Viral Unggahan Twitter Bintik-Bintik Putih di Dagu, Apa Itu?

Dunia Twitter dihebohkan dengan unggahan foto yang memperlihatkan bintik-bintik di dagu, apa itu?

6 Juli 2022

Viral Unggahan Twitter Bintik-Bintik Putih Dagu, Apa Itu
Twitter.com/@ohmybeautybank

Viral sebuah unggahan foto yang menunjukkan bintik-bintik putih di bagian dagu di media sosial Twitter.

Sebagai pihak pengunggah @ohmybeautybank mempertanyakan kepada pengguna Twitter lainnya apakah ada yang pernah mengalami hal serupa dengan dirinya. Jika pernah bagaimana cara menghilangkanya.

“Ada yang tahu yang pernah ngalamin kejadian kyk gini bisa ilang diapain dan pake produk apa,nuhun,” tulisnya pada keterangan (captions) unggahan tersebut.

Sebanyak 5.976 mengunggah ulang (Retweet) cuitan tersebut. Sementara itu, 40,8 ribu pengguna Twitter menyukai (likes) unggahan tersebut. Jadi tidak heran jika unggahan tersebut menjadi viral lantaran tengah menjadi buah bibir warganet.

Lantas sebenarnya apakah bintik-bintik putih di dagu? Berikut Popmama.com memberikan rangkuman terkait kondisi tersebut.

Bintik-Bintik Putih di Dagu adalah Komedo Putih (Whiteheads)

Bintik-Bintik Putih Dagu adalah Komedo Putih (Whiteheads)
medicalnewstoday.com

Bintik-bintik di dagu seperti unggan viral di Twitter adalah komedo putih (Whiteheads) yang termasuk kategori jenis jerawat (acne vulgaris). Komedo putih merupakan minyak dan kulit mati yang menutup folikel rambut atau kelenjar minyak sehingga membentuk benjolan pada kulit.

Komedo putih terlihat seperti benjolan kecil atau bintik di bagian kulit wajah kamu. Seperti namanya, Whiteheads berwarna putih hingga kekuningan.

Umumnya komedo putih menyerang usia remaja dan seseorang yang memasuki awal dua puluhan (dewasa muda) meskipun begitu, beberapa orang dewasa yang berusia 30-an pun masih mengalami komedo putih ini.

Tidak perlu risau, kemunculan bintik-bintik putih di dagu ini adalah hal wajar. Komedo putih paling sering muncul di bagian hidung, dagu, dahi, pipi dan sekitar mulut. Menurut laman Cleveland Clinic, komedo putih tidak berimbas terhadap kesehatan kamu tetapi berpengaruh secara psikologi.

Gangguan psikologi yang terjadi akibat komedo putih seperti tidak percaya diri, insecure, hingga persepsi buruk terhadap diri sendiri. Hal ini bisa disebabkan karena pandangan negatif dari masyarakat sekitar tentang bintik-bintik putih ini sehingga mempengaruhi pikiran kamu.

Alhasil timbul kecemasan, depresi, gangguan mood, bahkan pikiran untuk bunuh diri.

Editors' Picks

Penyebab Bintik-Bintik Putih di Dagu

Penyebab Bintik-Bintik Putih Dagu
Pexels/Jonathan Borba

Whiteheads merupakan sebuah jerawat ringan. Komedo putih terbentuk akibat kelenjar minyak (kelenjar sebaceous) maupun folikel rambut mengalami peradangan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, komedo putih dapat terbentuk karena terperangkapnya kotoran di dalam kelenjar minyak.

Kelenjar minyak terdapat hampir di seluruh tubuh dan sebagian terkoneksi ke folikel rambut. Sehingga selain di bagian wajah, bintik-bintik putih ini pun bisa muncul di bagian area tubuh lain seperti lengan, punggung, dada dan leher.

Dari laman Bebodywise, penyebab Whitehead antara lain:

  • Pubertas. Seseorang yang sedang dalam masa pubertas mengalami perubahan hormonal yang meningkatkan produksi sebum (minyak). Lantas terdapat sel kulit mati serta bakteri yang berakibat pada penyumbatan pori-pori.
  • Genetik. Bintik-bintik putih di dagu muncul bisa karena faktor keturunan atau genetik. Orang tua yang memiliki masalah komedo putih maka kemungkinan anaknya pun mengalami hal serupa.
  • Gaya hidup. Kebiasaan merokok, minum alkohol, dan pola tidur buruk juga berkontribusi sebagai penyebab munculnya komedo putih. Beberapa makanan terutama fast food juga jadi stimulus timbulnya komedo putih.
  • Stres. Ketika kamu stres kelenjar minyak akan memproduksi sebum lebih banyak sehingga bisa memunculkan bintik-bintik pada kulit kamu.

Kandungan Produk Skincare yang Bisa Mengatasi Komedo Putih di Dagu

Kandungan Produk Skincare Bisa Mengatasi Komedo Putih Dagu
Freepik/Freepik

Dilansir dari Cleveland Clinic, kamu dapat mengatasi komedo putih dengan memilih produk perawatan kulit (skincare) yang mengandung bahan-bahan sebagai berikut:

  • Salicylic Acid (Asam salisilat), berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta mencegah folikel rambut tersumbat.
  • Azelaic Acid (Asam azelaic, berfungsi untuk membunuh mikroorganisme di kulit dan mengurangi pembengkakan. Dapat ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum.
  • Benzoyl Peroxide (Benzoil peroksida), membunuh jerawat yang bisa menyebabkan bintik-bintik putih maupun jerawat. Memiliki efek iritasi yang lebih rendah.
  • Retinoids, bertujuan untuk mencegah komedo dan jerawat datang kembali. Saat menggunakan retinoids dianjurkan untuk mengaplikasikan pelembap supaya tidak terjadi iritasi.

Lakukan Ini Supaya Komedo Putih Tidak Terjadi Lagi

Lakukan Ini Supaya Komedo Putih Tidak Terjadi Lagi
Pexels/Sora Shimazaki

Sejatinya komedo putih atau whitehead akan hilang dengan sendirinya. Namun memang perlu waktu yang cukup lama, sekitar tujuh hari. Cleveland Clinic menuliskan hal-hal yang perlu dilakukan agar bintik-bintik putih tidak muncul kembali di kulit wajah maupun tubuh kamu:

  • Rutin mencuci wajah setiap hari menggunakan sabun cuci muka hingga benar-benar bersih.
  • Gunakan pelembab (moisturizer) setiap hari, baik saat berkegiatan ataupun hanya di rumah saja.
  • Gunakan produk make up non comedogenic serta menghapus riasan dengan bersih.
  • Jangan terlalu sering memegang kulit muka dengan tangan. Lantaran di tangan terdapat bakteri yang bisa menyebabkan munculnya komedo putih.
  • Jangan memencet bintik-bintik putih tersebut. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi. Biarkan hingga kempes dengan sendirinya.
  • Aplikasikan tabir surya (sunscreen) pada wajah.
  • Lakukan eksfoliasi menggunakan produk kecantikan yang mengandung salicylic acid beberapa kali seminggu guna menyingkirkan kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori.

Demikian laporan Popmama.com mengenai berita viral bintik-bintik di dagu. Komedo putih akan hilang dengan sendirinya, tetapi ada baiknya kamu juga melakukan perawatan kulit terutama bagian wajah agar komedo putih tidak muncul lagi.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk