Tanda Kalau Makeup Kamu Sudah Kedaluwarsa!

Saat makeup kedaluwarsa, jangan dipakai lagi ya

25 Februari 2019

Tanda Kalau Makeup Kamu Sudah Kedaluwarsa
Pexels/Kinkate

Soal alat-alat kecantikan atau makeup pasti kamu ahlinya. Semua tren makeup sudah kamu jajal. Mulai dari perawatan wajah atau skincare hingga makeup untuk wajah sudah memenuhi meja rias kamu.

Tapi, kamu suka memeriksa nggak sih masa kedaluwarsa semua makeup kamu? Atau selama ini kamu cuek saja soal kedaluawarsa makeup? Yang terpenting buat kamu, hanya memakai makeup sampai habis bahkan hingga bertahun-tahun?

Eits! Ketidakpedulianmu terhadap makeup yang sudah kedaluwarsa sangat berbahaya bagi kesehatan kulit wajahmu. Jadi, makeup yang sudah kedaluwarsa harus segera kamu buang ya!

Mungkin selama ini bukannya kamu tidak peduli dengan makeup yang kedaluwarsa, hanya saja kamu belum memiliki pengetahuan mengenai masa kedaluwarsa peralatan makeup dasar yang kamu punya.

Untuk itu, Popmama.commerangkum 7 jenis makeup yang sering terabaikan masa kedaluwarsanya. Cek deh, Ma!

1. Foundation dan concealer cair

1. Foundation concealer cair
Pexels/Pixabay

Foundation atau concealer cair yang sering kamu gunakan sebagai based makeup ini mungkin menjadi yang tak terlewatkan untuk kamu pakai.

Perlu kamu ketahui bahwa masa pakai foundation dan concealer cair ini hanya 6 bulan hingga 12 bulan. Kalau setelah lewat masa pakainya dan foundation atau concealer cairmu warnanya sudah memudar dan komponen cairan mulai terpisah, itu tandanya foundation atau concealer cair kamu sudah harus dibuang.

Tempat terbaik untuk kamu menyimpan foundation atau concealer cair kamu adalah di tempat kering dan dalam suhu ruangan yang di bawah 30 derajat.

Sebaiknya, hindari menempatkan foundation dan concealer cair dalam kondisi lembab dan terkena paparan sinar matahari langsung ya karena hal itu bisa merusak makeup kamu.

2. Bedak

2. Bedak
Pixabay/Asmallpea

Bedak pasti menjadi makeup yang nggak pernah absen kamu pakai bahkan selalu ada di dalam tas kamu. Bedak adalah salah satu makeup yang masa pakainya cukup lama yakni 2 tahun.

Bedak sendiri memiliki dua jenis yaitu bedak padat dan bedak tabur. Nah, kamu bisa mengenali tanda bahwa bedak kamu sudah mulai masuk masa kedaluwarsa yakni, jika bedak padat teksturnya berubah menjadi kering, sedangkan bedak tabur jika memasuki masa kedaluwarna teksturnya akan berubah menjadi serbuk kasar.

Bedak tabur maupun bedak pada berisiko menjadi tempat bakteri untuk berkembang biak.

Untuk itu, usahakan untuk selalu membersihkan beauty sponge atau brush yang kamu gunakan untuk mengaplikasikan bedak kamu di wajah.

beauty sponge atau pun brush kamu bisa membersihkannya dengan sabun khusus, sabun antiseptik, maupun cara membersihkan lainnya yang bisa kamu lihat caranya di berbagai blog atau akun YouTube.

3. Eyeshadow

3. Eyeshadow
Pexels/Freestock.org

Eyeshadow, makeup yang satu ini menjadi makeup favorit kamu karena bisa menambah kesan matamu lebih hidup.

Namun demikian, eyeshadow juga jadi salah satu makeup yang jarang kamu pakai. Biasanya kamu memakai eyeshadow hanya untuk acara-acara penting saja. Jadilah, makeup yang satu ini menjadi penguin terlama di dalam tempat makeup kamu.

Masa pakai eyeshadow adalah 2 sampai 3 tahun. Jika tekstur eyeshadow berubah menjadi kasar, kering hingga pecah berarti itu tandanya eyeshadow kamu sudah memasuki masa kedaluwarsa dan harus segera dibuang.

Eyeshadow dengan kualitas baik memang dapat bertahan lama. Untuk merawatnya kamu cuma perlu rajin membersihkan aplikatornya agar bakteri tidak tumbuh yang membuat area mata kamu iritasi.

Editors' Picks

4. Maskara

4. Maskara
Unsplash/Anniespratt

Selain bedak, maskara merupakan makeup yang paling sering kamu pakai. Kalau tidak pakai maskara, rasanya ada yang kurang. Ketika kamu pakai maskara, mata kamu akan lebih hidup dan terlihat lebih besar.

Karena jadi salah satu makeup yang sering dipakai jadi masa pakainya pun terbilang cukup singkat yakni hanya 2 hingga 3 bulan saja.

Jika sudah lebih dari 2 hingga 3 bulan pemakaian dan maskara sudah mulai menggumpal, keras serta memiliki bau yang menyengat, itu tandanya maskara kamu sudah harus di buang.

Selain eyeshadow, maskara juga menjadi tempat favorit bakteri untuk berkembang biak. Kalau kamu simpan terlalu lama dan sudah lewat batas waktu pemakaian, bisa bikin mata kamu merah, iritasi hingga bintitan.

Untuk itu sebaiknya jangan berbagi maskara dengan orang lain ya, supaya bakteri tidak menyebar. Usahakan saat memakainya kamu hanya sekali mencelupkan aplikatornya ya, karena kalau sering buka tutup memakainya, bisa membawa bakteri dari udara luar.

5. Eyeliner

5. Eyeliner
Pixabay/MAKY_OREL

Untuk sebagian perempuan eyeliner adalah makeup yang nggak boleh absen dipakai. Terlebih bagi perempuan yang bermata kecil, menganggap dengan memakai eyeliner bisa membuat matanya Nampak lebih besar dan terkesan lebih tajam.

Berbeda dengan maskara yang sama-sama riasan mata, eyeliner memiliki masa pakai yang cukup lama yakni 1 hingga 2 tahun.

Jika eyeliner yang kamu pakai sudah menggumpal dan memiliki bau yang menyengat, itu tandanya eyeliner-mu sudah harus masuk tempat sampah.

Aplikator asli dari eyeliner juga menjadi salah satu tempat bakteri berkambang biak dan banyak kotoran yang kerap menumpuk di sana.

Jadi, sebaiknya gunakan aplikator seperti brush yang bisa kamu cuci, untuk menghindari bakteri berkembang biak.

6. Blush on

6. Blush on
Pixabay/CharuTyagi

Biasanya memakai blush on bisa membuat riasan kamu tampil lebih fresh dan membuat kamu lebih percaya diri. Blush on sendiri memiliki masa pakai hanya 6 hingga 12 bulan.

Blush on memiliki dua jenis yakni yang padat dan cair. Jika blush on padatmu sudah mulai kering, pecah-pecah serta berubah warna itu tandanya blush on mu sudah masuk masa kedaluwarsa.

Jika kamu memakai blush on cair, cairannya sudah menggumpal itu juga tandanya blush on mu sudah masuk masa kedaluwarsa ya.

Agar wajah kamu terhindar dari irtitasi, sebaiknya aplikator blush on yang kamu pakai harus rajin dibersihkan, Ma.

7. Lipstik

7. Lipstik
Pexels/Pixabay

Sepertinya hampir semua perempuan memegang prinsip there’s nothing as too much lipsticks. Jadi nggak heran, dari semua jenis makeup, lipstik merupakan makeup yang paling banyak perempuan punya. Semua warna lisptik nampaknya ada di dalam tempat makeup kamu.

Masa pakai lipstik sebenarnya hanya 1 hingga 2 tahun. Namun, karena lipstik yang kamu punya terlalu banyak, kamu jadi sering memakainya lebih dari 2 tahun, karena harus bergantian memakainya.

Jika lipstik matte kamu suah kesat saat digunakan dan lipgloss yang kamu punya sudah lengket dan berbau, itu tandanya lipstik kamu sudah expired.

Boleh saja punya banyak lipstik asalkan kamu rajin memeriksa tanggal kedaluwarsanya, ya.

Jika kamu mau, kamu bisa membeli small size lipstik untuk warna-warna unik yang jarang kamu pakai. Kamu bisa memiliki satu atau dua liptik full size yang akan kamu gunakan sehari-hari. Selain menghemat budget, kamu juga jadi tidak buang-buang uang hanya untuk lipstik, kan?

Yuk Ma, sebelum membeli makeup mulai teliti dengan tanggal expired-nya. Jangan sampai Mama membeli produk yang masa berlakunya sudah lewat ya, bisa rugi lho!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!