Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi Secara Alami Tanpa Botox

Menghilangkan kerutan di dahi bisa dengan cara-cara berikut ini lho

22 November 2022

7 Cara Menghilangkan Kerutan Dahi Secara Alami Tanpa Botox
Freepik/Valuavitaly

Kerutan di dahi sering kali menurunkan rasa percaya diri, terutama bagi kaum hawa. Kekhawatiran tampak tua juga timbul, apalagi jika kerutan di dahi muncul saat umur belum genap 40 tahun.

Pasalnya, kerutan di dahi adalah salah satu tanda penuaan yang umumnya muncul umur 40-50 tahun secara alami. Akibatnya, tak sedikit perempuan yang melakukan perawatan kulit rutin untuk mencegah ataupun menghilangkan kerutan di dahi.

Jika kamu sudah mengalami masalah kulit di wajah tersebut, coba ikuti cara berikut ini. Pada dasarnya, cara ini mengedepankan gaya hidup sehat sekaligus perawatan rutin yang cukup efektif.

Alih-alih langsung beralih ke penggunaan botox, cobalah cara alami ini. Nah, bagaimana cara menghilangkan kerutan di dahi secara alami?

Simak ulasan Popmama.com berikut, ya.

1. Gunakan sunscreen setiap hari

1. Gunakan sunscreen setiap hari
Freepik/Rawpixel.com

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang pertama adalah menggunakan tabir surya setiap hari.

Dilansir Healthline, cara ini dapat menjaga kulit wajah dari paparan sinar UV matahari secara langsung. Radiasi sinar ultraviolet dapat mempercepat kerusakan kolagen.

Meski cuaca mendung atau berawan, ada baiknya tetap menggunakan tabir surya atau sunscreen. 

Untuk pemilihan sunscreen, utamakan merek dengan kandungan minimal SPF 30. Kandungan tersebut efektif melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. 

2. Gunakan pelembap wajah (moisturizer)

2. Gunakan pelembap wajah (moisturizer)
Freepik/Jcomp

Selain menggunakan tabir surya setiap hari, cara menghilangkan kerutan di dahi adalah dengan menggunakan moisturizer sebanyak tiga kali dalam sehari. Pelembap wajah dapat menjaga kulit tetap lembap.

Munculnya kerutan di dahi disebabkan oleh kulit yang dehidrasi. Akibat kekurangan cairan, muncul garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata dan dahi.  

Sementara itu, pelembap wajah dapat menghidrasi kulit dengan efektif. Biasanya, pelembap wajah mengandung nutrisi yang dapat mengenyalkan kulit juga.

Editors' Picks

3. Selalu penuhi cairan tubuh

3. Selalu penuhi cairan tubuh
Freepik/Svetlanasokolova

Supaya kulit wajah tetap terhidrasi, jangan mengandalkan pelembap saja, ya. Pastikan kamu juga mencukupi kebutuhan cairan tubuh, salah satunya dengan minum air putih secara rutin. 

Mengapa harus menjaga cairan tubuh? Ternyata, kulit yang kering cenderung membuat kerutan terlihat atau menonjol. Apabila kulit terhidrasi dengan baik, maka kerutan tidak mudah tampak di dahi.

Jadi, cara menghilangkan kerutan di dahi yang cukup efektif adalah dengan minum air putih yang cukup. Jika ingin menambah sensasi dan rasa, kamu bisa menambahkan perasan lemon atau buah sebagai infused water.

Selain menyegarkan, kandungan buah akan makin melengkapi nutrisi kulit wajah.

4. Jaga pola makan seimbang

4. Jaga pola makan seimbang
Freepik/Schantalao

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang ampuh tidak lepas dari pola makan. Dilansir Healthline, dalam sebuah penelitian tahun 2007, pola makan dapat mencegah ataupun menghilangkan penuaan kulit. 

Misalnya, asupan nutrisi vitamin C dapat mengurangi risiko kulit kering. Untuk itu, sebaiknya makan makanan yang bergizi, salah satunya yang mengandung vitamin C. Bukan hanya itu saja, kandungan vitamin C ternyata dapat menghilangkan kerutan ataupun keriput. 

Selain itu, hindari diet tinggi lemak dan karbohidrat. Diet tersebut justru dapat menimbulkan kerutan, seperti kerutan di dahi.

5. Mengelola stres

5. Mengelola stres
Freepik/Freepik

Mengelola stres sering kali dianggap sepele. Padahal, stres bukan hanya memengaruhi kestabilan mental lho. Stres yang tidak dikelola dengan baik juga berdampak buruk pada tubuh dan kulit. 

Apabila tidak ditangani dengan tepat, stres juga memicu kerutan di dahi. Dilansir Healthline, hormon stres ternyata dapat menurunkan produksi kolagen yang berfungsi dalam menjaga kesehatan kulit.

Di sisi lain, ekspresi wajah saat stres juga rentan menyebabkan kerutan di dahi. Contohnya adalah ekspresi wajah seperti mengerutkan alis.

Untuk itu, cara menghilangkan kerutan di dahi adalah dengan mengelola stres secara benar. 

Setiap orang memiliki cara mengelola stres yang berbeda. Namun, berikut beberapa kegiatan positif yang dapat mengurangi tingkat stres:

  • Melakukan meditasi
  • Berolahraga secara rutin
  • Tidur yang cukup
  • Journaling
  • Berkonsultasi dengan psikolog, dan sebagainya.

6. Jaga hidup sehat dan jangan merokok

6. Jaga hidup sehat jangan merokok
Freepik/Jcomp

Cara menghilangkan kerutan di dahi selanjutnya adalah memulai hidup sehat dan menghentikan kebiasaan merokok.

Dilansir Healthline, bahan kimia yang ada dalam asap tembakau dapat mengurangi kolagen. Bahkan, kandungan tersebut dapat merusak kelenturan kulit wajah. Akibatnya, wajah mudah mengalami penuaan dini dan kerutan di dahi.

Jadi, dapat disimpulkan, merokok memiliki dampak negatif pada tubuh. Selain meningkatkan risiko kanker paru-paru, emfisema, dan penyakit jantung, merokok dapat merusak kesehatan kulit.

7. Bahan alami yang bisa menghilangkan kerutan di dahi

7. Bahan alami bisa menghilangkan kerutan dahi
Freepik/Racool_studio

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang terakhir adalah dengan mengoleskan bahan-bahan alami sebagai masker wajah.

Manfaat bahan-bahan ini memang belum teruji secara klinis, tapi tidak ada salahnya dicoba. Apalagi, bahan-bahan alami mengandung nutrisi yang dibutuhkan kulit wajah.

Dilansir Healthline, berikut beberapa cara menghilangkan kerutan di dahi dengan bahan alami:

  • Oleskan putih telur ke kerutan di dahi atau alis.
  • Oleskan yogurt yang dicampur dengan madu, perasan lemon, dan cairan dari kapsul vitamin E. Lakukan secara rutin dan tunggu sekitar 10 menit.
  • Oles dan pijatkan minyak kelapa atau minyak almond  ke kerutan sebelum tidur.
  • Gunakan masker alpukat dan tunggu selama 20 menit.

Itulah 7 cara menghilangkan kerutan di dahi secara alami.

Selama kerutan di dahi masih bisa diatasi dengan alami, maka terapkan cara tersebut, ya. Jangan lupa terus menjaga pola hidup sehat karena memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan kulit.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk