Herbal Hingga Metode Dokter, Ini 10 Cara Mengobati Gondok pada Anak

Sebelum terlambat, ketahui cara mengatasinya dengan tepat!

2 Mei 2019

Herbal Hingga Metode Dokter, Ini 10 Cara Mengobati Gondok Anak
Freepik

Gondok pada anak atau struma merupakan terjadinya benjolan pada leher bagian depan. Berbeda dengan gondongan yang disebabkan oleh virus, gondok sendiri disebabkan oleh adanya gangguan pada kelenjar tiroid sehingga tidak bisa mensekresikan hormon tiroid sesuai dengan kebutuhan tubuh. Selain itu, gondok pada anak juga bisa disebabkan oleh tubuh yang kekurangan kadar yodium.

Penyakit ini memang tidak memunculkan gejala serius. Namun jika tidak cepat mendapatkan penanganan, gondok pada anak akan menjadi beracun.

Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan gondok yang abnormal. Biasanya ketika gondok masih kecil dan tidak mengganggu, Mama bisa mengobati si Kecil dengan pengobatan secara alami.

Namun jika sudah semakin membesar dan terlambat menanganinya, maka metode dokter lah yang harus dilalui oleh penderitanya. 

Nah agar lebih jelas, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa cara alami dan metode dokter yang dapat dilakukan untuk mengobati gondok.

Cara Mengobati Gondok dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Gondok Bahan Alami
Pixabay/pompi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengobati gondok bisa disembuhkan dengan bahan-bahan alami asalkan gondok yang dialami anak masih tergolong kecil atau ringan.

Berikut beberapa obat gondok pada anak dari bahan-bahan alami:

  • Mengonsumsi yodium

Penyebab utama penyakit gondok adalah kekurangan yodium, maka dari itu sebaiknya mulailah konsumsi makanan yang mengandung yodium tinggi.

Cara ini bisa Mama gunakan untuk memperkecil gondok atau pembengkakan pada kelenjar tiroid.

Langkah ini juga sebenarnya dapat mencegah penyakit gondok. Untuk mengatasinya, konsumsilah cukup garam beryodium yaitu garam meja.

Garam meja merupakan salah satu garam yang mengandung yodium dan berbeda dengan garam laut.

Meskipun begitu, Mama tetap harus memperhatikan asupan garam yang anak konsumsi agar tidak menjadi penyakit lain dalam tubuh.

Tidak hanya dari garam beryodium, si Kecil juga bisa mendapatkan asupan yodium dari berbagai makanan seperti ikan atau kerang, susu, keju, yoghurt, dan sayuran.

  • Mengunyah bawang putih

Bawang putih bisa menjadi obat alami yang digunakan untuk mengobati penyakit gondok.

Bawang putih memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh pengidap penyakit gondok seperti zat antibakteri, antivirus, dan anti jamur sehingga bawang putih dapat dijadikan antibiotik.

Penggunaan bawang putih sebagai obat untuk gondok tidaklah sulit, si Kecil hanya perlu mengunyah bawah putih sebanyak 3 hingga 4 siung dalam satu hari.

  • Mengonsumsi buah-buahan

Penyakit gondok dapat disembuhkan dengan rutin mengonsumsi buah pepaya, rambutan, dan sirsak.

Pepaya diketahui memiliki kandungan beta karoten yang dapat mengurangi pembengkakan pada kelenjar tiroid dan mencegah timbulnya sel kanker.

Sedangkan rambutan dan sirsak merupakan buah dengan kandungan air yang cukup banyak dan memiliki kandungan zat ampisilin yang dapat meringankan dan menyembuhkan penyakit gondok.

  • Mengonsumsi ramuan kulit manggis

Menurut hasil uji laboratorium yang dilakukan oleh para ahli, kulit manggis diketahui mengandung senyawa xanthone yang memiliki sifat antioksidan tinggi, bahkan lebih tinggi dari antioksidan yang ada pada vitamin E dan vitamin C.

Antioksidan yang sangat tinggi tersebut bagus untuk memberantas radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, termasuk bisa mencegah terjadinya benjolan pada leher akibat gondok.

  • Mengonsumsi dan membalurkan ramuan akar jarong

Akar jarong juga dipercaya bisa mengobati gondok.

Cara membuat ramuan akar jarong ini cukup mudah yaitu dengan merebus akar jarong sampai mendidih lalu air rebusannya diminum secara rutin minimal 2 kali sehari.

Akar jarong juga dapat ditempelkan di bagian leher untuk mengurangi bengkak akibat gondok.

  • Mengonsumsi dan membalurkan ramuan belimbing wuluh

Siapa sangka, belimbing wuluh mempunyai manfaat lebih untuk mengobati gondok?

Ya, Mama bisa membuat ramuan belimbing wuluh yang dicampurkan dengan bawang merah untuk mengobati penyakit gondok pada anak.

Agar lebih efektif, Mama juga bisa membalurkan ramuan tersebut di leher si Kecil untuk mengurangi pembengkakan.

Editors' Picks

Metode Penanganan Gondok oleh Dokter

Metode Penanganan Gondok oleh Dokter
Freepik/Pressfoto

Jika gondok yang dialami oleh anak sudah membesar akibat terlambat penanganan, maka cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menjalankan metode dari dokter.

Berikut beberapa daftarnya:

  • Pemberian obat penurun hormon tiroid

Beberapa jenis obat penurun hormon tiroid seperti thionamide, biasanya diperlukan untuk menurunkan kadar hormon tiroid dengan cara menghambat proses produksinya.

Obat ini digunakan untuk mengatasi penyakit gondok yang disebabkan oleh hipertiroidisme.

Efek sampingnya meliputi mual, nyeri pada sendi, ruam ringan, serta penurunan jumlah sel darah putih secara mendadak.

  • Terapi penggantian hormon

Langkah pengobatan jenis ini dilakukan untuk menangani hipotiroidisme dengan menggantikan hormon tiroid, dan umumnya harus dijalani seumur hidup.

Contoh obatnya adalah levothyroxine.

  • Terapi yodium radioaktif

Terapi ini juga termasuk penanganan untuk penyakit gondok yang disebabkan oleh hipertiroidisme.

Yodium radioaktif yang dikonsumsi akan bertugas menghancurkan sel-sel tiroid.

Metode pengobatan ini terbukti dapat mengecilkan ukuran benjolan, tapi juga bisa memicu hipotiroidisme.

  • Operasi

Benjolan yang terus membesar hingga mengganggu pernapasan dan menyebabkan pengidap sulit menelan umumnya ditangani dengan operasi.

Langkah ini akan dilakukan dengan tiroidektomi, yaitu prosedur pengangkatan sebagian atau seluruh kelenjar tiroid.

Prosedur ini juga disarankan bagi pengidap yang diduga memiliki benjolan tiroid yang mengandung sel-sel kanker.

Tiap operasi pasti memiliki risiko, termasuk tiroidektomi.

Walau kemungkinannya tergolong kecil, pengidap yang menjalani prosedur ini berpotensi mengalami komplikasi kerusakan pada saraf dan kelenjar paratiroid.

Contoh kerusakan saraf yang mungkin terjadi adalah perubahan suara dan gangguan pernapasan.

Komplikasi ini bisa bersifat sementara atau permanen. Sementara kerusakan pada kelenjar paratiroid akan memengaruhi pengaturan kadar kalsium dalam darah dan tulang.

Nah, itulah beberapa daftar obat berbahan alami hingga metode dokter yang dapat Mama lakukan untuk mengatasi gondok pada anak.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!