TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Kulit

Selain berguna untuk menjaga daya tahan tubuh, daun kelor punya banyak manfaat untuk kesehatan kulit

23 September 2022

6 Manfaat Daun Kelor Kesehatan Kulit
Pexels/Kris Møklebust:

Selain berguna untuk kesehatan tubuh, daun kelor juga punya segudang manfaat pada kesehatan kulit wajah. Daun kelor atau Moringa oleifera telah lama digunakan sebagai obat tradisional di India. Namun, baru beberapa dari banyaknya manfaat daun kelor yang telah dipelajari secara ilmiah. 

Penelitian sebelumnya menunjukkan daun kelor dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, dan melindungi terhadap toksisitas arsenik.

Tapi tahukah Mama? Belakangan ini, daun mirip katuk ini juga digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan, lho!

Diketahui bubuk kelor sangat rendah lemak dan kaya akan kandungan vitamin, protein dan mineral. Daun kelor juga  mengandung zat dan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium, dan antioksidan seperti flavonoid. Kombinasi inilah yang membuatnya cocok dipakai sebagai produk perawatan kulit.

Ingin tahu selengkapnya mengenai manfaat daun kelor untuk kesehatan kulit? Mari kita simak ulasan Popmama.com di bawah ini.

1. Mencerahkan warna kulit 

1. Mencerahkan warna kulit 
Freepik/jcomp

Vitamin C adalah kandungan favorit setiap perempuan karena manfaatnya yang dapat mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit secara signifikan. 

Vitamin C dalam daun kelor bekerja untuk menekan pembentukan melanin yang memberikan warna pada kulit, membentuk kolagen untuk menjaga elastisitas kulit, dan juga mencerahkan kulit wajah. 

Tidak diragukan lagi, bahwa daun kelor dapat dimanfaatkan sedemikian rupa agar wajah terlihat semakin menawan.

2. Mencegah timbulnya jerawat

2. Mencegah timbul jerawat
Pexels/anna-nekrashevich

Tahukah Mama, esktrak daun kelor punya kandungan antibakteri dan antiradang yang dapat menghambat tumbuhnya bakteri dan inflamasi yang menyebabkan timbulnya jerawat. 

Walaupun punya jenis kandungan yang dapat membantu mengatasi jerawat, Mama perlu mengontrol penggunaannya dengan berkonsultasi ke dokter apabila jerawat tidak kunjung mereda.
 

Editors' Picks

3. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

3. Mencegah tanda-tanda penuaan dini
Freepik/jcomp

Diketahui daun kelor punya kandungan antioksidan yang tinggi lho Ma! Antioksidan sendiri berguna dalam menangkal radikal bebas yang dapat membuat kulit wajah menjadi kusam.

Kolagen yang terbentuk dari penggunaan vitamin C pada daun kelor berguna dalam menjaga elastisitas kulit sehingga terlihat lebih muda. Selain itu, daun kelor juga dapat memperlambat penuaan, mengurangi bintik hitam, dan kerutan pada wajah.

4. Meregenerasi sel-sel kulit

4. Meregenerasi sel-sel kulit
Freepik

Regenerasi sel kulit diperlukan untuk pembentukan sel baru yang lebih sehat. Kondisi ini dapat terjadi apabila terdapat kandungan kalsium didalamnya. Daun kelor punya kandungan tersebut. Jadi, tidak hanya tubuh dan tulang saja yang memerlukannya, tetapi kulit wajah juga.

5. Melembutkan kulit wajah

5. Melembutkan kulit wajah
Freepik/Cookie Studio

Niacinamide atau vitamin B3 mungkin sudah sangat familiar di kalangan beauty enthusiasts. Pasalnya, kandungan ini punya manfaat yang banyak.

Salah satunya adalah memperbaiki tekstur lapisan luar atau yang disebut sebagai skin barrier agar kulit terasa lembut dan halus. Selain itu, vitamin B3 punya fungsi yang baik dalam menjaga kelembapan kulit.

6. Mengatasi masalah kulit berminyak

6. Mengatasi masalah kulit berminyak
Freepik/cookie_studio
Kulit berminyak menjadi salah satu masalah bagi remaja

Kandungan vitamin A, E, dan C efektif untuk mengatasi kulit berminyak. Diketahui, memakai masker wajah adalah salah satu cara untuk mengurangi produksi sebum pada wajah. Untuk itu, daun kelor sendiri dapat Mama gunakan sebagai masker. 

Caranya adalah dengan menumbuk daun kelor, campur dengan air secukupnya sampai menjadi pasta yang dapat dioles pada wajah. Untuk hasil maksimal, jangan lupa lakukan masker ini secara rutin setiap seminggu sekali agar kulit terbebas dari kulit berminyak maupun kering.

Itulah tadi 6 manfaat daun kelor untuk kesehatan kulit. Jangan lupa untuk selalu rutin menggunakan daun kelor sebagai masker. Untuk hasil yang maksimal, ja,gan lupa untuk rutin melakukan step skincare lainnya agar kesehatan kulit tetap terjaga. Selamat mencoba ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk