Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Secara Alami dan Praktis

Mudah dan bisa dilakukan di rumah lho

23 November 2022

10 Cara Menghilangkan Kerutan Wajah Secara Alami Praktis
Freepik/Cookie_studio

Seiring bertambahnya umur, kerutan di kulit akan muncul. Hal ini wajar terjadi karena produksi kolagen dan elastin menurun saat umur makin bertambah.

Umumnya, kerutan mulai muncul saat seseorang memasuki umur 40 tahun. Sayangnya, dalam beberapa kasus, orang yang belum genap 40 tahun sudah mengalami kerutan di wajah.

Sehingga, tak sedikit orang yang merasa kurang percaya diri dengan penampilannya. Apalagi, kerutan menjadi tanda penuaan dini yang kerap membuat cemas.

Apabila kamu mengalami hal serupa, coba gunakan cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami. Selain cukup aman karena memakai bahan alami, cara ini juga tergolong mudah. Kamu bisa membuatnya di rumah.

Apa saja cara-caranya? Simak ulasan Popmama.com berikut, ya.

1. Pakai minyak kelapa

1. Pakai minyak kelapa
Freepik.com/Jcomp

Cara menghilangkan kerutan di wajah yang alami adalah dengan mengoleskan minyak kelapa. Dilansir Healthline, minyak kelapa merupakan emolien alami yang dapat mengisi celah di lapisan epidermis kulit. Sehingga, kulit lebih halus dan lembut.

Bukan hanya itu, minyak kelapa dapat menjaga kelembapan kulit. Sehingga, kulit tampak lebih kenyal.

Minyak kelapa sangat direkomendasikan untuk pemilik kulit kering agar kulit terhidrasi dengan baik.

2. Coba minum teh daun lemon balm

2. Coba minum teh daun lemon balm
Freepik/Jcomp

Dalam perawatan tradisional, cara menghilangkan kerutan di wajah adalah dengan menggunakan daun lemon balm.

Caranya, dengan menyeduhkan daun lemon tersebut menjadi teh. Kamu bisa meminumnya secara rutin.

Dilansir Healthline, daun lemon balm dapat memperbaiki kerusakan jaringan kulit. Sehingga, kerutan dapat berkurang. Selain itu, daun lemon balm dapat membuat kulit lebih kenyal dan elastis.

3. Tingkatkan asupan beta karoten

3. Tingkatkan asupan beta karoten
Pexels/Mali Maeder

Beta karoten ternyata dapat menangkal sinar ultraviolet secara ampuh. Sehingga, paparan sinar matahari tidak merusak kulit.

Untuk itu, penting sekali meningkatkan asupan beta karoten sebagai salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah.

Selain mengonsumsi suplemen beta karoten, konsumsi asupan kaya beta karoten seperti wortel, kangkung, brokoli, ubi jalar, labu, sawo, dan aprikot. Usahakan asupan beta karoten minimal 30 ml tiap hari. 

4. Pakai sunscreen

4. Pakai sunscreen
Freepik/Rawpixel.com

Ketika beraktivitas di luar ruangan, selalu pakai sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Sebaiknya, pilih sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30. Kadar tersebut dinilai ampuh untuk menangkal efek buruk dari sinar ultraviolet.

Dilansir Healthline, tabir surya membantu mencegah tanda-tanda penuaan. Makanya, memakai sunscreen termasuk cara menghilangkan kerutan di wajah.

Selain melindungi kulit, tabir surya juga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi. Sehingga, kulit tetap lembap.

Editors' Picks

5. Batasi konsumsi gula

5. Batasi konsumsi gula
Freepik/Freepik

Konsumsi gula dapat memengaruhi kesehatan, termasuk memicu proses glikasi yang kurang bagus untuk kulit.

Pasalnya, proses tersebut memecah kolagen dalam tubuh. Sementara itu, kolagen yang berkurang dapat memicu munculnya kerutan di wajah.

Jadi, cara menghilangkan kerutan di wajah adalah dengan membatasi asupan gula agar kulit awet muda.

Selain itu, kurangi makanan yang mengandung minyak. Alih-alih menggoreng makanan, coba gunakan teknik memasak dengan memanggang dan merebus.

6. Ubah posisi tidur

6. Ubah posisi tidur
Freepik/Drobotdean

Cara menghilangkan kerutan di wajah berikutnya adalah mengubah posisi tidur. Bila kamu kamu sering tidur miring, coba kurangi posisi tersebut karena wajah tertekan ke bantal.

Akibatnya, posisi tersebut membuat kulit lebih mudah mengerut. Untuk mengurangi risiko tersebut, coba tidur telentang, ya. Dengan posisi telentang, kulit wajah lebih aman dan tidak gampang terkena tekanan.

7. Jaga kelembapan kulit

7. Jaga kelembapan kulit
Freepik/Freepik

Cara menghilangkan kerutan di wajah ini tidak kalah penting lho. Kamu perlu menjaga kelembapan kulit secara rutin. Tujuannya adalah mencegah kulit kering.

Kulit yang kering disebabkan kurang terhidrasi dengan baik. Bila kulit kurang terhidrasi, maka produksi kolagen akan berkurang. Padahal, kolagen sangat penting dalam menjaga kulit tetap awet muda.

Alih-alih langsung menggunakan produk anti penuaan dini, coba gunakan gel lidah buaya untuk menjaga kelembapan kulit wajah.

8. Berhenti merokok

8. Berhenti merokok
Freepik/Jcomp

Cara menghilangkan kerutan di wajah harus diimbangi dengan gaya hidup sehat. Selain mengonsumsi asupan bergizi seimbang, terapkan pola tidur cukup dan hentikan kebiasaan merokok.

Merokok bukan hanya mengganggu kinerja tubuh, tapi juga membuat kulit terlihat kusam. Orang dengan kebiasaan merokok juga lebih mudah mengalami kerutan di wajah. Untuk itu, menghentikan kebiasaan merokok merupakan cara tepat yang perlu dilakukan.

9. Cuci muka secara teratur

9. Cuci muka secara teratur
Freepik/PV Productions

Cara menghilangkan kerutan di wajah ini kerap disepelekan. Padahal, mencuci muka secara teratur memberikan dampak luar biasa pada kulit. Dengan mencuci muka, kamu dapat membersihkan wajah dari kotoran dan bekas kosmetik.

Jadi, coba luangkan waktu sekitar 3-5 menit untuk membersihkan wajah, ya. Lakukan di pagi hari saat bangun tidur dan malam hari saat menjelang tidur.

10. Tingkatkan asupan mengandung antioksidan

10. Tingkatkan asupan mengandung antioksidan
Pexels/Jacqueline Howell

Terakhir, cara menghilangkan kerutan di wajah adalah dengan meningkatkan antioksidan alami dalam tubuh. Antioksidan tersebut bisa didapatkan dari makanan, seperti kacang merah, bayam, kangkung, dan anggur.

Antioksidan berperan menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga, tanda-tanda penuaan dini dapat dikurangi.

Itulah 10 cara menghilangkan kerutan di wajah.

Terapkan cara tersebut agar kulit tetap lembap dan sehat. Garis-garis halus seperti kerutan pun dapat dicegah atau dikurangi.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk