Gaya Para Ibu Negara AS dengan Outfit Penuh Simbol dan Makna Mendalam

Berikut gaya para ibu negara AS memakai outfit yang memiliki simbol dan makna mendalam

2 Juli 2022

Gaya Para Ibu Negara AS Outfit Penuh Simbol Makna Mendalam
Instagram.com/michelleobama/melaniatrump.style/drbiden

Setiap orang pasti memiliki gaya penampilan yang berbeda. Tidak terkecuali gaya para ibu negara. Perempuan nomor satu di negaranya tersebut tidak sekadar hanya mengenakan busana saja. adakalanya tersirat makna atau pesan khusus dari busana tersebut.

Bisa juga pakaian yang digunakan para ibu negara itu memiliki simbol dan makna mendalam secara personal untuk dirinya. Simbol dan makna mendalam ini dapat ditunjukkan dari model, warna hingga motif dari sebuah busana.

Ketiga diantaranya adalah Michelle Obama, Melania Trump dan Jill Biden yang pernah menduduki jabatan sebagai perempuan nomor satu di negeri Paman Sam.

Dari laman Insider, Popmama.com menampilkan gaya pada ibu negara dengan outfit  yang memiliki simbol dan makna mendalam.

1. Michelle Obama kenakan pakaian serba merah untuk menghormati transisi dari kepemimpinan “merah” ke pemerintahan “biru”

1. Michelle Obama kenakan pakaian serba merah menghormati transisi dari kepemimpinan “merah” ke pemerintahan “biru”
Insider.com

Potret tersebut menunjukkan istri mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengenakan busana serba merah maroon. Tampilan itu dilengkapi dengan ikat pinggang supaya outfit ibu negara ini kian manis.

Michelle obama mengenakan kaos model turtleneck, celana kulot dengan pinggang tinggi (high waist) serta mantel panjang. Berkat gaya busana tersebut, Michelle Obama menjadi pusat perhatian.

Pada laman Insider tertulis, busana yang dipakai Michelle Obama mempunyai arti sebagai simbol bipartisipan atas pimpinan Amerika Serikat yang baru.

Sederhananya, busana tersebut untuk menghormati perpindahan pemerintahan dari presiden Partai Republik Donald Trump (identik warna merah) ke Presiden Joe Biden yang berasal dari partai Demokrat (warna biru).

2. Melania Trump kenakan busana rancangan desainer lokal untuk promosi ke masyarakat internasional

2. Melania Trump kenakan busana rancangan desainer lokal promosi ke masyarakat internasional
Insider.com

Ketika pelantikan sang suami, Donald Trump, Melania Trump mengenakan pakaian berwarna serba biru. Gaun kasmir dengan model selendang menyilang serta sarung tangan warna senada merupakan rancangan desainer Amerika Serikat, Ralph Lauren.

Dari laman Women’s Wear Daily, sang desainer, pakaian tersebut diciptakan untuk memberikan gaya khas Amerika kepada sang ibu negara baru. Model pakaian ini mengajak orang yang melihatnya bernostalgia. Lantaran hampir serupa dengan busana yang dipakai oleh Jackie Kannedy.

Mengutip situs Insider, apa yang dikenakan Melania Trump sekaligus mempromosikan karya anak bangsa Amerika Serikat. Sehingga ia hendak mengajak masyarakat dunia khususnya warga Amerika Serikat untuk membeli busana hasil rancangan desainer negeri Paman Sam.

Editors' Picks

3. Menggunakan warna Biru, Dr. Jill Biden memaknai untuk membangun kepercayaan khalayak, kepercayaan diri, dan stabilitas AS

3. Menggunakan warna Biru, Dr. Jill Biden memaknai membangun kepercayaan khalayak, kepercayaan diri, stabilitas AS
Insider.com

Di momen yang sama, yakni pelantikan sang suami menjadi orang nomor satu di AS, Jill Biden juga mengenakan busana berwarna biru.

Namun berbeda dengan melani yang bermaksud untuk mempromosikan dan mengajak masyarakat dunia untuk membeli produk AS.

Insider mencatat warna biru pada mantel dan gaun yang bertabur kristal Swarovski ini bertujuan untuk membangun kepercayaan kepada masyarakat Amerika. Kedua sebagai bentuk kepercayaan diri Joe Biden dan istri dalam memimpin AS. Ketiga bermakna stabilitas negara yang baik, aman dan tentram.

