Cara Menyikapi Anak Perempuan yang Hobi Makeup Sejak Kecil

Jangan khawatir dulu Ma. Yuk, sikapi dengan tepat hobi si Kecil

8 Januari 2021

Cara Menyikapi Anak Perempuan Hobi Makeup Sejak Kecil
Popmama.com/Novy Agrina

Banyak hal yang dilakukan anak-anak, mungkin karena itu bakatnya maka kegiatan tersebut menjadi hobinya. Memang menyenangkan jika memiliki honi dan bisa melakukannya di rumah.

Terutama karena saat ini anak-anak sedang berada di rumah saja akibat kondisi pandemi. Lalu bagaimana jika Mama memiliki anak perempuan yang hobi makeup sejak kecil?

Apakah wajar jika si Kecil suka merias diri padahal usianya masih terlalu dini?

Sebagai seorang mama yang mempunyai anak perempuan, pasti bisa melihat adanya perubahan pada si Kecil seiring bertambahnya usia. 

Saat anak mulai menginjak usia balita, ia mulai banyak bergaya. Memakai lipstik dan sering berkaca. Bagi sebagian anak juga suka mencoba sepatu hak tingginya milik mamanya.
 
Banyak mama yang merasa khawatir atau bahkan mungkin risih melihat anaknya memiliki hobi makeup sejak kecil. 

Sebelum berpikir jauh, Mama perlu mempertimbangkan bahwa saat ini orang yang ahli merias wajah juga bisa menjadi hal positif lho. 

Anak bisa saja jadi terkenal dengan mengunggah hasil video makeupnya atau bahakan ketika besar dia menjadi Makeup Artist dan menghasilkan uang dari kegiatan yang disukainya.

Lalu bagaimana menyikapinya? Berikut Popmama.com telah merangkum cara menyikapi anak perempuan yang hobi makeup sejak kecil.

Editors' Picks

1. Dampingi anak saat melalui proses belajar meniru

1. Dampingi anak saat melalui proses belajar meniru
Dok. Amara Kids

Anak akan memantau dan mempelajari apa yang mereka lihat. Dari pantauan di sekitarnya itulah ia akan mulai proses belajar meniru.

Dr. Denrich Setiyadi, seorang Psychologist & Parenting Expert dalam acara Parenting Talk bersama Amara Kids Cosmetics pada Minggu (27/12/2020) mengatakan bahwa pada usia 5-8 tahun apa yang dilakukan anak-anak semanta-mata hanya merupakan bentuk permainan peran. Lalu peran yang mereka tiru biasanya adalah sosok yang paling dekat atau paling ia kagumi.

Untuk itu penting menciptakan lingkungan yang positif bagi anak. Termasuk bagi orangtua, juga perlu mencontohkan dan memperlihatkan hal yang baik. 

Mama tidak perlu khawatir jika anak suka merias diri. Justru menurut keterangan pembicara Mama perlu sedikit berbangga karena itu artinya anak tumbuh dengan cerdas.

Selain itu, jika anak meniru gaya mama maka itu artinya Mama sosok yang dikagumi oleh si Kecil sehingga anak suka meniru apa yang Mama sering lakukan.

Mama hanya perlu menasehati anak agar berdandan tidak berlebihan.

2. Memberikan dukungan moral pada hobi si Kecil

2. Memberikan dukungan moral hobi si Kecil
Dok. Amara Kids

Jika sekarang ini si Kecil lagi senang berdandan, biarkan saja anak mama melakukan hal yang disenanginya. Selama produk yang dipakai adalah produk yang aman bagi anak-anak dan dibuat memang khusus untuk anak-anak, rasanya Mama tidak perlu cemas.

Agar kulit anak tetap sehat, Mama bisa siapkan produk yang sudah tersertifikasi BPOM. Penting untuk memberi dukungan dengan melengkapi makeup anak seperti yang telah tersedia, ini bisa menambah koleksi anak.

Biasanya alat makeup juga mudah hancur, pilih yang tidak mudah hancur atau patah dan lengkap variasinya seperti koleksi Amara Kids, lipstik, bedak atau nail polish yang bahannya aman.

3. Luangkan waktu untuk bonding dengan anak

3. Luangkan waktu bonding anak
Freepik/Racool_studio

Ketika anak sedang melakukan hobinya, dampingi yuk Ma. Bermain makeup bersama si Kecil bisa menjadi momen bonding yang menyenangkan pastinya.

Sambil menambah kedekatan Mama dengan anak, makeup juga bisa melatih kemampuan motorik anak. Setelah itu ia juga bisa belajar mengombinasikan warna antara pilihan warna yang satu dengan yang lainnya di palet makeup yang tersedia.

Hal yang tidak boleh terlupa adalah anak harus membersihkan kembali setelah bermain makeup. Nah, dari awal hingga akhir Mama bisa terus bersama si Kecil.
Mama bisa bantu si Kecil membersihkannya dengan dibilas air atau diusap dengan baby oil.

Itulah tadi cara menyikapi anak yang hobi makeup sejak kecil. Jangan khawatir lagi ya Ma, karena hobi ini Bisa dimanfaatkan agar Mama semakin dekat dengan si Kecil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.