5 Cara Mengatasi Kulit yang Bersisik

Kulit kering yang bersisik bikin terlihat lebih kusam

20 Februari 2019

5 Cara Mengatasi Kulit Bersisik
Freepik

Kamu memiliki kulit kaki maupun tangan yang kering seperti bersisik? Kulit seperti itu menandakan adanya lapisan kulit mati yang terkelupas akibat rusaknya lapisan luar kulit, sehingga elastisitas kulit pun berkurang dan menyebabkan proses regenerasi kulit jadi terhenti.

Nah, saat kulit kaki maupun tangan sedang kering bersisik, sebaiknya kamu memakai pakaian yang tertutup untuk mencegah kerusakan langsung dari sinar UV.

Selanjutnya menerapkan 5 cara tepat untuk mengatasi keluhan kulit keringmu. Langsung cek yuk ulasan dari Popmama.com berikut ini!

1. Banyak minum air putih

1. Banyak minum air putih
Freepik/spukkato

Memiliki kulit yang kering bersisik tentunya membuat kamu merasa kurang nyaman. Pada umumnya kulit kering terjadi pada musim panas dengan cuaca yang ekstrem di siang hari.

Nah, solusi yang tepat untuk mendapatkan kulit bebas masalah kering ialah dengan mengonsumsi air putih. Saat kebutuhan cairan dalam tubuhmu terpenuhi, hal ini membuat kulit jadi sehat terawat.

Dengan rutin minum air putih maka akan mendorong regenerasi sel-sel kulit dan menjaga kelembapan kulitmu.

Jadi pastikan kamu selalu minum air putih 8 gelas perhari, ya. 

2. Mengonsumsi vitamin E

2. Mengonsumsi vitamin E
Freepik/whatwolf

Kini kamu nggak usah khawatir atasi kulit bersisik. Kamu bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung kaya akan vitamin E dan ekstrak kolagen.

Di mana vitamin E maupun kolagen yang terkandung dari suplemen tersebut dapat membantu menjaga kadar air dalam kulit untuk mengembalikan kesegaran serta kekenyalan kulit.

Atau opsi lainnya kamu bisa mengonsumsi makanan seperti kacang almond, bayam, brokoli atau buah alpukat yang memiliki banyak vitamin E untuk membantu melembapkan kulit dari kekeringan maupun bersisik.

Editors' Picks

3. Mengaplikasikan lotion secara rutin

3. Mengaplikasikan lotion secara rutin
Freepik/ freepic.diller

Jika kulit kamu kering sepanjang hari, mungkin kamu perlu mengoleskan pelembap beberapa kali dalam sehari dan memakainya sehabis mandi.

Pilihlah produk lotion yang mengandung lanolin, karena kandungan tersebut bisa memberikan kelembapan yang tahan lama bagi kulit.

Aplikasikan krim lanolin ke bagian kaki atau tangan yang kering setiap harinya, ya. Usahakan oleskan juga pada malam hari, sehingga krim lanolin dapat terserap selama semalaman.

Selain itu kamu juga bisa mengatasi kulit kering bersisik dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid). Di mana kandungan AHA bisa membantu penyebab kulit kering secara efektif dan mempertahankan kelembapan di dalam kulitmu.

4. Mengatasi kulit kering dengan memakai susu

4. Mengatasi kulit kering memakai susu
Rawpixel/203244

Kulit kering bersisik merupakan kondisi yang tentunya nggak diinginkan oleh setiap orang. Kulit kering yang bersisik bisa mengganggu penampilan bukan.

Tenang. Untuk mengatasinya kamu bisa berendam susu atau mengompres area kulit kering bersisik dengan kain yang direndam susu putih.

Lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya, lakukan gerakan pijat melingkar. Dengan begitu lemak dan asam laktat yang terkandung dalam susu akan memberikan kelembapan ekstra pada kulitmu.

Selain itu susu dapat menutrisi dan melembutkan kulit, karena kandungan lactic acid yang ada di dalamnya bisa mengangkat sel kulit mati.

Pilihan lainnya yaitu kamu dapat mengaplikasikan moisturizer khusus yang mengandung susu untuk mengatasi kulit kering bersisik.

5. Menggunakan olive oil

5. Menggunakan olive oil
Freepik

Kulit kering bersisik tentunya membuat tampilan lebih kasar. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mengandalkan olive oil yang dari dulu  diandalkan sebagai obat terbaik untuk mangatasi masalah kulit.

Kandungan antioksidan dan vitamin dari minyak zaitun dapat menjaga kulit dari terhidrasi dan membuat kulit tampak lebih segar.

Caranya kamu bisa meneteskan sedikit minyak zaitun dan mengoleskannya pada kaki maupun tangan, lalu diamkanlah sekitar 30 menit dan memberikan pemijatan agar sirkulasi darah menjadi lancar.

Salah satu faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik karena tidak adanya kelenjar minyak pada kulitmu. Kulit kaki atau tangan yang kering tentunya harus rutin merawat dan menjaga kelembapannya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!