5 Cara Tepat Menggunakan Base Makeup agar Riasan Sempurna

Base makeup adalah aspek penting dari riasan apa pun, lho!

20 Januari 2022

5 Cara Tepat Menggunakan Base Makeup agar Riasan Sempurna
Freepik

Di dalam keseharian, beberapa perempuan sering merasa cemas dengan riasannya jika kurang terlihat baik.

Bahwa base makeup merupakan salah satu langkah penting dari banyak riasan apa pun. Penggunaannya sendiri untuk menciptakan kontur wajah yang lebih tampak jelas dan mulus.

Sementara agar hasil riasan sempurna, kamu perlu mengetahui 5 cara tepat menggunakan base makeup. Yuk, segera cek ulasannya dari Popmama.com!

1. Awali menggunakan primer untuk hasil riasan yang matte

1. Awali menggunakan primer hasil riasan matte
Freepik/lookstudio

Beberapa perempuan mungkin sering melewatkan penggunaaan primer atau malah sama sekali tidak pernah menggunakannya. Padahal tujuan dari pemakaian primer sendiri adalah salah satu langkah awal sebagai base makeup.

Menambahkan primer sebagai base makeup, ini dapat membuat perbedaan besar pada tekstur secara keseluruhan. Termasuk membantu memberi efek halus dan menjaga riasan bertahan lebih lama. 

Apalagi kehadiram minyak alami di kulit bisa merusak bahkan produk makeup. Dengan demikian, primer akan melembutkan kulit wajah dan memblokir kilau minyak. Bahkan memberi alas bedak permukaan yang lebih matte untuk menempel.

Editors' Picks

2. Menggunakan foundation untuk hasil riasan yang rata

2. Menggunakan foundation hasil riasan rata
Freepik/master1305

Usai menggunakan produk primer, kamu bisa memoleskan foundation untuk menutupi noda di kulit wajah. Ini juga memberikan hasil akhir riasan yang halus. Bahkan membuat kamu memiliki riasan yang lebih rata. 

Secara alami, bahan-bahan yang termasuk dalam foundation berkualitas pun bertindak secara aktif meningkatkan warna kulit yang mendasarinya.

Namun sebaiknya foundation disesuaikan dengan jenis kulit seperti

  • Powder foundation atau serum foundation untuk kulit berminyak
  • Cream foundation untuk kulit kering
  • Liquid foundation atau mousse foundation khusus semua jenis kulit 

3. Meratakan foundation dengan kuas atau spons

3. Meratakan foundation kuas atau spons
Freepik

Kamu selalu meratakan foundation dengan jari?

Padahal cara menerapkan foundation yang benar adalah mengaplikasikannya dengan kuas atau spons. Kamu dapat mengambil sedikit foundation pada spons dan memoleskannya di seluruh wajah. 

Bantuan kuas atau spons akan membuat foundation dalam bentuk liquid jadi mudah diaplikasikan dan hasilnya pun terlihat halus. Mulailah memutarnya secara perlahan pada wajah dengan arah melingkar. Posisi tertentu seperti zona T harus lebih difokuskan, ya.

4. Gunakan color corrector untuk menyembunyikan bintik hitam

4. Gunakan color corrector menyembunyikan bintik hitam
Freepik/upklyak

Bahwa langkah selanjutnya dalam penggunaan base makeup, yaitu menerapkan color corrector. Ini adalah salah satu produk andalan untuk merias wajah agar mendapatkan hasil lebih sempurna.

Bahkan color corrector juga bisa menyembunyikan hampir semua hal yang mengganggu penampilan seperti kemerahan atau bintik hitam.

Secara efektif, color corrector sangat cocok bagi kamu yang memiliki lingkaran hitam di bawah mata. Maka sudah saatnya menambahkan color corrector ke rutinitas riasan harian kamu.

5. Gunakan bedak tabur untuk menentukan garis kontur

5. Gunakan bedak tabur menentukan garis kontur
Freepik

Apakah kamu sering menggunakan bedak tabur?

Bahwa penggunaan bedak tabur dapat mengatur foundation atau concealer cair agar hasil riasan lebih tahan lama dan membantu menentukan garis kontur terlihat halus pada jenis kulit berminyak.

Dikutip dari Adorebeauty, bedak tabur adalah pilihan yang bagus jika kamu ingin mendapatkan hasil akhir yang bercahaya dan merata. Teksturnya membuat bedak tabur sering kali berfungsi lebih baik sebagai bedak untuk menyelesaikan tampilan. 

Nah, itulah 5 cara tepat menggunakan base makeup. Yuk, mulai menerapkan cakupan langkah-langkah di atas.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk