mama kunjungi dan jadikan pilihan.

1. dr. Ria Nova, Sp.A (K)

1. dr. Ria Nova, Sp.A (K)
herminahospitals.com

Rekomendasi dokter anak di Palembang pertama adalah dr. Ria Nova, Sp.A. Ia merupakan seorang dokter anak konsultan kardiologi. dr. Ria dapat melakukan pemeriksaan dan menangani anak yang mempunyai gangguan jantung.

Tak hanya itu, dia juga mampu melakukan berbagai pemeriksaan dan pengobatan yang berkaitan dengan penyakit serta perkembangan anak secara general. Saat ini, dr. Ria praktik di Rumah Sakit Hermina Palembang dan aktif tercatat sebagai anggota Ikatan Dokter Anak Indonesis (IDAI).

2. dr. Avyandita Meirizkia, Sp.A

2. dr. Avyandita Meirizkia, Sp.A
siloamhospitals.com

dr. Avyandita Meirizkia, Sp.A merupakan lulusan dari Universitas Sriwijaya Palembang. Lokasi praktiknya berada di RS Siloam Sriwijaya Palembang pada hari Selasa-Sabtu di jam-jam tertentu.

Siloam Hospitals Palembang berlokasi di Jl. POM IX, Lorok Pakjo, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Sebagai seorang dokter anak, dr. Avyandita dapat membantu Mama memahami kondisi kesehatan anak, seperti:

  • Melakukan imunisasi
  • Memeriksa kondisi medis bayi, anak-anak, dan remaja
  • Melakukan resusitasi atau mengembalikan kemampuan pernapasan dan peredarahan darah pada bayi baru lahir

dr. Avyandita telah tergabung sebagai anggota dari organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

3. dr. Afifa Ramadanti, Sp.A (K)

3. dr. Afifa Ramadanti, Sp.A (K)
rsbundapalembang.co.id

Kemudian ada dr. Afifa Ramadanti, Sp.A(K) yang mendalami subspesialisasi perinatologi. Dokter perinatologi adalah dokter spesialis anak yang menempuh pendidikan subspesialisasi untuk berfokus menangani bayi baru lahir sampai usia 28 hari dengan masalah kesehatan kritis.

Penaganan yang dapat dikonsultasikan kepada dokter anak subspesialisasi perinatologi, yaitu:

  • Bayi lahir prematur
  • Bayi baru lahir yang mengalami gangguan pencernaan
  • Bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR)
  • Bayi dengan kondisi cacat lahir
  • Bayi yang mengalami infeksi
  • Bayi yang susah bernapas
  • Bayi baru lahir dengan masalah kesehatan yang berisiko fatal

Jika Mama tertarik membuat janji temu dengan dr. Afifa, Mama bisa datang ke beberapa rumah sakit tempatnya praktik:

  • RS Hermina Palembang
  • RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang
  • RS Bunda Palembang

4. Dr. dr. Yudianita Kesuma, Sp.A (K), M.Kes

4. Dr. dr. Yudianita Kesuma, Sp.A (K), M.Kes
rsmh.co.id

Melihat dari ulasan para pasiennya, Dr. dr. Yudianita Kesuma, Sp.A (K), M.Kes disebut sebagai salah satu dokter anak terbaik di Palembang. Beliau sangat ahli dalam menangani tumbuh kembang anak, seperti terlambat bicara (speech delay).

Beliau mempunyai klinik sendiri bernama Klinik. dr. Yudianita Kesuma yang berlokasi di l. WR Supratman No.240A, Sekip Jaya, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Selain menerima pemeriksaan dan terapi tumbuh kembang anak, ia menyediakan imunisasi anak dan penanganan masalah kesehatan anak lainnya.

Selain di klinik, Mama juga bisa menemuinya di RSUP Dr. Mohammad Hoesin di Palembang dan RS Hermina Palembang.

Editors' Picks

5. dr. Elvietha Allamanda, Sp.A, M.Sc

5. dr. Elvietha Allamanda, Sp.A, M.Sc
herminahospital.com

dr. Elvietha Allamanda, Sp.A, M.Sc atau bisa akrab disapa dr. Epi merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Umum Universitas Sriwijaya Palembang dan Kedokteran Spesialis Anak Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Beliau dapat melakukan pemeriksaan dan penanganan kondisi kesehatan serta perkembangan anak. Tak hanya itu, dr. Epi juga menyediakan imunisasi serta dapat resusitasi pada bayi dan anak.

Ia membuka praktik di beberapa rumah sakit, yaitu:

  • RS Siloam Sriwijaya Palembang
  • RS Myria Palembang
  • RS Hermina Palembang

Ingin mengenal dan mencati tahu dr. Epi lebih lanjut? Bisa stalk Instagramnya di @dr.epi_dokteranakku.

6. dr. R.M. Indra, Sp.A (K), MARS

6. dr. R.M. Indra, Sp.A (K), MARS
rsmh.co.id

Selain dokter perempuan, di Palembang juga ada dokter anak laki-laki yang bisa Mama dan Papa andalkan. Salah satunya adalah dr. R.M. Indra, Sp.A (K), MARS.

Beliau biasanya melakukan praktik di RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang setiap hari Senin-Jumat di jam tertentu. Rumah sakit tersebut bisa ditemukan di alamat Jl. Jend. Sudirman No.Km, RW.5, Sekip Jaya, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Menariknya, dr. Indra dapat melakukan sejumlah pemeriksaan terkait anak, di antaranya:

  • Membaca MRI kepala
  • Membaca CT-scan kepala
  • Pemeriksaan neurologis pada bayi dan anak
  • Pemeriksaan dan interprestasi EEG                                              
  • Melakukan pungsi lumbal atau mengambil cairan tulang belakang dan otak (serebrospinal)
  • Funduskopi

7. dr. Irwan Effendi, Sp.A, M.Biomed

7. dr. Irwan Effendi, Sp.A, M.Biomed
siloamhospitals.com

dr. Irwan Effendi, Sp.A, M.Biomed biasa melakukan praktik di RS Siloam Sriwijaya Palembang. Beliau merupakan lulusan Pendidikan Kedokteran Umum dan Kedokteran Spesialis Anak di Universitas Andalas, Sumatera Barat.

Para pasien yang sudah ditanganinya mengatakan jika dr. Irwan adalah dokter yang kompeten di bidangnya. Ia mampu melakukan beberapa pemeriksaan dan penanganan kesehatan anak, seperti:

  • Imunisasi
  • Konsultasi manajemen laktasi
  • Resusitasi neonates

8. dr. Liem Eremius Arifin, Sp.A

8. dr. Liem Eremius Arifin, Sp.A
siloamhospitals.com

Selanjutnya ada dr. Liem Eremius Arifin, Sp.A yang merupakan dokter spesialis anak berpraktik di Siloam Sriwijaya Palembang. Beliau dapat menangani permasalahan kesehatan anak secara menyeluruh.

Sebelum mendapat gelar dokter, dr. Liem menamatkan pendidikan Spesialis Anak di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, Palembang. Ia tercatat sebagai anggota aktif Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

9. dr. Hasri Salwan, Sp.A (K)

9. dr. Hasri Salwan, Sp.A (K)
halodoc.com

dr. Hasri Salwan, Sp.A (K) adakah dokter spesialis anak Konsultan Gastro-Hepatologi yang aktif melayani pasien di RSIA Rika Amelia Palembang dan RS Charitas Palembang.

Beliau mendapat gelar spesialisnya usai menamatkan pendidikan di Universitas Sriwijaya. dr. Hasri terbagung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Beliau mampu memberikan layanan Konsultasi, Pemeriksaan, dan Pengobatan terkait masalah kesehatan pada anak.

10. dr. Azwar Aruf, MSc, Sp. A

10. dr. Azwar Aruf, MSc, Sp. A
rsmh.co.id

dr. Azwar Aruf, Sp.A adalah seorang dokter anak yang biasa melakukan praktik di RS Islam Ar-Rasyid Palembang dan RSUP Dr. Mohammad Hoesin. Beliau dapat membantu layanan konsultasi kesehatan anak secara menyeluruh.

Sebelum meraih gelar dokter, dr. Azwar menamatkan pendidikan Dokter Spesialis Anak di Universitas Gadjah Mada. Beliau juga tercatat dalam organsisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Jadi itu dia beberapa rekomendasi dokter anak di Palembang. Jadi bagaimana, Ma? Sudah menemukan dokter anak yang ingin dituju?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk