Rencana Keuangan & Pendidikan untuk Anak 'Spesial' a la Namira Monda

Namira Monda juga ungkapkan rencana pendidikan bagi anak semata wayangnya, Aurora

15 Oktober 2019

Rencana Keuangan & Pendidikan Anak 'Spesial' a la Namira Monda
Instagram.com/namiramonda
joker with card

Namira Monda adalah seorang Mama hebat yang melahirkan anak dengan kondisi 'spesial'.

Ya, anak semata wayangnya, Aurora diketahui mengidap craniosynostosis, yakni kondisi kelainan di tulang tengkorak yang menyebabkan bentuk kepala bayi tidak normal atau tidak proporsional.

Bentuk tulang tengkorak yang tidak proporsional bisa menimbulkan sakit kepala berkepanjangan, gangguan penglihatan, serta masalah psikologis di kemudian hari.

Di sisi lain, ubun-ubun yang tertutup itu juga punya dampak yang cukup serius. Normalnya ubun-ubun bayi akan menutup di usia 6-20 bulan.

Hal ini membuat adanya risiko perkembangan otak akan terganggu jika tidak dioperasi. Anak juga bisa muntah tanpa disertai rasa mual, terjadi gangguan pendengaran, hingga kejang pada anak.

Tidak hanya craniosynostosis, Aurora pun mengalami Brain Atrophy, yakni hilangnya sel dan jaringan otak. Inilah yang menyebabkan ukuran otak menciut dan jauh mengecil daripada ukuran aslinya.

Hal ini bisa memengaruhi seluruh fungsi otak, baik motorik, sensorik dan intelektualnya. Microcephaly, kondisi neurologis di mana kepala bayi lebih kecil dari ukuran kepala anak anak lainnya pun harus dihadapi Aurora.

Begitu pula dengan cerebral palsy dan Dandy Walker. Di usianya yang masih sangat muda, Aurora juga harus mengalami optic neuritis atau yang juga dikenal dengan peradangan pada saraf optik.

Untungnya, optic neuritis biasanya dapat membaik dengan sendirinya. Dalam beberapa kasus, obat-obatan steroid digunakan karena dapat membantu mengurangi peradangan pada saraf optik.

Aurora juga sempat mengalami gizi buruk. Saat berusia 1 tahun, berat Ulo hanya 5 kg dan hanya mau minum ASI langsung.

Untuk mengejar ketertinggalan berat badannya, dokter lalu memasang NGTube. Dengan begitu, susu bisa langsung masuk ke lambung Aurora.

Hingga saat ini, Namira Monda yang ditemui oleh tim Popmama.com di acara Popmama Parenting Academy 2019 masih belum tahu penyebab dari kondisi sang Anak.

"Sampai sekarang masih belum diketahui penyebabnya, waktu kehamilan dan di USG juga nggak kelihatan kenapa-kenapa. Sampai sekarang dokternya juga masih bingung sih dari mana salahnya, mungkin selanjutnya akan di tes kromosomnya tapi itu juga belum tentu valid," jelasnya.

Meski demikian, Namira mengaku bahwa dirinya sangat amat mencintai putri semata wayangnya yang lucu tersebut.

Ia juga mengungkapkan hal ini ketika ditanya 3 kata yang menggambarkan Aurora.

"Nggak nyusahin, anugerah banget, dan anak soleha. Pokoknya yang baik-baiklah," ujarnya sambil berlinang air mata.

Berkesempatan mewawancarai Mama hebat yang satu ini, berikut Popmama.com telah merangkum 7 informasi penting terkait rencana keuangan hingga rencana pendidikan anak dengan 'perawatan khusus' seperti Aurora.

1. Perkembangan Aurora hingga saat ini

1. Perkembangan Aurora hingga saat ini
Dok. Popmama.com/Fx Dimas

Saat menjadi pembicara di acara Popmama Parenting Academy 2019, Namira Monda mengaku bahwa Aurora kini sudah mengalami beberapa perkembangan, meski lagi-lagi perkembangannya tidak bisa disamakan dengan anak normal pada umumnya.

"Aurora sekarang sudah 4 tahuh, walaupun dia mengalami delay development tapi perkembangannya pasti ada walau sekecil apapun kita syukuri dulu karena dia juga nggak bisa disamain dengan anak-anak normal pada umumnya," kata Namira. 

Hingga saat ini, Namira juga mengaku bahwa ia dan sang Suami masih fokus untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Aurora dan menjalankan segala jenis fisioterapi yang ia butuhkan.

"Sekarang kita fokus sama nutrisinya dia dulu dan gimana caranya dia buat makan karena sekarang dia masih pakai selang kan, jadi setelah bisa makan kita bisa lanjut ke fisioterapi lainnya," tambahnya lagi.

2. Rencana pendidikan untuk anak dengan 'perawatan khusus' seperti Aurora

2. Rencana pendidikan anak 'perawatan khusus' seperti Aurora
Dok. Popmama.com/Fx Dimas

Memiliki anak dengan kondisi 'spesial' memang bukanlah hal yang mudah, terutama untuk mengatur rencana pendidikannya.

Hal tersebut juga dirasakan oleh Mom Influencer, Namira Monda.

Ia mengatakan bahwa hingga saat ini dirinya dan sang Suami berencana untuk menyekolahkan sang Anak di rumah, atau home schooling.

"Rencana kita akan arahkan dia ke home schooling, tapi sekarang aku lebih fokus ke fisioterapinya dia," jawab Namira.

"Aku sih nggak mau maksain dia untuk sekolah kalau dianya belum siap, jadi aku pengin benar-benar tahu dulu sekolah yang bisa terima dia," ujarnya.

