Ikuti 5 Aturan Penting dalam Merawat Kulit Kombinasi

Biasanya kulit kombinasi sering bermasalah dengan pori-pori besar dan kulit berkilap

3 Juli 2019

Ikuti 5 Aturan Penting dalam Merawat Kulit Kombinasi
Unsplash/Joe Gardner

Memiliki kulit kombinasi memang membuat siapa saja tidak nyaman, biasanya kondisi kulit seperti ini sangat berminyak di area T-zone. Sedangkan di area wajah lain seperti pipi cenderung lebih kering.

Biasanya tipe kulit kombinasi disebabkan oleh faktor genetik. Selain itu masalah yang umumnya dihadapi oleh pemilik kulit kombinasi adalah terdapat komedo hitam, pori-pori besar, dan kulit wajah yang mengkilap. 

Oleh karenanya kamu perlu merawat wajah dengan tepat. Salah-salah memilih produk atau cara perawatan malah akan memperburuk masalah kulit.

Nah, berikut 5 aturan penting dalam merawat kulit kombinasi agar tetap sehat yang bisa kamu terapkan di rumah. Yuk, simak rangkumannya dari Popmama.com :

1. Eksfoliasi dua kali seminggu

1. Eksfoliasi dua kali seminggu
Freepik/Jcomp

Kamu sudah membersihkan dan melembabkan kulit kombinasi dengan benar?

Sebenarnya pada kulit kombinasi perlu melakukan eksfoliasi. Dengan cara ini sebagai proses pengangkatan sel kulit mati, kamu pun dapat menggunakan pembersih wajah yang berbentuk scrub. Eksfoliasi juga bermanfaat untuk membuat kulit wajah terasa lebih halus dan mengecilkan pori-pori.

Lakukanlah eksfoliasi pada kulit kombinasimu sebanyak 2 kali seminggu untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih, sehingga mengurangi masalah pada kulit kombinasi.

Editors' Picks

2. Gunakan tabir surya

2. Gunakan tabir surya
Freepik/1989studio

Kamu yang punya kulit kombinasi, apakah selalu memakai krim tabir surya?

Tahukah kamu? Bahwa krim tabir surya sangatlah penting untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kombinasi. Jadi sebaiknya kamu tidak pernah lupa untuk menggunakan tabir surya yang bebas minyak (oil free) di zona T. Penggunaannya bermanfaat dalam melembabkan kulit wajah kombinasi.

Pilihlah sunscreen yang mengandung SPF 30, asam beta hidroksi dan non-comedogenic untuk mencegah komedo maupun jerawat pada daerah T-zone.

Jadi, pastikan kamu sudah mengaplikasikan tabir surya untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari.

3. Hindari produk yang mengandung alkohol

3. Hindari produk mengandung alkohol
Freepik/user3008571

Sebenarnya memiliki kulit wajah kombinasi memerlukan perawatan yang berbeda. Dengan perawatan yang tepat, maka kulit kombinasimu bisa tampak sehat.

Nah, salah satu aturan penting dalam merawat kulit kombinasi yakni memerhatikan kandungan produk kecantikan yang kamu pakai. Jika kamu menemukan kandungan alkohol di dalam produk, maka segera beralihlah ke produk lainnya.

Sebab produk kecantikan yang mengandung alkohol akan membuat kulit terasa semakin kering. Secara bersamaan, kulit wajah juga memproduksi minyak secara berlebih.

Sebaiknya pilihlah produk pembersih wajah  yang bebas alkohol maupun yang mengandung parfum. Penggunaan produk tanpa kedua bahan tersebut akan membuat kulit kamu jadi lebih lembab tanpa menimbulkan jerawat. Bersihkan wajah maksimal 2 kali sehari.

4. Membersihkan wajah dengan toner

4. Membersihkan wajah toner
Freepik/margarita88

Bagi pemilik wajah kombinasi, kamu perlu melakukan double cleansing. Setelah membersihkan wajah, sebaiknya jangan lupa menggunakan toner.

Penggunaan toner bermanfaat untuk membuat kulit wajah bebas jerawat tanpa menjadikannya lebih kering dan menyeimbangkan kadar pH.

Membersihkan wajah dengan toner secara rutin juga dapat membantu menyamarkan pori-pori dan membuat kulit lebih sehat.

Sebaiknya hindari penggunaan toner yang mengandung alkohol, pilihlah produk yang memiliki kandungan kaya akan antioksidan dalam mengangkat sisa minyak berlebih pada wajah.

5. Membersihkan wajah dengan produk facial wash yang lembut

5. Membersihkan wajah produk facial wash lembut
Freepik/Pressfoto

Aturan penting lainnya dalam merawat kulit kombinasi yaitu perlu memakai produk facial wash yang lembut atau ramah di kulit.

Pilihlah produk berbahan dasar air. Sebaiknya gunakan pembersih wajah berupa gel, karena produk tersebut ramah untuk kulit wajah kombinasi.

Pembersih berbahan dasar air terbilang efektif untuk menghilangkan kotoran di wajah tanpa membuat kulit terasa berminyak atau kering. Gunakanlah secara rutin sebanyak 2 kali setiap hari pada pagi dan malam hari.

Cobalah terapkan 5 aturan penting tadi untuk merawat kulit kombinasimu. Dengan perawatan yang benar, kulit wajah kombinasi pun akan tetap sehat dan terawat.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk