Sedang Digemari! Ini 7 Rekomendasi Tontonan Animasi Anak yang Edukatif

Apakah si Kecil juga gemar menonton ketujuh kartun ini, Ma?

16 Maret 2020

Sedang Digemari Ini 7 Rekomendasi Tontonan Animasi Anak Edukatif
Freepik/Anatoliy-cherkas

Agar si Kecil senang dan tidak rewel, biasanya orangtua akan menyuguhkan tontonan yang menghibur untuk anak-anaknya. Namun tak hanya menghibur, orangtua juga harus melihat dari sisi manfaatnya.

Tontonan yang anak saksikan haruslah mengandung unsur edukasi dan hiburan secara bersamaan. Dengan berkembangnya era digital dan animasi, kini tontonan kartun atau animasi anak pun sudah banyak pilihan.

Beberapa diantaranya bahkan sedang menjadi tren dan digandrungi oleh banyak anak.

Nah, bagi Mama yang ingin tahu rekomendasi tontonan kartun anak yang sedang populer dan edukatif, berikut Popmama.com telah merangkum 7 daftar lengkapnya.

1. Paw Patrol mengajarkan kerja sama tim

Rekomendasi tontonan kartun anak yang sedang populer dan edukatif adalah Paw Patrol. Serial televisi animasi pra-sekolah dari Kanada ini bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Ryder yang memimpin sekawanan anak anjing yang dikenal sebagai Paw Patrol. Mereka ditugaskan untuk bekerja sama dalam misi penyelamatan untuk melindungi kota Adventure Bay.

Kartun Paw Patrol memiliki beberapa karakter utama, yakni Ryder yang berperan sebagai pemimpin anak-anak anjing dalam melakukan operasi penyelamatan di kota Adventure Bay, Chase yang berperan sebagai seekor anak anjing gembala Jerman yang berjiwa pemimpin dan kapten dari PAW Patrol, Marshall yang berperan sebagai seekor anak anjing dalmatian yang ceroboh dan jenaka, Skye yang berperan sebagai seekor anak anjing cocker spaniel yang suka terbang dan melakukan penyelamatan udara, Rocky yang berperan sebagai seekor anak anjing terrier skotlandia yang suka memperbaiki sesuatu dan mengumpulkan barang-barang bekas, Rubble yang berperan sebagai seekor anak anjing bulldog yang suka makan dan menggali tanah, Zuma yang berperan sebagai seekor anak anjing labrador retriever yang suka dengan air dan melakukan penyelamatan dalam air, dan terakhir Cap'n Turbot/Horatio Turbot yang berperan sebagai teman baik PAW Patrol yang bekerja sebagai kapten laut dan tinggal di mercusuar.

Tak hanya menghibur, Paw Patrol juga dapat mengajarkan anak untuk bisa berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik, sabar dan tidak mudah menyerah, serta saling memafkan dan suka menolong.

2. Cocomelon lagu anak yang mengajarkan edukasi

Selanjutnya adalah Cocomelon. Tontonan kartun anak yang ada di YouTube ini didominasi oleh lagu-lagu edukasi untuk anak.

Beberapa lagunya yang bermanfaat dan digemari oleh anak-anak adalah lagu Five Sense Song yang mengajari anak mengenai kelima indera, Guess the Animal Song yang mengajari anak suara-suara hewan, hingga Tap Dancing Song yang mengenalkan anak pada ketukan dan irama.

Menghibur dan pastinya bikin si Kecil belajar banyak!

3. Peppa Pig mengajarkan anak untuk hidup sehat

Rekomendasi tontonan anak lainnya adalah Peppa Pig. Serial televisi animasi pra-sekolah asal Britania Raya ini menceritakan kisah seputar Peppa, seekor babi antropomorfik, beserta keluarga dan teman-temannya.

Setiap temannya merupakan spesies hewan yang berbeda. Teman-teman Peppa sebaya dengannya, begitu pula adik Peppa, George, dengan teman-temannya.

Episode Peppa Pig cenderung menampilkan kegiatan sehari-hari, seperti hadir pada kelompok bermain, pergi berenang, menunjungi kakek-nenek, sepupu, pergi ke taman bermain, atau bersepeda.

Selain menghibur, Peppa Pig juga mengandung pesan kesehatan umum yang positif, seperti mendorong kebiasaan makan sehat, berolahraga, hingga keamanan berkendara.

Editors' Picks

4. Tayo Bus Kecil mengenalkan anak pada tempat umum

Selanjutnya, tak lain tak bukan, Tayo Bus Kecil. Siapa yang tak tahu dengan kartun anak yang satu ini? Pasti semua anak dan orangtua tahu dong dengan kartun Tayo.

Serial animasi dari Korea Selatan ini bercerita tentang bus bernama Tayo yang ceria dan kadang-kadang nakal. Ia merupakan sanak ketiga dari empat bersaudara.

Selain lucu dan menghibur, kartun Tayo Bus Kecil ini juga dapat menjadi media bagi Mama untuk mengenalkan warna pada anak, mengingat bahwa ada begitu banyak warna bus pada kartun Tayo.

Kartun Tayo juga dapat mengenalkan anak pada tempat-tempat umum seperti halte dan sebagainya. Terakhir, Tayo juga dapat mengedukasi anak untuk bisa lebih menghargai dan merawat kendaraan yang dimiliki.

5. Nussa Rara menanamkan nilai agama pada anak

Selain Tayo, tontonan kartun anak lainnya yang juga digemari dan bermanfaat untuk si Kecil adalah Nussa Rara.

Serial animasi Indonesia yang diproduksi oleh studio animasi The Little Giantz dan 4Stripe Productions ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari kakak beradik bernama Nussa dan Rara.

Tak hanya lucu dan menghibur, Nussa Rara juga berisi pesan moral yang sangat baik, seperti anjuran untuk selalu berdoa sebelum melakukan sesuatu, selalu mengingat salat, menghargai orangtua, dan lain-lain.

Sang Kakak, Nussa juga dikenal sebagai representatif anak dengan disabilitas yang berbakat dan berbudi pekerti.

6. Omar & Hana lagu islam untuk anak

Hampir sama dengan Nussa Rara, animasi Omar & Hana juga mengedukasi anak-anak mengenai agama Islam.

Serial animasi asal Negeri Jiran, Malaysia ini bercerita tentang sebuah keluarga muslim yang terdiri dari Papa, Mama, Kakak, dan Adik yang menerapkan nilai-nilai moral di kehidupannya.

Tak hanya cerita sehari-hari, Omar & Hana juga memiliki beberapa lagu-lagu edukasi yang dapat mengajarkan anak tentang agama.

7. BabyBus lagu anak yang mengajarkan nilai moral

Terakhir adalah BabyBus. Tontonan anak yang satu ini hampir serupa dengan Cocomelon, karena BabyBus juga memberikan pengenalan dan pembelajaran awal bagi anak-anak pra-sekolah dengan rentang usia hingga 6 tahun.

Beberapa lagunya yang bermanfaat dan digemari oleh anak-anak adalah lagu Baby Get Dressed Song yang mengajari anak mengenai cara berpakaian, I'm Sorry or Excuse Me Song yang mengajari anak untuk mengucapkan maaf dan permisi, hingga The Monster Under the Bed Song yang mengajarkan anak untuk tidak takut tidur sendiri.

Menghibur dan pastinya bikin si Kecil belajar banyak!

Nah, itulah ketujuh rekomendasi tontonan kartun anak yang sedang populer dan edukatif.

Selamat menonton!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.