Tak hanya sekolah, ia juga kini sudah mulai menggali apa yang Aurora sukai untuk menemukan minat dan bakatnya sejak dini.

"Aku juga sampai saat ini terus menggali apa yang dia suka, apakah musik atau melukis," jawabnya lagi.

"Dari sekarang sih dia udah keliatan suka musik sedikit-sedikit, tadinya kan dia agak takut dengar suara musik tapi sekarang dia sudah suka. Musik juga kan bagus buat perkembangan otaknya, tapi untuk kapan bisa liat bakatnya aku juga belum tahu sih," tambah Namira.

3. Cara membuat anak-anak dengan 'perawatan khusus' agar lebih mandiri

3. Cara membuat anak-anak 'perawatan khusus' agar lebih mandiri
Dok. Popmama.com/Fx Dimas

Selain harus merencanakan pendidikannya, orangtua dengan anak 'spesial' juga harus membuat mereka mandiri jika sudah besar nanti.

"Untuk bisa survive, orangtua harus damai dulu sama diri sendiri, menerima kalau anak ini bukan 'kutukan' jadi harus diikhlaskan dulu, ikhtiar apapun dengan berbagai cara," ungkap Namira

"Berikan juga dia pendidikan karena nantinya dia akan sendiri, paling nggak kalau orangtua sudah nggak ada dia sudah harus mandiri," tambahnya.

"Orangtua harus sabar, terus cari terapi atau teknologi baru yang bisa diterapkan pada anak," ujarnya lagi.

Editors' Picks

4. Cara agar orangtua bisa sabar dan menerima dengan keadaan anak saat ini

4. Cara agar orangtua bisa sabar menerima keadaan anak saat ini
Dok. Popmama.com/Kevin

Berbicara tentang kesabaran, Mama yang satu ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Ternyata inilah resep kesabaran Namira Monda selama ini!

"Butuh proses dan support system pasti. Suami dan istri juga harus kompak dulu. Lingkungan tempat tinggal pun harus mendukung karena kalau itu nggak baik, semuanya juga akan nggak nyaman," ungkapnya.

"Kebetulan aku saat ini masih sama mertua aku, dan untungnya mertua aku juga punya anak berkebutuhan jadi dia sebenarnya lebih struggle duluan. Malah mereka support kita kalau anak ini anugerah, nggak boleh di sia-siain," syukurnya.

5. Rencana keuangan keluarga dengan anak 'spesial' seperti Aurora

5. Rencana keuangan keluarga anak 'spesial' seperti Aurora
Dok. Popmama.com/Fx Dimas

Biaya pengobatan untuk Aurora tidaklah murah, hal tersebutlah yang membuat Namira dan sang Suami lebih matang dalam merencanakan keuangan keluarga.

"Untuk anak yang spesial itu pengeluarannya sudah banyak banget sejak bayi. Tapi nggak bisa dipungkiri rezekinya ada aja," tandasnya.

"Jadi sekarang bapaknya udah punya investasi sendiri buat Aurora, kalau aku lebih ke tabungan berencana," ungkapnya lagi.

"Sebelumnya juga udah kita pisah-pisahin uangnya, terutama buat kesehatan yang nggak boleh di ganggu gugat, terus untuk terapi dan pendidikannya," tambah Namira.

6. Pertimbangan Namira Monda mengunggah foto anaknya di media sosial

6. Pertimbangan Namira Monda mengunggah foto anak media sosial
Dok. Popmama.com/Fx Dimas

Mengunggah foto anak dianggap tabu bagi sebagian orangtua, apalagi jika sang Anak terlahir dengan kondisi yang 'spesial'. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi Namira Monda.

Ia mengungkapkan bahwa tujuannya mengunggah foto sang Anak adalah untuk berbagi informasi kepada orangtua lain yang juga merasakan hal yang sama seperti dirinya.

"Ya itu sebenarnya tergantung dari orangtua masing-masing, aku sama suami sih lebih ke sharing informasi," tandas Namira.

"Awalnya aku cuma ingin tahu anak-anak yang juga seperti Aurora tapi dengan versi yang lebih besar dan ternyata masih tabu banget. Nah semenjak aku sharing tentang Aurora, orang-orang jadi semakin terbuka," ujarnya.

"Kegiatan Aurora yang aku share juga pas dia lagi happy, bukan yang dia lagi nangis. Jadi bikin semuanya juga happy saja," ungkapnya lagi.

7. Cara menanggapi komentar negatif dari keluarga dan netizen

7. Cara menanggapi komentar negatif dari keluarga netizen
Instagram.com/namiramonda

Komentar negatif dari netizen dan keluarga memang tak bisa dipungkiri lagi. Untuk menanggapinya, ternyata Namira memiliki cara tersendiri.

"Kalau keluarga paling ngomong pelan-pelan. Kalau masalahnya dari keluarga aku, aku yang ngomong. Kalau dari keluarga Papanya, ya Papanya yang ngomong," jelasnya.

"Kalau netizen, awal-awalnya memang banyak komentar negatif karena mereka juga biasanya liatnya setengah-setengah. Nanggepinnya, ya aku coba jelasin dulu tapi kalau nggak ngerti juga ya mulai emosi juga. Makanya aku bikin blog untuk menjelaskan itu semua, mereka juga bisa langsung baca selengkap-lengkapnya, dari mulai perasaan aku sampai biaya pengobatan," ungkap Namira.

"Untuk menghilangkan baper paling aku cuma bisa sharing sama Papanya, jadi paling diambilnya yang positif-positif aja karena di doain sama banyak orang," tutupnya.

Nah, itulah ketujuh informasi penting terkait rencana keuangan dan pendidikan anak dengan 'perawatan khusus' a la Namira Monda.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi Mama sekalian!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!