Eksklusif: Pernah Dibully, Shareefa Daanish Ajarkan Ini pada Anaknya

Pemeran Asih dalam Danur ini pernah jadi korban bully saat remaja lho!

17 Juli 2019

Eksklusif Pernah Dibully, Shareefa Daanish Ajarkan Ini Anaknya
Popmama.com/Michael Andrew

Fenomena bullying di Indonesia kini sudah memasuki level yang mengkhawatirkan. Menurut data, hingga Juni 2017, Kementrian Sosial telah menerima laporan sebanyak 117 kasus bullying yang melibatkan anak dan remaja. Jumlah ini dihitung di luar dari kasus bullying yang tidak dilaporkan.

Tak hanya menimpa anak-anak dan remaja pada umumnya, Shareefa Daanish yang dikenal sebagai bintang film Rumah Dara pun ternyata pernah mengalami pengalaman pahit seputar bullying.

Kasus bullying yang ia alami semasa remaja adalah bullying verbal, yakni bullying yang mengarah pada olokan atau julukan. Bertolak belakang dengan apa yang ia alami saat remaja, sang Anak, Raden Matahari Terbit Wirasendjaja ternyata dulu sempat memiliki kecenderungan melakukan bullying pada anak yang lebih muda darinya.

Berkaitan dengan pernyataan tersebut, tim Popmama.com pun mengulik lebih dalam lagi mengenai cerita serta pengalaman Shareefa dan Matahari terkait bullying. Untuk itu, berikut ulasan lengkapnya.

1. Pengalaman bullying yang Shareefa alami saat remaja

1. Pengalaman bullying Shareefa alami saat remaja
Popmama.com/Michael Andrew

Di beberapa pemberitaan, santer terdengar kabar bahwa Shareefa Daanish pernah alami bullying saat remaja. Hal tersebut pun telah dibenarkan olehnya.

Meski pernah alami bullying verbal, yakni bullying yang lebih mengarah kepada ejekan atau olokan, namun Shareefa tak berkecil hati.

Cobaan tersebut justru kini membuatnya bangkit hingga dapat meraih mimpinya di dunia entertainment. Ia mengaku bahwa bullying yang ia alami saat remaja dulu terjadi karena sikapnya yang tidak terbuka pada orangtua.

"Saya merasa dulu waktu kecil ada jarak antara saya dan orangtua. Dengan begitu, saya jadi ngerasa segan untuk cerita banyak hal sama orangtua saya, termasuk permasalahan saya waktu di sekolah," tandasnya.

2. Shareefa ajarkan Matahari untuk berani bicara

2. Shareefa ajarkan Matahari berani bicara
Popmama.com/Michael Andrew

Mengetahui kesalahannya yang terdahulu, kini Shareefa pun tak ingin hal tersebut terjadi pada anaknya. Oleh karena itu, Mama satu anak ini berusaha untuk terus mendidik Matahari agar selalu berani berbicara.

Tak hanya itu, sebagai orangtua, Shareefa pun mencoba untuk menjadi sahabat bagi sang Anak agar ia lebih terbuka.

"Makanya saya tuh dari sekarang bilang sama Matahari apapun yang terjadi, kamu harus cerita sama Mama dan Papa supaya kita tahu next step-nya harus ngapain. Karena kan dia masih kecil, jadi dia nggak tahu apa yang harus dilakukan, kalau dia share sama kita kan kita bisa tahu harus ngapain selanjutnya," jelas bintang film Rumah Dara yang satu ini.

Editors' Picks

3. Shareefa akui Matahari ada kecenderungan suka memukul anak yang lebih kecil

3. Shareefa akui Matahari ada kecenderungan suka memukul anak lebih kecil
Popmama.com/Michael Andrew

Beberapa anak mungkin pernah berperilaku agresif di masa pertumbuhannya, salah satu jenis perilaku agresif tersebut adalah kebiasaan memukul. Hal tersebut juga ternyata dialami oleh Matahari.

Saat diwawancarai secara eksklusif oleh tim Popmama.com, Shareefa Daanish mengungkapkan bahwa anak semata wayangnya ini memiliki kecenderungan untuk memukul anak yang lebih kecil darinya.

"Waktu usianya masih 2 atau 3 tahun, dia itu suka mukul saudaranya yang lebih kecil," ungkap Shareefa.

"Yang saya lihat, dia itu memang punya tendency lebih suka mukul ke anak yang lebih kecil dari dia. Karena dia tuh tahu anak ini lebih kecil dari dia, jadi dia bisa lebih berkuasa," tambahnya lagi.

4. Cara Shareefa cegah sang Anak jadi pelaku bullying

4. Cara Shareefa cegah sang Anak jadi pelaku bullying
Popmama.com/Michael Andrew

Mengetahui bahwa Matahari pernah memiliki kecenderungan seperti itu, maka Shareefa pun tak tinggal diam. Ia pun mencari tahu apa yang membuat sang Anak menjadi lebih agresif dengan anak-anak yang lebih kecil.

"Kelakuan itu mungkin nggak dia lihat dari kita orangtuanya, tapi dia mungkin aja lihat itu dari YouTube. Makanya kita harus tetap awasin," jelas Shareefa.

Tak hanya mengawasi tontonannya, Shareefa juga ternyata memiliki trik khusus untuk mencegah anaknya menjadi pelaku bullying.

"Saya selalu tegur dia kalau dia mukul, tapi saya nggak pernah balas dia dengan pukulan, cuma kasih tahu aja," ujarnya.

Shareefa mengaku bahwa ia lebih suka menasehati Matahari dari hati ke hati, ketimbang harus memarahinya.

"Suatu hari dia pernah cerita, waktu itu dia lagi main sama temannya, 'Mama tadi temen aku marah sama Matahari karena tadi waktu lagi main, Matahari dorong dia,' terus aku bilang 'Waktu kamu dorong, sengaja atau tidak sengaja?' terus dia jawab 'nggak, aku nggak sengaja karena kita lagi main. Tapi setelah itu dia nggak mau main lagi sama Matahari,' terus aku jelasin 'Makanya Matahari mainnya nggak boleh kasar, harus di rem. Ya gitu, kalau udah nyakitin temannya pasti nggak suka, nanti Matahari nggak punya temen,' dan semenjak itu dia mulai sadar dan sangat berpengaruh sama kehidupan sosialnya," jelas Shareefa.

Kegiatan bercerita tentang kesehariannya tersebut ternyata masih terus dilakukan oleh Shareefa dan Matahari sebelum pergi tidur.

"Biasanya sebelum tidur dia suka cerita tentang kesehariannya, tapi memang harus aku dulu yang mancing dia buat cerita," tambahnya lagi.

"Tapi over all, yang saya perhatiin di sekolah, Matahari itu anak yang manis sih sebenarnya dan saya ngobrol sama gurunya tuh dia memang nggak punya masalah untuk itu, justru dia itu anak yang penyayang ke temannya," tutup Shareefa.

Nah, itulah beberapa ulasan terkait bullying yang pernah dialami Shareefa dan hampir dilakukan oleh sang Anak.

Semoga tips mencegah anak menjadi pelaku bullying ala Shareefa dapat bermanfaat bagi Mama sekalian, ya!

#MillennialMama of the Month Edisi Juli 2019 – Shareefa Daanish
Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Fashion Stylist – Onic Metheany, Sarrah Ulfah
Asst. Stylist - Jemima Karyssa Rompies
Reporter – Sarrah Ulfah,  FX Dimas Prasetyo
Social Media - Sekar Retno Ayu
Photographer - Michael Andrew
Videographer - Ursula Natasha
Art Designer – Rama Rafael
Makeup & Hair Do – Linda Kusumadewi
Shareefa's Wardrobe - Topshop, Sare Studio
Matahari's Wardrobe - Gingersnap, Sare Studio
Location - Hotel Harris Tebet, Jakarta

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Shareefa Daanish
Millennial Mama

Shareefa Daanish

Anak harus bisa berekspresi dengan bebas

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;