TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

11 Langkah Skincare yang Dilakukan Cut Rizki, Kulit Sehat & Glowing!

Untuk mendapatkan kulit sehat terawat, perlu lakukan ini

23 September 2022

11 Langkah Skincare Dilakukan Cut Rizki, Kulit Sehat & Glowing
Instagram.com/crvhons

Skincare adalah perawatan kulit yang dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Selain itu, skincare juga diperlukan sebagai sarana untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo, kulit kusam, berminyak, kulit kering, dan banyak lagi.

Banyaknya produk skincare yang kita miliki terkadang membuat bingung. Bahkan, tidak jarang orang-orang melewatkan step skincare tertentu karena kurang begitu paham ataupun karena banyaknya pilihan produk yang tersedia. 

Tapi tenang, karena kali ini Popmama.com punya rangkuman 11 langkah skincare ala Cut Rizki yang bisa Mama terapkan sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing agar tetap punya perawatan kulit yang optimal.

Untuk itu, mari kita simak!

1. Double Cleansing dengan cleansing balm/oil/micellar water

1. Double Cleansing cleansing balm/oil/micellar water
Freepik/cookie_studio

Selalu jadikan step ini sebagai rutinitas step skincare-an Mama, terutama setelah menggunakan makeup. Mama bisa pilih cleanser dengan bentuk balm, yaitu dengan mengusap-usapkan nya ke wajah hingga makeup luntur bersama balm lalu dapat menyekanya dengan kapas.

Selain itu, Mama juga bisa menggunakan cleansing oil ataupun micellar water untuk membersihkan debu yang menempel pada wajah sesuai dengan keperluan. Barulah dilanjut dengan step mencuci wajah dengan facial foam.

2. Facial Wash

2. Facial Wash
Freepik/wayhomestudio

Step kedua adalah wajib dilakukan ketika sudah menyelesaikan tahap cleansing yang tadi. Mama bisa gunakan facial foam atau gel dan semacamnya untuk membersihkan dan mengangkat residu secara total dari makeup dan produk cleanser sebelumnya. 

Selain itu, mencuci wajah dengan air dapat menyegarkan kulit dan tampak lebih fresh. Perlu diketahui, suhu air yang baik untuk membersihkan kulit wajah maksimal sesuai dengan suhu tubuh Mama sendiri dan hindari penggunaan air panas agar kulit tidak menjadi kering.

3. Clay Mask

3. Clay Mask
Freepik/pvproductions

Setelah wajah bersih dan lembap, Mama bisa gunakan clay mask favorite yang digunakan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih. Produk clay mask juga bermacam-macam dan memiliki kandungan spesifik untuk peruntukan yang spesifik pula.

Contohnya seperti clay mask tea tree yang berguna untuk mengurangi sebum berlebih pada wajah juga meredakan jerawat yang meradang, dan lain-lain. Clay mask dipercaya dapat menyerap minyak berlebih, menyamarkan pori, dan menjaga keseimbangan kulit.

Langkah skincare ini tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup dipakai setiap seminggu sekali agar wajah tetap terlihat berseri-seri.

4. Hydrating Toner

4. Hydrating Toner
Freepik/lookstudio

Step ini tidak jarang disepelekan oleh orang-orang, padahal toner sangat penting untuk menyeimbangkan pH sekaligus mempersiapkan kulit untuk step skincare berikutnya. Selain itu, toner juga berguna untuk permasalahan kulit seperti berminyak dan berjerawat.

Kandungan toner yang tepat dapat menyembuhkan kondisi kulit yang kurang sehat serta menyegarkan kulit yang cenderung kering setelah dibersihkan. Sesuai dengan namanya hydrating toner, ini sangat berguna untuk menjaga kelembapan kulit.

Editors' Picks

5. Essence

5. Essence
Freepik/rawpixel.com

Sering disamakan dengan toner, Essence punya bahan aktif yang akan lebih meresap kedalam kulit ketimbang toner. Essence memadukan berbagai elemen perawatan kulit dalam satu produknya untuk menyeimbangkan pH dan menghidrasi kulit.

Cara pemakaiannya pun sama dengan toner. Tinggal tuang produk diatas telapak tangan dan tepuk-tepuk ke wajah secara lembut.

6. Lip Balm

6. Lip Balm
Freepik/diana.grytsku

Terlihat sepele, namun perawatan ini juga penting untuk kesehatan dan look bibir Mama, lho! Bibir berwarna merah terang alami adalah tanda bahwa tubuh kita sehat.

Selain merawat tubuh dari dalam, untuk mendapatkan bibir yang merona, halus, dan lembap dapat memasukan step lip balm ke dalam rangkaian skincare rutin harian Mama. 

Lip balm tidak harus dipakai saat pagi dan malam di waktu melakukan skincare, namun bisa dipakai kapan saja sesuai dengan kebutuhan untuk mencegah bibir kering atau pecah-pecah.

7. Serum

7. Serum
Freepik

Ini adalah tahap penting yang ada dalam step skincare harian. Serum punya segudang varian yang bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit wajah kita. Beragam manfaat dari serum seperti melembabkan, mencegah penuaan, mengatasi jerawat, dan lain-lain.

Serum punya bahan aktif yang tinggi yang dapat masuk ke lapisan terdalam kulit sehingga  serum wajah sebaiknya digunakan sesuai dengan tujuan dan peruntukannya agar wajah bisa beradaptasi dengan kandungan tersebut untuk hasil yang maksimal. 

Serum dapat digunakan di pagi dan malam hari sebelum tidur dan usahakan untuk tidak langsung terpapar sinar matahari atau menunggu ke tahap skincare selanjutnya yaitu sunscreen baru dapat beraktifitas di luar ruangan.

8. Eye serum

8. Eye serum
Freepik

Selain wajah, bagian mata juga penting untuk kita rawat. Fungsinya adalah untuk melembabkan area sekitar mata untuk mencegah kerutan dan lingkar hitam yang kerap muncul di usia 20 keatas. 

Selain itu, menggunakan eye serum dapat memberi efek tenang dan menyegarkan apabila diaplikasikan dengan cara yang tepat. Salah satunya adalah dengan tools yang biasanya sudah tersedia pada produk tersebut untuk kemudian diputarkan di area mata agar eye serum dapat terserap dengan baik.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan istirahat yang cukup agar tidak memunculkan permasalahan di lingkar mata yang biasa disebut 'mata panda'.

9. Moisturizer 

9. Moisturizer 
Freepik/artursafronovvvv

Tak kalah penting, step skincare satu ini wajib Mama gunakan sebelum tidur ataupun beraktifitas. Gunanya adalah mengikat seluruh kelembaban pada area wajah dan membuat kulit kenyal, cerah, dan elastis.

Moisturizer juga punya peran penting dalam memberi asupan nutrisi pada kulit wajah agar terhindar dari permasalahan kulit lainnya seperti jerawat, tanda-tanda penuaan, kusam, dan berminyak.

Mama dapat memilih dan memakai moisturizer yang sesuai dengan tipe kulit. Mositurizer sendiri punya beberapa bentuk seperti gel, krim, dan oil. Pilihlah sesuai kebutuhan dan selera.

10. Acne Spot

10. Acne Spot
Freepik/diana.grytsku

Sesuai dengan namanya, step skincare berikut ini punya fungsi yang spesifik untuk mengatasi permasalahan jerawat pada kulit. Umumnya, acne spot berbentuk seperti peptide agar mudah diaplikasikan pada titik dan noda bekas jerawat. 

Acne spot berguna untuk menyamarkan bekas jerawat, mengatasi beruntusan, dan melembutkan kulit kasar. Acne spot bisanya berbentuk gel transparan dan dapat digunakan di pagi dan malam hari sesuai anjuran. 

11. Brow serum

11. Brow serum
Freepik/drobotdean

Kaum pecinta alis tidak boleh melewatkan step skincare yang satu ini. Pasalnya, brow serum punya fungsi untuk menumbuhkan dan menjaga bulu alis dari akarnya sehingga tidak mudah mengalami kerontokan.

Brow serum juga sudah banyak beredar di pasaran dan dapat Mama coba agar mendapatkan hasil bulu alis yang natural dan tidak perlu repot atau berlama-lama menggambar alis. 

Perlu diingat untuk menggunakannya secara rutin di pagi dan malam hari agar mendapatkan hasil bulu alis yang natural dan maksimal.

Demikian 11 step skincare ala Cut Rizki yang bisa Mama ikuti, karena menjaga kulit tetap sehat dan terawat adalah investasi. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk