Seperti Jedar, Begini Cara Merespon Jika Dapat Surat Cinta dari Anak

Jika anak memberikan surat cinta, respon seperti apa yang harus diberikan ya Ma?

4 Desember 2020

Seperti Jedar, Begini Cara Merespon Jika Dapat Surat Cinta dari Anak
Instagram.com/inijedar

El Barack Alexander, anak pertama Jessica Iskandar ini memberikan surat cinta kepada mamanya. Terlihat dalam video yang diunggah pada instagramnya, El menulisakan surat cinta dan memberikan kepada Jessica.

 “I hope that you can love me so much and i really love you so so much and you are amazing and you are the best thing that happend ever to me. I am sorry if i did anything wrong because i love you so much. Do you love me mom?” Tulis El dalam surat cinta untuk Jessica.

Respon Jessica terhadap El pun terharu karena kasih sayang El yang tulus, “Omg, El tambah besar, manis, dan mesra! Aku merasa dicintai dan itu adalah perasaan terbaik menjadi seorang ibu dengan peran ganda. Cintanya bikin aku meleleh, cinta anak usia 6 tahun terasa begitu tulus.” tulis Jessica pada caption video El menunjukan dan membacakan surat cintanya.

Apakah Mama pernah juga mendapatkan surat cinta seperti Jessica?

Jika pernah respon apa ya yang seharusnya diberikan untuk si Kecil?

Kali ini Popmama.com telah merangkum bagaimana cara merespon jika mendapatkan surat cinta dari anak. Simak baik-baik ya, Ma!

1. Membalas surat cinta anak

1. Membalas surat cinta anak
Instagram.com/inijedar

Mendapatkan surat cinta dari anak tentu ada rasa senang karena membuat Mama merasa dicintai dengan tulus. Selain itu juga ada rasa kebanggan tersendiri dalam hati jika memiliki anak dengan hati yang baik. 

Saat menemukan momen seperti itu, Mama bisa membalas surat cinta anak dengan menuliskan kembali surat cinta untuk si Kecil. Tentu anak akan senang atas balasan surat cintanya dari Mama.

Dengan menerima surat cinta dari Mama, si Kecil akan merasakan hal yang sama. Merasa senang dan dicintai oleh mamanya.

Kalimat cinta yang tulus membuat si Kecil merasa berharga. Surat cinta juga bisa membuat si Kecil menjadi semangat karena menerima kalimat sayang dari Mama.

Editors' Picks

2. Memeluk dan mencium anak

2. Memeluk mencium anak
Instagram.com/inijedar

Cara orang menunjukan kasih sayang terhadap anak pun berbeda-beda. Namun, Mama bisa memberikan pelukan dan ciuman untuk si Kecil karena rasa terima kasih setelah diberikannya surat cinta.

Dengan memeluk dan ciuman membuat si Kecil juga merasa kenyamanan yang utuh. Ia bisa merasakan dirinya dicintai karena telah berhasil menyenangkan hati sang Mama.

Respon baik dari Mama akan membuat anak semangat dan tidak akan ragu-ragu dalam menunjukkan cintanya kepada orangtua.

3. Mengapresiasi anak

3. Mengapresiasi anak
Instagram.com/inijedar

Dalam merespon surat cinta dari anak, Mama bisa memberikan apresiasi seperti kalimat positif yang membuat si Kecil senang dan termotivasi. Respon baik dari Mama pun akan sangat berpengaruh untuk perkembangan anak.

Dengan respon baik, si Kecil menjadi lebih paham mengenai bagaimana cara berekpresi yang tepat. Misal, ia membuat surat cinta dengan kata-kata yang baik untuk orangtuanya maka respon orangtuanya akan baik juga pada dirinya.

Anak jadi belajar mana kebaikan yang bisa ia lakukan dari respon yang Mama berikan. 

Jika anak sudah memahami bahwa perbuatan baik dapat diapresiasi, maka ia tidak akan ragu atau malu dalam menunjukan kasih sayangnya kepada Mama ataupun kedua orangtuanya.

4. Membalasnya dengan kalimat cinta

4. Membalas kalimat cinta
Instagram.com/inijedar

Mendapatkan surat cinta tentu akan membuat Mama senang dan bahagia. Cobalah dengan membalas surat cinta si Kecil dengan kalimat penuh kasih sayang juga. Tentu hal itu akan membuat si Kecil merasa Mama pun mencintai dirinya.

Selain itu Mama bisa juga dengan menambahkan pelukan dan ciuman. Hal ini dilakukan agar si Kecil merasa tambah dicintai dan juga membuatnya bahagia dan bersemangat.

5. Memberikan hadiah

5. Memberikan hadiah
Instagram.com/inijedar

Karena si Kecil sudah memberikan hadiah berupa surat cinta untuk Mama, maka tak ada salahnya untuk memberikan sebuah hadiah untuk si Kecil. Tak perlu hadiah mewah karena si Kecil pasti akan menghargai apapun yang diberikan oleh mamanya.

Hadiah kecil dan sederhana pun pasti akan diterima dengan suka cita oleh anak.

Hadiah untuk anak bisa berupa makanan bersama dengan menu kesukaan si Kecil, memberikan mainan kecil atau jalan-jalan bersama. Hal itu akan membuat anak gembira sekaligus bersemangat karena respon Mama yang positif.

Selain itu anak juga akan merasa dicintai dan dihargai. Nah, itulah beberapa cara merespon jika mendapatkan surat cinta dari anak yang Mama bisa Mama lakukan. Tindakan positif ini bisa membuat anak menjadi pribadi yang hangat dan penyayang lho, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.