Tak Disangka, 10 Bunga Ini Bermanfaat untuk Kecantikan Wajah

Bunga merupakan bahan alami yang aman untuk kulit

19 Februari 2020

Tak Disangka, 10 Bunga Ini Bermanfaat Kecantikan Wajah
Pexels/Renato Abati

Bahan-bahan alami dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kecantikan wajah. Hal ini karena bahan alami cenderung lebih aman digunakan dalam perawatan sehingga banyak dipilih. Seperti bunga, tak hanya memiliki warna-warni cantik dan aroma yang menarik. Bunga juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan.

Bunga memiliki beberapa kandungan zat yang dapat merawat kulit. Penggunaan bunga-bunga sebagai bahan alami ini telah dimanfaatkan dalam beragam produk kecantikan. Terutama produk perawatan kulit. Namun, sebenarnya apa saja sih bunga yang dapat dimanfaatkan untuk kecantikan?

Berikut Popmama.com jelaskan beberapa jenis bunga yang memiliki kandungan baik bagi kulit wajah. Dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mawar dapat melembapkan wajah

1. Mawar dapat melembapkan wajah
Pexels/Rodolfo Clix

Mawar menjadi bunga yang paling populer sebagai bahan alami bagi kecantikan. Tak dapat dipungkiri karena ekstrak mawar cenderung aman bagi seluruh jenis kulit. Namun, fungsi utamanya adalah melembapkan wajah yang kering.

Kulit yang berjerawat juga dapat diatasi dengan bunga ini. Mawar memiliki khasiat antiseptik, antiinflamasi, dan astringen yang dapat meredakan iritasi atau luka, seperti kemerahan pada kulit.

Kamu bisa membuat ekstrak air mawar dan gunakan sebagai toner untuk menyegarkan wajah. caranya, dengan merebus kelopak mawar yang telah dicuci bersih selama 20-30 menit. Jika sudah mendidih, saring, dan dinginkan air mawar.

2. Melati menenangkan wajah yang iritasi

2. Melati menenangkan wajah iritasi
Unspash/Helena Munoz

Melati menjadi bahan alami yang dapat menenangkan dan melembapkan kulit sehingga tidak akan menyebabkan iritasi. Meskipun dapat melembapkan, tetapi melati tidak membuat kulit berjerawat.

Selain itu, penggunaan melati sebagai perawatan kulit juga tidak akan menyumbat pori-pori wajah. Sifat antibakterinya justru membantu membersihkan noda, seperti bekas jerawat atau luka.

Untuk menjadikan melati sebagai perawatan kulit, campurkan 20 kuntum bunga melati dengan asam kawak, belerang, dan air jeruk nipis. Cuci semua bahan dan tumbuk hingga halus menjadi pasta. Aplikasikan pada wajah sebagai masker selama 10-15 menit.

3. Calendula mempercepat penyembuhan radang

3. Calendula mempercepat penyembuhan radang
Instagram.com/cal.sargantana

Calendula telah banyak digunakan sebagai bahan dalam produk kecantikan. Hal ini karena minyak calendula memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat menenangkan kulit yang iritasi. Calendula juga merupakan antiseptic yang dapat bantu mempercepat penyembuhan luka maupun jerawat. Tak hanya itu, calendula bisa menjaga kelembapan kulit.

Cara menggunakannya, yaitu dengan mengolah calendula menjadi minyak. Campurkan bunga calendula secukupnya dengan 1 cangkir minyak zaitun dan 2 kapsul minyak vitamin E.

Kemudian, masukkan ke dalam botol kaca dan tutup rapat. Simpan selama 2 minggu di tempat gelap, tetapi kocok botol setiap hari. Setelah 15 hari, saring minyak ke dalam botol kaca lain yang bersih.

4. Lavender menenangkan kulit yang gatal

4. Lavender menenangkan kulit gatal
Unsplash/Richárd Ecsedi

Bunga cantik berwarna ungu ini dapat membantu kulit terhindar dari kulit yang berminyak sehingga bebas jerawat. Lavender juga dapat membantu kurangi kemerahan dan menenangkan kondisi kulit yang gatal atau kering.

Biasanya, bunga lavender ini diolah dalam bentuk minyak sehingga dapat digunakan sebagai perawatan wajah. Minyak lavender akan menyerap dengan cepat dan nutrisi baiknya dapat membantu proses perawatan kulit dengan baik.

Cara membuat minyak lavender, yaitu dengan merendamnya dalam minyak tanppa aroma di wadah kaca kecil. Kemudian, tutup rapat dan diamkan selama 48 jam. Namun, perlu dikocok setiap 12 jam sekali. Setelah 48 jam, saring minyak dan pindahkan dalam botol kaca lain yang bersih.

5. Anggrek mengurangi tanda penuaan

5. Anggrek mengurangi tanda penuaan
Pexels/Negative Space

Bagi pemilik kulit kering, perawatan yang diperkaya dengan bahan alami dari bunga anggrek mungkin dapat membantu. Ekstrak bunga anggrek dapat memberikan kelembapan pada wajah.

Kandungan mineral alami pada anggrek, seperti kalsium, zinc, dan magnesium yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Anggrek juga dapat mengatur pigmentasi kulit sehingga warnanya merata dan kulit menjadi lebih halus.

Biasanya, anggrek dimanfaatkan sebagai perawatan wajah dengan campuran minyak kelapa dan diolah menjadi scrub. Scrub wajah dari anggrek ini akan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati sehingga wajah lebih halus nan cerah.

Editors' Picks

6. Bunga matahari melindungi kulit dari sinar UV

6. Bunga matahari melindungi kulit dari sinar UV
Pexels/Designecologist

Bunga matahari sebagai perawatan kulit biasanya digunakan dalam bentuk minyak. Minyak bunga matahari ini memiliki sifat emolien yang membantu kulit dalam mempertahankan kelembapannya. Vitamin E yang dikandung juga dapat menjadi sumber antioksidan sehingga melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV.

Selain vitamin E, bunga matahari juga diperkaya vitamin A,C, dan D yang membuatnya efektif dalam pengobatan jerawat. Kandungan asam lemaknya pun dapat membersihkan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Biasanya bunga matahari diolah menjadi minyak sehingga dapat digunakan sebagai perawatan kulit. Namun, cara membuatnya cukup rumit karena yang diolah adalah bagian bijinya. Tak perlu khawatir, kini minyak biji bunga matahari alami sudah banyak di pasaran sehingga lebih mudah ditemukan.

7. Teratai kaya akan antioksidan

7. Teratai kaya akan antioksidan
Pexels/Pixabay

Lotus atau teratai memiliki kandungan berupa vitamin C, B kompleks, dan beragam mineral yang bermanfaat bagi kulit wajah. Sifat antioksidannya dapat membuat kulit ternutrisi dengan baik dan lebih cerah.

Bunga teratai juga bisa mengontrol produksi minyak berlebih, tetapi bisa menjaga kelembapan, dan meningkatkan elastisitas kulit. Tak hanya itu, bunga teratai juga diperkaya vitamin A yang dapat mengurangi peradangan pada kulit sehingga cocok untuk penyembuhan jerawat.

Biasanya teratai ini dijadikan masker wajah. Caranya dengan mencampurkan bubuk bunga teratai, lidah buaya, air mentimun, telur, dan gula pasir secukupnya. Setelah diaduk dan menjadi pasta, aplikasikan pada kulit wajah yang telah dibersihkan secara merata. Pijat dengan lembut selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih.

8. Bunga sepatu meningkatkan elastisitas kulit

8. Bunga sepatu meningkatkan elastisitas kulit
Pexels/Renato Abati

Bunga sepatu atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Hibiscus rosa-sinesis ini merupakan bahan alami untuk melawan penuaan di kulit. Hal ini karena bunga sepatu dapat membantu tingkatkan elastisitas kulit sehingga memberikan dorongan regenerasi sel-sel kulit yang baru.

Selain mencegah penuaan, bunga sepatu juga dapat membantu kurangi bintik-bintik hitam pada wajah. Bunga sepatu akan mempercepat pergantian sel dan menghasilkan warna kulit yang lebih merata.

Caranya, siapkan 5 kuntum bunga sepatu, 5 lembar daun bunga sepatu, dan minyak zaitun. Tumbuk bunga dan daun bunga dan masukkan ke dalam panic yang berisi air. Tambahkan minyak zaitun dan aduk hingga rata. Setelah mendidih dan dingin, saring air dan oleskan ekstrak ini pada wajah dengan bantuan kapas atau cotton bud.

9. Chamomile bantu mencerahkan wajah

9. Chamomile bantu mencerahkan wajah
Unsplash/Semen Borisov

Chamomile dikenal sebagai bahan alami untuk meremajakan kulit. Chamomile diperkaya dengan alfa-bisabolol, chamazulene, dan apogenin, tiga senyawa yang dapat mencerahkan kulit wajah.

Selain bermanfaat untuk kulit, chamomile juga cenderung aman bagi beragam jenis kulit. Hal ini karena chamomile memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mencegah dan mengurangi peradangan serta iritasi sehingga bisa menenangkan kulit.

Chamomile dapat dijadikan sebagai masker, caranya dengan merebus bunga chamomile dan campur bersama madu serta lemon. Buat menjadi pasta dan aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air bersih.

10. Witch hazel mengurangi produksi minyak

10. Witch hazel mengurangi produksi minyak
Instagram.com/christophhowell

Witch hazel diperkaya dengan tanin dan polifenol yang dapat membantu untuk mengembalikkan kerusakan sel, mengurangi peradangan serta pembengkakkan, dan menenangkan luka. Tanin juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah sehingga kulit terhindar dari jerawat.

Sifat antioksidannya membantu kulit terlindungi dari kerusakan DNA yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Jadi, witch hazel bisa menenangkan peradangan saat kulit iritasi, mencegah jerawat, dan mengurangi pembengkakan.

Caranya, siapkan ekstrak witch hazel dengan daging buah semangka yang telah dihaluskan. Campurkan kedua bahan hingga merata. Kemudian, masukkan ke dalam botol kaca yang memiliki tutup rapat. Gunakan toner ini dengan bantuan kapas, diamkan beberapa saat, dan bilas dengan air.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.