Bolehkah Membersihkan Telinga Anak dengan Cotton Buds?

Membersihkan telinga anak dengan cara yang salah bisa membahayakan indera pendengarannya

18 September 2020

Bolehkah Membersihkan Telinga Anak Cotton Buds
Pexels/Karolina Grabowska

Sebagai orangtua pasti ingin anaknya tumbuh sehat. Wajar pula kalau orangtua ingin badan anaknya selalu bersih dan wangi. Sebab, badan anak yang bersih akan berdampak juga terhadap kesehatannya.

Di beberapa kesempatan, orangtua juga ingin memastikan telinga anak bersih agar terhindar dari infeksi. Namun yang jadi permasalahannya, para orangtua belum mengetahui cara membersihkan telinga anak yang benar. 

Sebagian besar menggunakan cotton buds yang umum digunakan untuk membersihkan telinga. Tapi, sudah tepatkah membersihkan telinga anak menggunakan cotton buds?

Simak ulasan Popmama.com berikut ini ya!

Editors' Picks

1. Mengapa sebagian anak memiliki kotoran telinga yang banyak?

1. Mengapa sebagian anak memiliki kotoran telinga banyak
Freepik/Master1305

Kotoran telinga adalah hal yang normal dialami oleh manusia. Kotoran telinga ini memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan telinga dari masuknya debu atau benda asing masuk ke lubang telinga bagian dalam.

Namun, dalam beberapa kejadian satu anak menghasilkan kotoran telinga yang lebih banyak dari anak lainnya. Tapi tidak perlu khawatir sebab ia akan keluar dengan sendirinya.

Selain itu, sebetulnya membersihkan bagian dalam telinga anak dengan cotton buds tidak diperlukan karena kotoran telinga itu berfungsi sebagai pembersih.

2. Membersihkan telinga anak dengan cotton buds dapat membahayakan pendengarannya

2. Membersihkan telinga anak cotton buds dapat membahayakan pendengarannya
Freepik/drobotdean

Banyak orangtua yang mencoba membersihkan telinga anak dengan cotton buds. Padahal, dengan memasukkan cotton buds ke dalam telinga anak justru akan membuat debu dan benda asing yang sudah di tangkap oleh kotoran telinga tadi menjadi masuk ke bagian dalam lubang telinga. Hal tersebut justru dapat membuat infeksi.

Kenyataan lainnya, pada sebuah studi yang ditulis dalam jurnal The Journal of Pediatrics menyimpulkan bahwa banyak kejadian anak yang tiba di ruang gawat darurat akibat membersihkan telinga menggunakan cotton buds. 

Sebab, membersihkan telinga anak menggunakan cotton buds sangat berisiko dapat merusak saluran maupun gendang telinga.

3. Mekanisme tubuh terhadap kotoran telinga

3. Mekanisme tubuh terhadap kotoran telinga
Freepik/evening_tao

Jika Mama khawatir kotoran telinga akan mengganggu kesehatan pendengarannya, percayalah bahwa tubuh manusia memiliki mekanisme sendiri untuk bisa mengeluarkan kotoran telinga dengan sendirinya.

Saat mengunyah, gerakan rahang akan mendorong kotoran telinga untuk keluar dengan sendirinya. Selain itu, lapisan kulit baru di dalam telinga juga akan mendorong keluar kotoran telinga.

Namun, di beberapa kasus khusus ada beberapa anak yang memiliki kadar kotoran telinga lebih banyak dari anak lainnya. Hal tersebut juga bisa membuat ketidaknyamanan, gangguan pendengaran, dan rasa sakit. 

Jika hal tersebut terjadi, tidak seharusnya orangtua membersihkan telinga anak dengan cotton buds. Cukup percikkan sedikit air ke telinganya saat waktu mandi yang akan membantu melonggarkannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.