Seorang Anak Kejang Keracunan, Usai Memakan Tanaman Hias Sang Mama

Hati-hati jika Mama memelihara tanaman hias yang satu ini di rumah!

26 Juni 2019

Seorang Anak Kejang Keracunan, Usai Memakan Tanaman Hias Sang Mama
Facebook.com/jetaime.husnul

Seorang Mama baru-baru ini menyebarkan sebuah berita mengenai tanaman hias beracun yang ternyata sering ditanam oleh sebagian orang.

Tanaman hias tersebut bernama Dumb Cane atau Daun Bahagia. Tanaman yang memiliki nama latin Dieffenbachia ternyata telah membuat anak perempuannya keracunan hingga kejang-kejang.

Pengguna Facebook, Husnolkhotimah Fahmi, membagikan ceritanya tersebut pada 14 Juni yang lalu.

Ia bercerita bahwa anaknya yang bernama Nashwa saat itu sedang bermain di luar rumah, kemudian tiba-tiba rasa ingin tahu anaknya pun muncul.

Nashwa yang malang kemudian memakan sebagian daun dari tanaman Daun Bahagia tersebut. Tidak lama kemudian, ia pun langsung kejang-kejang dan mulutnya mengeluarkan busa.

Setelah kasus tersebut menimpa sang Anak, Fahmi pun segera memperingatkan banyak orang untuk menjauhi tanaman tersebut dari anak-anak.

"Jika ada tanaman Daun Bahagia di taman rumah, persis seperti yang terlihat di foto ini, dan kamu memiliki anak kecil, maka lebih baik singkirkanlah. Karena itu beracun!" tulis Fahmil di postingan laman Facebook-nya.

Konon, Nashwa diketahui hanya memakan sedikit daun dari tanaman tersebut. Tak lama setelah itu, gadis berusia 4 tahun tersebut diketahui pulang ke rumahnya sambil menangis seperti ia sedang menderita luka parah.

Sang Mama yang curiga pun bertanya kepada Nashwa apa yang menyebabkannya sakit. Namun, gadis malang tersebut tidak mau mengungkapkan apa yang terjadi karena takut sang Mama marah.

Meski sempat tak berani jujur, akhirnya Nashwa pun mengaku bahwa ia telah memakan daun pohon Dieffenbachia. Mengetahui hal tersebut, sang Mama pun segera membawanya ke klinik terdekat.

Usai dilakukan pemeriksaan oleh dokter, diketahui Nashwa kini mengalami pembengkakan terutama di sekitar bibir.

Setalah meresepkan obat untuk mengatasi pembengkakan dan menyerap racun, Nashwa kini dilaporkan telah pulih kembali.

Mengetahui kasus di atas, Popmama.com pun mengulik aneka tanaman hias beracun lainnya yang ternyata ada di sekitar kita.

Berikut 5 daftar tanaman hias beracun yang wajib dijauhi dari anak-anak.

1. Hemlock (Conium Maculatum)

1. Hemlock (Conium Maculatum)
thisisreno.com

Familiar dengan tanaman yang satu ini?

Yup, Mama pasti pernah melihat tanaman ini di padang rumput semasa kecil dulu.

Hemlock adalah jenis tanaman liar yang cantik dan terlihat sangat indah saat ditiup ke udara.

Sekumpulan bunga-bunga putih ini memang terlihat seperti rumput liar, namun Mama harus waspada karena jenis tanaman yang satu ini mengandung senyawa alkaloid coniine yang memiliki struktur mirip seperti nikotin.

Coniine dapat mengganggu kerja sistem saraf pusat, merusak sistem pernapasan, hingga menyebabkan kematian.

2. Philodendron

2. Philodendron
plantopedia.com

Tanaman hias beracun selanjutnya adalah Philodendron. Tanaman yang satu ini memiliki daun hijau ini bentuknya hampir mirip dengan daun sirih.

Bentuk daunnya melengkung dan lancip di bagian ujungnya. Namun daun tanaman hias merambat ini memiliki racun yang dapat menyebabkan bibir, lidah, dan tenggorokan membengkak.

Editors' Picks

3. Caladium (Kuping Gajah)

3. Caladium (Kuping Gajah)
longfield-gardens.com

Hampir setiap orang memiliki jenis tanaman hias yang satu ini di rumahnya. Tak disangka, ternyata tanaman ini beracun dan berbahaya untuk anak-anak, lho.

Caladium mirip dengan rhubarb, tanaman hias yang juga masuk dalam keluarga talas dan keladi ini lebih baik dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Daun tanaman hias ini apabila tertelan oleh manusia ataupun hewan dapat menyebabkan pembengkakan pada mulut dan lidah. Efek jangka panjangnya juga akan mengakibatkan kesulitan bernapas.

4. ZZ Plant (Tanaman Dolar)

4. ZZ Plant (Tanaman Dolar)
perricoplantco.com

Tanaman Dolar adalah jenis tanaman hias yang sering ditempatkan di sudut ruangan. Namun seluruh bagian dari tanaman hias ini beracun.

Tanaman hias ini mengandung senyawa oksalat yang dapat mengakibatkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit.

Jika anak-anak tak sengaja menyentuh daun tanaman hias ini, cepatlah mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Jika tidak, anak bisa saja mengalami keracunan.

5. Sanseviera (Lidah Mertua)

5. Sanseviera (Lidah Mertua)
greenkosh.com

Lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman hias populer yang banyak ditanam dalam pot di rumah. Memiliki bentuk seperti pedang, tanaman hias ini ternyata beracun.

Meskipun kadar racun pada tanaman lidah mertua tidak terlalu tinggi, namun tetap saja berbahaya. Efek samping yang ditimbulkan dari racun tanaman ini adalah muntah-muntah dan diare.

Nah, itulah fakta terkait kasus anak keracunan akibat tanaman hias beserta beberapa daftar tanaman hias beracun lainnya. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi pelajaran bagi banyak orangtua lainnya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!