4 Melania Trump gunakan jaket berwarna hijau army yang bertuliskan “Saya tidak peduli, bagaimana dengan kamu?”

4 Melania Trump gunakan jaket berwarna hijau army bertuliskan “Saya tidak peduli, bagaimana kamu”
Insider.com

Pada saat kunjungan ke perbatasan untuk menemui anak-anak imigran, ibu negara Melania Trump terlihat menggunakan jaket hijau yang bertuliskan “Really Don’t care, do U?”.

Tulisan tersebut dibuat dengan gaya cat semprot dan tepat berada di bagian belakang. Ukurannya pun cukup besar sehingga mudah dibaca oleh orang lain.

Menurut situs Insider, kalimat tersebut ditujukan kepada “media sayap kiri” yang aktif mengkritik kebijakan Donald Trump seputar permasalahan imigrasi. Termasuk pemisahan anak-anak imigran dari orang tuanya.

Melalui tulisan tersebut, kira-kira seperti ini pesan yang ingin disampaikan sang ibu negara. “Anda bisa mengkritik apa pun yang ingin Anda katakan, tetapi itu tidak akan menghentikan saya untuk melakukan apa yang saya rasakan.”

5. Jill Biden gunakan sepatu boots hitam bertuliskan “VOTE” saat pemilihan umum Presiden AS berlangsung

5. Jill Biden gunakan sepatu boots hitam bertuliskan “VOTE” saat pemilihan umum Presiden AS berlangsung
Insider.com

Ketika masa pemilihan umum Presiden AS berlangsung, tepatnya pada 14 September 2020, Jill Biden tertangkap kamera menggunakan boots hitam bertuliskan “VOTE” berwarna perak. Sepatu ini merupakan hasil desainer 5050 Vote Boot.

Dari laman sang perancang, sepatu ini memiliki makna untuk mengajak orang-orang Amerika Serikat memberikan hak suara pada pemilihan presiden. Bagi Jill Biden, pesan tersirat dari penggunaan sepatu tersebut adalah meminta masyarakat AS memilih sang suami, Joe Biden di pemilihan presiden tersebut.

Usai dipake Jill Biden terjadi lonjakan penjualan atas sepatu tersebut. Lantaran edisi yang terbatas sehingga boots “VOTE” langsung terjual habis.

6. Jill Biden gunakan gaun putih berkonsep “Celebrating America”

6. Jill Biden gunakan gaun putih berkonsep “Celebrating America”

Gaun tersebut memiliki warna dasar putih dengan ornamen bordiran bunga-bunga di bagian baju berbahan organza. Gaun ini juga dilengkapi dengan mantel dan sarung tangan berwarna senada.

Apabila dilihat lebih detail, bordiran bunga-bunga tersebut mewakili setiap negara bagian dan teritorial di Amerika Serikat. Artinya seluruh rakyat AS ikut merayakan pelantikan presiden baru, yakni Joe Biden.

Mengutip Insider, ternyata di bagian dalam mantel terdapat kutipan Benjamin Franklin. Kutipan tersebut berbunyi “Tell me and I forget. Teach me and I remember. Involve me and I learn."

Ini merepresentasikan bahwa Jill Biden merupakan seorang pendidik.

7. Terbaru, Jill Biden pakai gaun berwarna biru dengan ornamen bunga matahari di bagian tangan sebagai dukungan kepada Ukraina

7. Terbaru, Jill Biden pakai gaun berwarna biru ornamen bunga matahari bagian tangan sebagai dukungan kepada Ukraina

Saat mendampingi sang suami berpidato kenegaraan, ibu negara Jill Biden terlihat mengenakan gaun berwarna biru yang memiliki ornamen bunga matahari di bagian tangan.

Bunga matahari merupakan bunga nasional Ukraina sekaligus simbol perlawanan terhadap Vladimir Putin. Menurut NBC News, hiasan bunga matahari ini tidak termasuk dari desain orisinal busana tersebut.

Melainkan baru ditambahkan beberapa jam sebelum pidato berlangsung. Jelas ini menunjukkan sikap dukungan kepada rakyat Ukraina dari ibu negara Jill Biden.

Demikian ulasan Popmama.com mengenai gaya ibu negara dengan outfit yang memiliki simbol dan makna mendalam. Selain untuk bergaya, busana juga memiliki makna personal dari orang yang memakainya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk