Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Inspirasi Berkain ala Dian Sastro, Cocok di Segala Acara

Kecintaannya pada warisan budaya, Dian Sastro mengajak perempuan Indonesia untuk ikut berkain

22 November 2022

10 Inspirasi Berkain ala Dian Sastro, Cocok Segala Acara
Instagram.com/therealdisastr

Mengampanyekan pemakaian kebaya dalam aktivitas sehari-hari, Dian Sastro tampil berkebaya di depan mahasiswa dan kampus almamaternya, Universitas Indonesia sebagai dosen tamu.

Pemain film Ada Apa Dengan Cinta ini menuai banyak komentar positif dari para netter akan penampilannya yang ageless dan keren, karena pilihan kebaya yang sekarang sudah menjadi identitas lawan main Nicholas Saputra tersebut.

Penasaran bagaimana 10 inspirasi berkain ala Dian Sastro yang cocok di segala event? Simak rangkuman Popmama.com berikut ini.

1. Mengenakan kebaya dengan jeans

1. Mengenakan kebaya jeans
Instagram.com/therealdisastr

Paduan modern dan modifikasi kebaya yang juga bisa jadi inspirasimu dalam berkain layaknya Dian Sastro. Siapa bilang kebaya harus digunakan dalam acara formal saja? 

Nyatanya, Dian Sastro mengajak para perempuan untuk menjadikan kebaya sebagai kebiasaan berpakaian sehari-hari.

Potret tersebut juga mengisyaratkan bahwa kebaya dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari tanpa harus menunggu momen besar atau peringatan kenegaraan. 

2. Berkain dengan kemeja putih

2. Berkain kemeja putih
Instagram.com/therealdisastr

Dalam gelaran brand lokal Sejauh Mata Memandang, Dian Sastro dan sang teman berkain, Rania Maheswari sama-sama mengenakan balutan kain yang dimodifikasi se-autentik mungkin dengan style mereka masing-masing.

Seperti biasa, Dian Sastro tampak lebih minimalis dengan menjadikan kain sebagai wide-leg pants, juga rompi crop yang fit menutupi sebagian kecil kemeja putih yang dikenakan sang aktris.

3. Mirror selfie berkain ala Dian Sastro, bagus juga di padu padankan dengan jaket jeans

3. Mirror selfie berkain ala Dian Sastro, bagus juga padu padankan jaket jeans
Instagram.com/therealdisastr

Tak lengkap rasanya, bila tak mengabadikan outfit of the day dengan berfoto di depan cermin. Potret tersebut menunjukan sukacita Dian setelah secara nomaden tinggal di kota Solo untuk beberapa bulan. 

Kembali berkain, Dian mengenakan kain buatan brand lokal Sejauh Mata Memandang yang mengusung konsep slow fashion juga membuat setiap kainnya dari tenunan kain sisa yang didaur ulang. 

4. Outfit berkain di tempat pelopor batik

4. Outfit berkain tempat pelopor batik
Instagram.com/therealdisastr

Berada di kota Solo, membuat Dian tak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi salah satu tempat budayawan pelopor batik Indonesia keturunan ningrat Tionghoa asal Surakarta, Jawa Tengah, yakni Go Tik Swan. 

Di potret itu, Dian nampak mengenakan kain batik sebagai rok lilit dan kaos putih yang dihiasi dengan kain batik cokelat muda sebagai scarf. Gaya berpakaian seperti ini tentu tak asing bagi Mama yang ingin tampil autentik dalam berkain di kehidupan sehari-hari.

Editors' Picks

5. Memakai kebaya sebagai pakaian sehari-hari

5. Memakai kebaya sebagai pakaian sehari-hari
Instagram.com/therealdisastr

Potret kali ini tak hanya memperlihatkan kain yang digunakan sebagai tambahan dalam berpakaian, melainkan Dian sengaja mengenakan kebaya jumputan warna hijau terang dengan motif bunga-bunga warna merah muda yang manis.

Ia memberi hashtag #iwanttowearkebayaonadailybasis #Sobatkebaya dan #kebayagoestounesco. Pemakaian kebaya dan kain adalah wujud kecintaannya terhadap warisan budaya Indonesia dan agar diakui oleh dunia sebagai warisan budaya tak benda.

6. Potret sobat kebaya dengan kebaya Bali nan ayu

6. Potret sobat kebaya kebaya Bali nan ayu
Instagram.com/therealdisastr

Tak hanya mengenakannya di tempat yang menurut netizen tak begitu ramai, nyatanya aktris pemeran Ada Apa Dengan Cinta itu mengenakan kebaya Bali warna pink dengan obi kuning cerah juga kain sutra dari Bugis di tempat umum, yakni bioskop.

Dengan konsep berkain yang ia dan rekan-rekannya kenakan, tentu menarik banyak perhatian. Kolom komentarnya pun diisi dengan pernyataan bangga akan kecintaan Dian pada warisan budaya tersebut.

7. Mengenakan kebaya Kutubaru

7. Mengenakan kebaya Kutubaru
Instagram.com/therealdisastr

Tak hanya tampil dengan satu atau dua model kebaya, Dian Sastro menunjukan ragam jenis kebaya lain yang stylish dengan sentuhan aksesori kekinian.

Ia mengenakan kebaya Kutubaru warna cokelat yang cocok digunakan pada situasi apapun. Ciri khas kebaya ini adalah adanya kain tambahan pada bagian tengah. Biasanya pemilihan warna kainnya kontras dengan warna kebaya.

Disitu Dian juga menambahkan bros kecil pada selendang dan memakai kain motif kotak-kotak warna-warni. Untuk tampilan kekinian, kamu bisa menambahkan kacamata gaya atau ornamen lain yang sesuai.

8. Mengenakan kebaya Noni yang elegan

8. Mengenakan kebaya Noni elegan
Instagram.com/therealdisastr

Terinspirasi dari kebaya antik yang dipadu padan dengan kain klasik Jawa, Dian Sastro tampil elegan dan berwibawa dengan potongan kain batik sederhana sebagai rok dan juga kebaya putih menutupi leher.

Gaya ini bisa kamu tiru dan sangat mudah, juga stylish bahkan bisa membuatmu terlihat lebih berwibawa seperti Dian. Untuk aksesorinya, kamu bisa menambahkan anting mutiara atau tas warna senada.

9. Inspirasi kain Endek Bali dalam berkain

9. Inspirasi kain Endek Bali dalam berkain
Instagram.com/therealdisastr

Dian Sastro kembali berkain dalam balutan kain Endek Bali dari Menggah Agung warna pink cerah dengan model bishop sleeve juga aksen obi dari Manikan Tenun Ikat Indonesia warna abu-abu putih. 

Gaya tersebut sangat bisa dimodifikasi dengan ragam aksesori dan ornamen yang memperindah gaya berkainmu di hari itu. Untuk OOTD dari Dian, ia menambahkan tas kuning cerah juga sandal warna tie-dye biru dan pink.

10. Outfit berkain untuk museum visit

10. Outfit berkain museum visit
Instagram.com/therealdisastr

Jalan santai sambil menikmati portrait dan karya seni, kamu bisa mengenakan pilihan berkain sebagai rok dan juga blouse putih. Paduan keduanya sangat serasi dan mudah kamu temukan. 

Selain itu, gaya ini juga bisa divariasikan dengan ragam jenis warna kain apapun yang kamu punya. Ada juga tambahan sepatu dan tas yang bisa menambah gaya berkain jadi makin stylish dan timeless.

Itulah 10 inspirasi berkain ala Dian Sastro, cocok di segala acar. Semoga bisa jadi inspirasi Mama untuk ikut berkain, ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk