7 Model Baju Menyusui yang Nyaman Dipakai Saat Hari Raya

Ibu menyusui juga wajib tampil kece saat Lebaran

24 Mei 2019

7 Model Baju Menyusui Nyaman Dipakai Saat Hari Raya
Pexels/walking photographer

Saat orang-orang sibuk cari baju Lebaran, ibu menyusui kadang hanya bisa gigit jari. Model terbatas kerap jadi kendala buat sebagian besar ibu menyusui.

Belum lagi tidak semua baju yang ada di gerai department store tergolong busui friendly. Kalaupun ada, kadang modelnya sudah ketinggalan zaman, membosankan, atau terlalu casual.

Lalu, adakah model baju menyusui yang bisa jadi contekan Mama? Yuk, intip 7 model baju menyusui yang nyaman berikut ini.

1. Model tunik

Model tunik selalu jadi favorit untuk dikenakan saat Lebaran. Kabar baiknya, sekarang banyak produsen baju menyusui yang meluncurkan aneka model tunik yang cantik.

Pemilihan bahan juga dipertimbangkan agar Mama nyaman memakainya, dan terasa lembut di kulit si Kecil.

Padukan model tunik dengan bawahan kesayangan Mama. Mulai dari celana pensil, celana kulot, sampai kain batik. Nggak ada yang menyangka kalau baju yang Mama pakai adalah baju menyusui!

Rekomendasi: Inaya Beige d’amora Nursing Wear

2. Model kaftan

Populer sejak lama, kaftan kerap jadi pilihan para wanita yang ingin tampil cantik dan santun saat Lebaran. Berbeda dengan model dress atau gamis, kaftan punya aksen lipit di bagian pinggang yang mampu menciptakan siluet tubuh si pemakai, tetapi tidak terlalu ketat.

Aksen lipitan inilah yang membuat kaftan lebih “jatuh” di tubuh Mama. Variasi bahan dan penambahan aksesori seperti manik-manik atau tali membuat pakaian ini terlihat lebih ‘wah’ dan cocok dipakai ke acara semi formal maupun formal. Mama bisa mencari model kaftan dengan bukaan menyusui yang tersamar demi kenyamanan saat menyusui si Kecil.

Rekomendasi: Kaftan Feminico

3. Model kebaya

Ingin baju Lebaran yang sangat Indonesia? Kebaya bisa Mama lirik. Kebaya bergaya modern lengkap dengan bukaan menyusui. Mama bisa menyandingkannya dengan kain batik, tenun, atau songket.

Pilihan bahan dan warna tentu saja kembali pada selera. Namun, cari bahan yang cukup menyerap keringat dan nggak membuat panas.

Meski brokat memberikan kesan mewah, kebaya berbahan katun atau chiffon juga bisa tampil formal dan lebih adem di kulit. Jika sulit mencari kebaya dengan bukaan menyusui, kebaya berkancing depan boleh jadi pilihan. Padukan dengan tank top menyusui agar lebih praktis.

Rekomendasi: Kebaya Panjang Mak Nong Lemari Lila

Editors' Picks

4. Model empire dress

Baju menyusui kasual dengan model empire dress boleh juga Mama coba. Kenakan baju berbahan kombinasi spandex dan katun untuk acara jalan-jalan bersama keluarga besar di hari Lebaran berikutnya.

Apalagi, jika Mama akan banyak beraktivitas di luar ruangan. Tentu nggak nyaman mengenakan baju yang bahannya panas dan menempel di kulit jika tubuh berkeringat.

Kelebihan model empire dress adalah layer untuk menyembunyikan bukaan menyusui juga bisa menutupi payudara. Si Kecil bisa menyusu dengan aman, Mama juga merasa nyaman.

Rekomendasi: Aisyah Hitam Purple Curve Mamigaya Nursingwear

5. Model maxi dress

Mama penyuka gamis? Kalau sulit menemukan gamis yang busui friendly, maxi dress bisa jadi pilihan. Apalagi model dress panjang ini juga beragam. Beberapa aksen yang disematkan membuat baju seperti ini cocok dikenakan saat hari raya, misalnya tali ikat pada bagian pinggang, aksen tumpuk, atau layer tambahan agar nyaman menyusui secara tersembunyi.

Pilih maxi dress dengan bahan nyaman, adem, dan menyerap keringat. Kalau Mama menggunakan jilbab, pastikan dress tidak menerawang. Kalau perlu roknya sudah dua lapis, jadi tidak khawatir tembus pandang. Plus, pastikan Mama mudah mengakses bukaan menyusui ya.

Rekomendasi : Zikriyya Brown Mamibelle

6. Model midi dress

Kalau Mama suka midi dress, terusan dengan panjang di bawah lutut ini cocok juga jadi baju Lebaran. Mirip dengan tunik, tetapi lebih panjang sedikit. Jadi, Mama bisa memadukannya dengan celana pensil, legging longgar, atau kulot.

Jenis bahan juga beragam, begitu pula modelnya. Penambahan akses seperti tali di bagian pinggang bisa membuat midi dress Mama lebih manis.

Rekomendasi: Pine midi dress Mikhadou

7. Model kemeja

Mama penggemar kemeja atau blouse dengan detail unik? Nggak ada salahnya menjadikan kemeja sebagai baju Lebaran. Seperti kemeja pada umumnya, bukaan kancing depan tentu memudahkan Mama menyusui anak. Jangan lupa memakai tank top menyusui supaya lebih mudah.

Pilih kemeja atau blouse dengan siluet longgar atau tampak oversized, agar tidak terlalu ketat dan Mama juga bisa leluasa bergerak. Tentu saja bawahannya bebas, mulai dari celana panjang biasa atau bisa juga rok panjang. Cari kemeja dengan detail unik seperti bordiran cantik di beberapa bagian, sehingga kemeja tersebut tampil lebih istimewa.

Rekomendasi: Jaiyana Cotton Ink

Itulah 7 rekomendasi baju menyusui yang bisa Mama kenakan saat silaturahmi di hari Lebaran nanti. Mumpung THR masih hangat (dan setelah sisihkan untuk pos-pos wajib tentunya), yuk berburu baju Lebaran sekarang!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!