Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Dermatologist Ungkap Penggunaan Micin untuk Wajah Bisa Berbahaya

Dokter spesialis kulit dan kecantikan ungkap penggunaan micin bisa bikin bolong kulit wajah

5 Desember 2022

Dermatologist Ungkap Penggunaan Micin Wajah Bisa Berbahaya
Freepik/Tontoey2531

Banyaknya tips dan informasi berseliweran di media sosial membuat kita tergiur akan hal-hal praktis yang bisa dilakukan untuk kecantikan.

Baru-baru ini, skincare micin dan bahan dapur lainnya sedang ramai diperbincangkan yang memunculkan reaksi banyak dermatologist dan dokter spesialis kecantikan.

Hal ini tentu saja menjadi perbincangan hangat karena kandungan dari bahan-bahan tersebut yang tidak diperuntukan bagi kulit wajah dan bisa menyebabkan iritasi.

Ingin tahu selengkapnya? Simak rangkuman Popmama.com tentang dermatologist ungkap penggunaan micin untuk wajah bisa berbahaya berikut ini.

Dokter Indah Maharani Ungkap Bahaya Micin untuk Wajah

Dokter Indah Maharani Ungkap Bahaya Micin Wajah
Instagram.com/doc.run

MSG dibuat dengan kadar tertentu untuk masak. Micin tidak diformulasikan untuk kulit karena zat aktif dan molekul nya besar.

Sementara, agar bahan tersebut masuk ke dalam kulit, kita butuh molekul yang kecil. Dengan dosis tinggi MSG di muka akan menimbulkan efek iritasi ringan hingga iritasi lebih berat sampai inflamasi. 

Misalnya memiliki komedo dan penggunaan micin akan menyebabkan iritasi hingga meradang dan membuat noda hitam pada wajah. Wah, seram sekali ya Ma efeknya!

Dokter Richard Lee Ungkap Penggunaan Micin Bagi Wajah Itu Percuma

Dokter Richard Lee Ungkap Penggunaan Micin Bagi Wajah Itu Percuma
Instagram.com/dr.richard_lee

Selain Dr. Maharani, Dr. Richard Lee sebagai dokter spesialis kecantikan yang dikenal suka membahas kebenaran mengenai sebuah pemakaian produk maupun bahan yang digunakan pada wajah juga mengeluarkan pernyataan.

"Sebenarnya aman-aman aja. Jadi micin atau garam itu punya manfaat bagi kulit kita," kata dokter Richard.

"Tapi komposisinya harus pas. Jadi kalau pertanyaan aman atau nggak ya aman-aman aja. Tapi kalau komposisinya tidak pas, maka ya nggak ada hasil, jadi hasilnya kurang efisien."

Netter yang menyaksikan video klarifikasi terhadap video skincare micin yang sempat viral itu juga membagikan pengalaman mereka akan penggunaan air garam yang berguna pada wajah.

Akan tetapi, penggunaan bahan seperti ini tidak bisa dilakukan sering-sering. Karena penggunaan yang berlebihan termasuk bahan yang memang bukan diperuntukan bagi wajah tidaklah selamanya aman.

Jika melihat adanya skincare dengan bahan seasalt water dan sebagainya, bukan berarti produk skincare tersebut secara langsung memasukannya tanpa mengolahnya terlebih dahulu demi keamanan kulit.

    Saat Temukan Konten Viral soal Tips Kecantikan, Apa yang Harus Dilakukan?

    Saat Temukan Konten Viral soal Tips Kecantikan, Apa Harus Dilakukan
    Popmama.com/Onic Metheany

    Dokter Indah Maharani mengatakan kita harus mengedukasi diri sendiri bila ada informasi viral yang berseliweran. Dan harus mendapatkannya dari sumber yang kredibel. 

    Apabila melihat konten TikTok, kita harus melihat latar belakang orang yang bicara dan memastikan apakah ia kompeten di bidangnya atau tidak.

    "Informasi itu banyak banget di internet, cuman ya jangan tersesat," ungkap Dr. M. Indah Maharani, SpKK, Dokter Spesialis Kulit.

    Itulah tadi artikel mengenai dermatologist ungkap penggunaan micin untuk wajah bisa berbahaya yang bisa Mama ketahui. Sadari bahwa setiap bahan yang dioleskan pada wajah tidak selamanya membuat kulit kita semakin sehat, terlebih bahan yang belum diolah.

    Baca Juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

    Mama CerdAZ

    Ikon Mama CerdAZ

    Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

    Cari tahu yuk