5 Tips Seru Agar Anak Mau Minum Air Putih Lebih Banyak

Jangan sampai anak dehidrasi lho, Ma

8 November 2018

5 Tips Seru Agar Anak Mau Minum Air Putih Lebih Banyak
Freepik/freephoto

Untuk menunjang aktivitas si Kecil, mencukupi kebutuhan air harian anak adalah hal yang sangat penting. Terlebih, jika anak Mama memiliki segudang kegiatan yang menguras tenaga.

Dalam laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) disebutkan kalau kebutuhan air pada anak berbeda-beda. Semakin besar usianya maka semakin besar juga kebutuhannya. Menurut IDAI, kebutuhan air pada anak dan remaja, adalah:

Anak usia 1-3 tahun=1.300 mL air per hari,

Anak usia 4-8 tahun=1.700 mL air per hari,

Anak lelaki usia 9-13 tahun=2.400 mL air per hari,

Anak perempuan usia 9-13 tahun=2.100 mL air per hari,

Remaja lelaki 14-18 tahun=3.300 mL air per hari,

Remaja perempuan 14-18 taun=2.300 mL air per hari.

Lebih banyak minum, lebih baik? Tidak juga, karena asupan air yang berlebihan justru bisa menyebabkan gangguan keseimbangan elektrolit, khususnya penurunan kadar natrium dalam darah.

Untuk itu, disarankan agar anak minum sesuai kebutuhannya, tidak kurang namun juga tidak berlebih.

Walau sudah tahu manfaat dari memenuhi kebutuhan air harian, namun tetap saja tidak mudah untuk membuat si Kecil mau minum air putih ya, Ma.

Ada saja alasan yang ia berikan, mulai dari alasan belum haus atau masih kembung. Duh, padahal dehidrasi bisa mengganggu kesehatan dan aktivitas anak, lho.

Maka, dibutuhkan trik cerdas agar anak mau minum air lebih banyak, hingga mencukupi kebutuhan hariannya. Mama mau tahu trik seru tersebut? Simak dan ikuti 5 langkah mudah berikut ini yuk, Ma.

Hiasi minumannya dengan potongan buah

Hiasi minuman potongan buah
Freepik/Natthapon Ngamnithiporn

Beberapa iris buah tidak akan mengubah rasa minuman, namun tentu saja dapat mengubah tampilannya jadi lebih menarik. Segelas air putih memang terlihat membosankan, maka Mama bisa menghiasnya dengan beberapa iris buah segar.

Mama juga bisa mengajak anak untuk menyiapkan buah potong. Pastikan anak terlibat mulai dari memilih buah, mencucinya, mengupas, mengiris, hingga memasukkannya ke dalam gelas atau botol minum si Kecil.

Agar lebih menggoda, Mama juga bisa membekukan buahnya terlebih dahulu, baru kemudian dimasukkan ke dalam minuman.

Berikan gelas yang menarik

Berikan gelas menarik
Freepik/mrsiraphol

Terdengar sederhana, namun cara ini sangat efektif lho, Ma. Biarkan anak memilih sendiri gelas yang dianggap ‘keren’ menurutnya, dan lihat sendiri bagaimana anak menjadi semakin semangat untuk minum dengan gelas favoritnya itu.

Gelas ini juga sebaiknya selalu diletakkan di tempat yang mudah dijangkau anak, sehingga ia bisa meraihnya kapan pun ia merasa haus.

Jika anak sudah mulai bosan dengan gelas favoritnya, Mama bisa berkreasi dengan sedotan. Sekarang memang sudah banyak sedotan lucu yang bisa Mama beli, namun sedotan kreasi Mama sendiri juga menarik, kok.

Jangan lupa, ajak anak untuk berkreasi menghias sedotan. Tanpa sadar, anak pasti jadi mau minum air lebih banyak dari biasanya.

Editors' Picks

Tambahkan es dengan bentuk yang keren

Tambahkan es bentuk keren
Freepik/macrovector

Sepertinya semua anak menyukai minuman dingin! Namun minuman dingin tidak berarti harus manis, kan? Untuk menambah semangat anak agar ia mau minum air putih lebih banyak, Mama bisa memasukkan beberapa es batu berbentuk keren ke minumannya.

Cetakkan es batu dengan bentuk yang menggemaskan sudah mudah ditemui di pasaran kok, Ma. Ada yang berbentuk robot, donat, atau bahkan unicorn. Cara lainnya adalah membuat es batu berisi buah segar aneka warna.

Kapan saja anak mau minum, Mama bisa memasukkan 1 es batu ini ke minumannya. Anak pasti jadi lebih semangat minum!

Sediakan minum di semua sudut rumah

Sediakan minum semua sudut rumah
momjunction.com

Malas mengambil minum, adalah salah satu alasan anak ogah memenuhi kebutuhan air hariannya. Jika anak Mama adalah salah satu anak yang mau minum kalau disediakan Mama, maka sebaiknya Mama meletakkan air minum di semua sudut rumah.

Tidak perlu yang berukuran besar, sediakan saja air minum dalam kemasan (AMDK) ukuran gelas atau ukuran kecil 330 mL di setiap sudut yang sering dikunjungi anak.

Jika semuanya gagal, maka…

Jika semua gagal, maka…
dashofbutter.com

Coba berikan reward berupa jus favoritnya, jika si Kecil berhasil menghabiskan beberapa gelas air putih dalam sehari.

Tidak harus jus, namun bisa juga milk shake, smoothies, atau minuman sehat lainnya yang disukai anak (tapi jangan berikan soda ya, Ma).

Cara mana yang kira-kira paling ampuh untuk diberikan pada anak Mama?

Baca juga: Bahaya Dehidrasi pada Anak yang Dapat Berakibat Buruk