5 Cara Memilih Moisturizer yang Tepat untuk Kulit Kering

Perhatikan kandungan produk moisturizer untuk menghindari iritasi kulit

24 Januari 2020

5 Cara Memilih Moisturizer Tepat Kulit Kering
Pexels/Min An

Perempuan memiliki kondisi kulit yang berbeda, salah satunya kulit kering. Kulit wajah kering biasanya ditandai dengan adanya tekstur kasar saat disentuh, sedikit mengelupas dan bersisik.

Kulit kering yang terjadi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti cuasa panas atau dingin, kelembapan rendah di udara, atau kulit mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan pada tubuh atau penggunaan skin care yang terlalu keras.

Kulit kering cenderung kekurangan produksi minyak alami yang menciptakan sebum pada kulit. Sebum ini berfungsi menjaga kulit terhidrasi dan melindungi sel kulit dari serangan infeksi.

Kulit kering yang kekurangan sebum ini menyebabkan kulit tampak kusam dan kasar. Untuk mengatasi kulit wajah yang kering, dibutuhkan skin care yang dapat melembapkan.

Caranya, dengan memilih pelembap atau moisturizer yang tepat. Jika kamu termasuk pemilik kulit wajah kering, sebaiknya pilih pelembab yang memiliki formula khusus sehingga dapat mengunci kelembapan pada kulit.

Kulit lembap ini akan mengurangi pengelupasan serta dapat menghaluskan tekstur kulit yang kasar. Agar kamu tidak salah pilih, yuk ketahui cara memilih moisturizer yang tepat untuk kulit keringmu. Berikut Popmama.com rangkum selengkapnya dari berbagai sumber:

1. Teliti memilih komposisi produk yang tepat

1. Teliti memilih komposisi produk tepat
Pexels/Linda Prebreza

Komposisi dalam produk moisturizer dapat memengaruhi kulit kering saat digunakan. kesalahan memilih produk tidak hanya membuang uang sia-sia, tetapi juga mungkin bisa memicu iritasi.

Maka, penting untuk kamu meneliti komposisi produk moisturizer. Sebaiknya, pilih jenis moisturizer yang cukup berat yang mengandung banyak antioksidan dan emolien yang dapat menghaluskan kulit.

Moisturizer untuk kulit kering juga sebaiknya diperkaya vitamin A, E, dan C yang berfungsi meningkatkan kesehatan kulit.

Vitamin ini bekerja dan membantu kulit meningkatkan tekstur secara keseluruhan sehingga menjadi lebih lembut.

Kamu dapat memilih moisturizer dengan bahan pelembap alami, seperti minyak zaitun, jojoba oil, avocado oil, dan shea butter.

2. Hindari bahan-bahan yang menyebabkan iritasi

2. Hindari bahan-bahan menyebabkan iritasi
Pexels/Mareefe

Kulit kering cenderung sensitif dan mudah iritasi, untuk menghindari hal tersebut maka kamu perlu berhati-hati dalam memilih produk.

Kamu perlu menghindari beberapa kandungan dalam moisturizer, seperti alkohol dan wewangian. Mengingat ada beberapa alkohol yang aman untuk kulit, sebaiknya kamu memilih produk yang menempatkan alkohol di bagian bawah komposisi. Hal ini berarti alkohol yang digunakan dalam produk hanya dalam kadar yang sedikit.  

Adanya alergi atau iritasi kulit bisa disebabkan juga oleh tambahan wewangian dalam produk.  Wewangian dapat memicu kulit semakin kering dan bersisik. Hindari juga moisturizer dengan kandungan benzoil peroksida, sebuah zat yang dapat membantu menyembuhkan jerawat. Meskipun menenangkan jerawat, benzoil peroksida ini juga dapat membuat kulit keringmu semakin buruk.

Editors' Picks

3. Tambahan SPF bantu jaga kulit dari sinar UV

3. Tambahan SPF bantu jaga kulit dari sinar UV
Pexels/Pixabay

Seperti yang diketahui, paparan sinar UV dari matahari yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Maka, sebaiknya memilih produk moisturizer yang diperkaya dengan SPF sebagai pelindung dari sinar UV. Tidak hanya dapat mengunci kelembapan, SPF juga dapat mencegah penuaan dini dan mengurangi kulit mengelupas.

Pilih lah moisturizer dengan tambahan SPF yang cukup tinggi, semakin tinggi angka SPF maka akan semakin kuat perlindungan kulit terhadap sinar UV. Saat musim dingin, moisturizer dengan tambahan SPF 15 dapat menjadi perlindungan memadai.

Sedangkan saat musim panas gunakan moisturizer dengan tambahan SPF 30. Jika beraktivitas di luar ruangan dan terpapar matahari langsung yang cukup lama, sebaiknya kamu rutin mengaplikasikan kembali moisturizer dengan kandungan SPF tersebut. Hal ini dapa mengurangi risiko kulit yang terbakar akibat sinar matahari.

4. Jenis moisturizer cream cocok untuk kulit kering

4. Jenis moisturizer cream cocok kulit kering
Pexels/Moose Photos

Pemiliki kulit kering sebaiknya memilih moisturizer berbentuk cream. Hal ini dikarenakan cream lebih berat dan lebih kaya kandungan dibandingkan dengan moisturizer berbentuk lotion yang cair.

Tekstur cream yang lebih lengket dapat bertahan lebih lama sehingga membantu menjaga kelembapan dengan baik pada kulitmu yang kering. Meskipun demikian, moisturizer dengan bentuk cream ini tetap nyaman digunakan sehari-hari, lho.

Selain jenisnya, pemilik kulit kering sebaiknya memilih moisturizer dengan wadah berupa botol atau tube. Hindari memilih produk dengan wadah jar karena kurang higienis dalam pemakaiannya.

Penggunaan wadah jar membuat kamu menyentuh produk secara langsung berulang kali. Hal ini bisa saja mendatangkan bakteri dari luar sehingga mengontaminasi produk yang ada di dalam wadah.  

5. Pengaplikasian produk dengan tepat membantu hasil maksimal

5. Pengaplikasian produk tepat membantu hasil maksimal
Pexels/Shiny Diamond

Setelah menemukan produk moisturizer yang tepat untuk merawat kulit kering, kamu perlu memerhatikan cara penggunaan. Pengaplikasian moisturizer harus dilakukan dengan baik dan benar sehingga dapat bekerja maksimal. Bersikap lah dengan lembut dan hati-hati saat memakai moisturizer pada wajah.

Hindari menggosok kulit terlalu keras karena akan membuat gesekan yang menyebabkan kadar air menguap. Menarik kulit ke bawah juga dapat menyebabkan keriput dini dan bahkan kulit kendur seiring waktu.

Sebaiknya, mengaplikasikan moisturizer dengan gerakan melingkat ke atas pada wajah. Ketika sampai pada bagian mata, cukup tepuk-tepuk moisturizer menggunakan jari manis dengan lembut.

Tunggu beberapa saat hingga menyerap sebelum mengaplikasikan produk skin care lainnya. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya dengan rutin, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.