5 Cara Mengobati Jerawat Vulgaris agar Tak Semakin Parah

Biasanya jerawat vulgaris memengaruhi kulit pada semua kelompok usia.

25 Mei 2022

5 Cara Mengobati Jerawat Vulgaris agar Tak Semakin Parah
Pexels/Andrea Piacquadio

Apakah kamu sedang memiliki jerawat vulgaris?

Jerawat vulgaris adalah berupa kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri dan minyak. Saat folikel tersumbat, maka bisa menyebabkan noda pada kulit. Ini termasuk jerawat, komedo hitam, komedo putih dan kista. 

Sedangkan salah satu penyebab utama dari jerawat vulgaris biasanya karena hormon. Umumnya, jerawat vulgaris diperkirakan mempengaruhi pada semua kelompok usia.

Agar tidak semakin parah, berikut Popmama.com berikan 5 cara mengobati acne vulgaris:

1. Obat topikal berupa bentuk krim atau gel

1. Obat topikal berupa bentuk krim atau gel
Pexels/Mikhail Nilov

Ketika kamu alami jerawat vulgaris, dokter mungkin menyarankan untuk diobati dengan obat topikal yang dijual bebas dalam bentuk krim atau gel. Biasanya piliham obat topikal ini mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.

Sedangkan cara memakai obat topikal tersebut didasarkan pada usia, lokasi jerawat dan tingkat keparahan jerawat vulgaris yang dialami.

Namun retinoid topikal juga direkomendasikan. Terutama pada orang dengan jerawat campuran atau inflamasi. Kemudian digunakan bersama antimikroba topikal atau oral. 

Editors' Picks

2. Diobati dengan antibiotik yang dapat membunuh bakteri

2. Diobati antibiotik dapat membunuh bakteri
Pexels/JESHOOTS.com

Jerawat sedang hingga parah maupun acne vulgaris, ini juga dapat diobati dengan antibiotik. Termasuk jerawat yang meninggalkan bekas di kulit wajah.

Fungsi dari antibiotik sendiri, yakni memperbaiki tampilan kulit. Cara kerjanya dengan membunuh bakteri penyebab jerawat. Akhirnya, kamu akan memiliki lebih sedikit jerawat dan bekas jerawat.

Pilihannya berupa antibiotik oral seperti doksisiklin, minosiklin, azitromisin, eritromisin dan tetrasiklin. Namun biasanya foxycycline dan minocycline (Minocin) telah terbukti lebih efektif daripada tetrasiklin. 

3. Makan makanan yang terbaik dan bergizi

3. Makan makanan terbaik bergizi
Pexels/Trang Doan

Saat kamu alami jerawat vulgaris, bahwa mengonsumsi makanan tertentu dapat memperbaiki kondisi kulit wajah dan mengurangi gejalanya. 

Dikutip dari Healthline, menghindari fluktuasi gula darah dengan mengikuti diet indeks glikemik rendah bisa mengendalikan jerawat. Memilih makanan GI tinggi akan menyebabkan fluktuasi gula darah yang dramatis dan memperburuk jerawat.

Oleh karena itu, makanlah makanan yang terbaik dan bergizi seperti:

  • Sayuran
  • Buah
  • Biji-bijian utuh
  • Lemak sehat
  • Protein berkualitas tinggi
  • Herbal dan rempah-rempah antiinflamasi

4. Rutin berolahraga untuk mendapat banyak manfaat

4. Rutin berolahraga mendapat banyak manfaat
Pexels/Andrea Piacquadio

Bahwa memiliki acne vulgaris, mengalami stres dapat memperburuknya. Oleh karena itu, kamu perlu berolahraga untuk mendapat banyak manfaat pada kulit.

Dengan rutin olahraga, maka bisa meningkatkan aliran darah dan mengurangi jerawat terkait stres. Bahkan menjaga kulit tetap bersih.

Ditambah lagi, olahraga akan membantu membuka pori-pori melalui keringat dan mengurangi beberapa faktor pemicu utama jerawat.

5. Mendapat perawatan dari dokter kulit

5. Mendapat perawatan dari dokter kulit
Pexels/Polina Tankilevitch

Sebagian besar gejala jerawat vulgaris bisa terbilang ringan, sedang atau berat. Ini butuh beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan pengobatan untuk penyembuhannya. Dengan demikian, sudah saatnya kamu membutuhkan bantuan dari dokter kulit.

Dilansir dari Mayoclinic, jika pengobatan perawatan diri tidak menghilangkan jerawat maka temui dokter perawatan primer. Dokter akan meresepkan obat yang lebih kuat. 

Namun apabila acne vulgaris berlanjut atau parah, mungkin perlu mencari perawatan medis dari dokter spesialis kulit. Sebab timbulnya jerawat parah secara tiba-tiba, bisa jadi menandakan penyakit mendasar yang memerlukan perhatian medis.

Demikianlah 5 cara mengobtai jerawat vulgaris. Yuk, segera atasi dengan tips di atas!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk