Penting! Harus Perhatikan Hal Ini Sebelum Lakukan Perming Hair

Hal ini dapat meminimalisir kerusakan rambut akibat perming

21 Januari 2020

Penting Harus Perhatikan Hal Ini Sebelum Lakukan Perming Hair
Unsplash/Fineas Grave

Perempuan cenderung memerhatikan penampilannya. Hingga tidak heran jika beragam perawatan dilakukan. Mulai ujung kaki hingga ujung kepala, termasuk bagian rambut. Namun, tidak semua perempuan memiliki bentuk rambut yang sama, akan tetapi rambut yang sehat dan kuat selalu menjadi hal yang diidamkan.

Bagi sebagian orang yang terlahir dengan bentuk rambut lurus dan panjang mungkin merasa bosan dengan tampilan yang itu-itu saja. Jika kamu mengalaminya, mungkin kamu akan tertarik mengubah gaya rambut agar penampilan terkesan berbeda dari sebelumnya.

Mengganti warna rambut mungkin saja menjadi hal biasa untuk dilakukan, maka kamu bisa memilih perming rambut untuk mendapatkan gaya rambut baru.

Apa sih perming rambut itu?

Perming rambut merupakan perawatan rambut dengan menggunakan bahan kimia sehingga rambutmu keriting selama beberapa waktu.

Secara kimiawi, serat rambut akan diubah sehingga menciptakan tekstur rambut ikal atau bergelombang. Teknik perming rambut ini biasanya dilakukan dengan cara mengoleskan produk kimia berupa lotion pengeriting pada setiap batang rambut.

Kemudian, lotion tersebut didiamkan selama beberapa saat, lalu dibilas dan dikeringkan. Penggunaan lotion pengeriting ini biasanya disertai dengan produk penetral sehingga hasil pengeritingan dapat sesuai yang diinginkan.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk perming rambut. Ada baiknya mengetahui beberapa hal terkait perming rambut agar tidak salah langkah.

Berikut Popmama.com berikan beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum perming rambut yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Proses dan waktu bertahan hasil perming

1. Proses waktu bertahan hasil perming
Unsplash/Allie Smith

Ketika telah memutuskan perming rambut, kamu harus siap berada di salon kecantikan setidaknya selama 2-3 jam untuk prosesnya.

Proses ini bergantung pada seberapa tebal rambut dan seberapa cepat penata rambutmu bekerja. Perhatikan dengan cermat bagaimana proses perming. Jika kamu merasa tidak nyaman, seperti ikal rambut yang terlalu kuat. Bicara lah dengan penata rambutmu sehingga hasilnya sesuai dengan keinginan.

Waktu bertahan hasil perming rambut bergantung pada kondisi rambut kamu sehingga hasil orang lain tidak dapat menjadi patokan utama.

Jika kamu memiliki rambut pendek dan sering dipotong, hasil perming dapat bertahan hingga 4 bulan lamanya. Namun, jika kamu memiliki rambut panjang, hasil perming rambut dapat bertahan lebih lama, yaitu 6-8 bulan.

Waktu bertahannya hasil perming rambut akan maksimal jika rambut kamu masih alami dan belum pernah diwarnai. Hal ini karena rambut alami cenderung lebih sehat dan kuat sehingga dapat bertahan dengan perming lebih lama.

2. Perming dapat memicu kerusakan rambut

2. Perming dapat memicu kerusakan rambut
Pexels/Skitter Photo

Mengingat proses perming rambut dilakukan dengan produk kimia, kamu mungkin akan berpikir bahwa hal ini dapat memicu kerusakan rambut. Hal ini dikarenakan struktur dan serat rambut mengalami pengubahan. Penggunaan produk perming yang salah mungkin dapat menyebabkan rambut rapuh dan timbul kerusakan serius.

Rambut yang telah diperming memang bisa saja mengalami kerusakan jika perawatannya tidak diperhatikan. Perawatan yang dilakukan dengan profesional dan tepat akan menurunkan risiko kerusakan pada rambut. Jika kamu ingin melakukan perawatan rambut yang telah diperming, sebaiknya memilih produk sampo dan kondisioner khusus rambut keriting. Sebaiknya, kamu juga rutin menggunakan masker rambut agar kelembapan dan kesehatan rambut terjaga.

Editors' Picks

3. Perhatikan kondisi rambut sebelum proses perming

3. Perhatikan kondisi rambut sebelum proses perming
Pexels/George Sistonen

Perlu diketahui juga bahwa tidak semua jenis rambut cocok untuk diperming. Kamu perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan penata rambut di salon tentang perawatan dan jenis perming yang tepat. Dengan demikian, kamu dapat menemukan solusi mengenai jenis produk perming yang sesuai kebutuhan rambut.

Jika kamu memiliki rambut yang dihighlight atau jenis rambut yang kering, mungkin tidak cocok melakukan perming. Highlight rambut yang terlalu putih mungkin berdampak pada kerusakan kutikula sehingga rambut akan kusut. Jenis rambut yang kering juga berpotensi mengalami kerusakan lebih tinggi karena produk perming dapat membuat rambut semakin kering.

Namun, jika rambut kamu telah diwarnai, perming rambut mungkin lebih aman dibandingkan dengan perming pada rambut highlight. Sebaiknya, perming rambut dilakukan setelah melakukan 2-3 minggu pewarnaan rambut.

Kamu juga perlu mempersiapkan kondisi rambut dengan baik setidaknya selama 24 jam sehingga rambut dapat rileks sebelum mendapatkan proses perming.

4. Ketahui teknik perming rambut

4. Ketahui teknik perming rambut
Pexels/Engine Akyurt

Dilansir dari Foxesden, proses perming rambut dilakukan dengan bahan kimia dan teknik yang cukup rumit sehingga harus dilakukan oleh bantuan professional di salon. Teknik perming dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu perming panas, perming dingin, dan perming root. Untuk mendapatkan rambut keriting yang tepat, kamu perlu mengetahui ketiga tekning perming ini.

Teknik perming panas menggunakan larutan asam sebelum rambut dipanaskan sehingga ikatan disulfida terputus. Hal ini memungkinkan rambut untuk dibentuk menjadi keriting sesuai keinginan.

Perming panas membutuhkan lebih sedikit perawatan. Hasil akhir perming panas ini akan membuat ikal lebih menonjol saat rambut kering, dan ketika rambut basah ikal akan lebih longgar.

Di sisi lain, teknik perming dingin menggunakan larutan alkali yang mengandung ammonium thiogylcolate untuk memutus ikatan disulfida yang sama untuk mengubah strukur protein pada rambut.

Setelah itu, rambut akan diberikan larutan penetral agar pH kembali normal. Perming dingin ini lebih terjangkau dan meminimalisir kerusakan. Sebaliknya, perming dingin membuat ikal lebih menonjol saat rambut basah dan ikal akan longgar ketika rambut kering.

Di antara kedua teknik perming tersebut, ada pilihan tengah yang dapat kamu ambil dalam melakukan perming. Teknik ini dinamakan perming root. Teknik ini hanya menggunakan produk kimia pada rambut dengan jarak 2-4 inci dari kulit kepala sehingga meminimalisir kerusakan rambut akibat proses kimiawi.

5. Perhatikan perawatan rambut perming

5. Perhatikan perawatan rambut perming
Pexels/Elemen5 Digital

Perawatan rambut keriting akan berbeda dengan rambut lurusmu dulu. Rambut keriting setelah perming membutuhkan cara yang lembut. Agar rambut ikal barumu tetap sehat dan bersinar, lakukan perawatan yang tepat dan aman.

Pilih produk perawatan rambut, seperti sampo, kondisioner, dan masker rambut dengan formulasi khusus bergelombang atau keriting. Sebaiknya, gunakan produk yang dapat meningkatkan fleksibilitas, elastisitas, dan hidrasi agar rambut terhindar dari kekeringan atau rontok.

Ketika sehabis mencuci rambut, usahakan untuk membiarkannya kering secara alami atau gunakan handuk yang berserat halus.

Jika ingin menggunakan hair dryer, berhati-hatilah memilih suhu. Jangan yang terlalu panas sehingga menyebabkan rambut  rusak dan terbakar.

Selain itu, perhatikan untuk melindungi rambut dari sinar matahari langsung yang terik. Gunakan topi atau payung ketika beraktivitas di luar ruangan sehingga rambut tetap terjaga. Kini, dengan mengetahui hal-hal penting di atas kamu akan lebih siap melakukan perming rambut.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.