5 Cara Tepat Mengatasi Kesalahan Saat Menggunakan Makeup

Dengan mengaplikasikan makeup, tentunya rasa percaya diri akan semakin meningkat

12 September 2019

5 Cara Tepat Mengatasi Kesalahan Saat Menggunakan Makeup
Freepik/Jcomp

Makeup memang menjadi prioritas sehari-hari bagi para perempuan untuk menunjang penampilannya. Dengan adanya makeup, tentu rasa percaya diri akan semakin meningkat.

Namun sayangnya tidak semua perempuan bisa berdandan, terkadang memiliki kendala ketika sedang merias wajah. Ada saja kesalahan-kesalahan yang sebenarnya tampak sederhana, tapi malah bisa merusak penampilan secara keseluruhan.

Nah, coba cek kesalahan makeup yang paling sering terjadi di bawah ini. Berikut Popmama.com rangkum 5 cara tepat mengatasi kesalahan saat menggunakan makeup. 

1. Alis terlalu tebal seperti tokoh Shin-chan

1. Alis terlalu tebal seperti tokoh Shin-chan
Freepik

Ya, alis merupakan fitur wajah yang sangat penting. Bentuk alis akan menunjang penampilan seorang perempuan secara keseluruhan. 

Tapi sayangnya saat membingkai dan mengisi alis, terkadang malah hasilnya di luar dugaan. Apalagi kalau bukan ketebalan seperti alis tokoh Shin-chan hingga membuat wajah jadi telihat super galak.

Maka dari itu, solusi yang bisa kamu lakukan saat melakukan kesalahan membuat alis yakni memakai alat spooile.

Tanpa harus menghapusnya, brush spooile dapat membantumu meratakan warna alis supaya tidak terlalu tebal. Yang kamu butuhkan hanya sapukan spoolie dengan gerakan ke atas beberapa kali, lalu ke bawah beberapa kali. Hal ini akan membaurkan bingkai alis yang terlalu tebal menjadi lebih rata.

2. Bedak tampak cakey hingga menjadi masalah pada penampilan

2. Bedak tampak cakey hingga menjadi masalah penampilan
Unplash/Raphael Lovaski

Tentunya penggunaan bedak yang tepat membuat makeup di wajahmu terlihat sempurna.

Tapi sayangnya jika digunakan terlalu tebal, maka bedak akan menjadi masalah pada penampilanmu.

Sebenarnya ada 2 alasan yang mungkin menyebabkan kesalahan dalam memulaskan bedak, yakni kulit kamu terlalu kering atau bedaknya memiliki formula yang terlalu pekat. Riasan pun jadi tidak natural dan malah muncul garis-garis halus di wajah, sehingga kondisi ini disebut bedak yang cakey.

Untuk mengatasinya, hilangkan terlebih dahulu minyak berlebih dengan menggunakan face paper. Setelah itu semprotkan face mist agar membantu melembabkan kulit dengan instan dan menyatukan bedak yang terlalu tebal.

Editors' Picks

3. Blush on terlalu tebal bisa diatasi dengan memoleskan compact powder

3. Blush on terlalu tebal bisa diatasi memoleskan compact powder
Freepik

Untuk pemakaian blush on sebenarnya harus hati-hati dan tidak bisa dilakukan dengan teburu-buru, apalagi memolesnya di ruangan yang kurang cahaya.

Jika hal itu dilakukan maka akan menghasilkan riasan blush on yang terlalu tebal.

Sementara cara mengatasi hal ini cukup mudah, kamu bisa menggunakan brush dan aplikasikan compact powder atau two way cake di atasnya secara tipis-tipis.

Jangan lupa lakukan cara ini juga di daerah perbatasan warna blush on dengan kulit yang tidak diaplikasikan blush on. Hasilnya warna blush on yang tadinya terlalu tebal kini lebih tipis dan terlihat natural.

4. Eyeliner berantakan dan tidak rapi hingga terlalu tebal

4. Eyeliner berantakan tidak rapi hingga terlalu tebal
Amazon.com

Tentunya eyeliner dapat membuat mata lebih tegas dan berekspresi pada wajah seseorang. Tapi memakainya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat tampilan eyeliner lurus sempurna membingkai mata.

Tidak jarang ketika sedang mengaplikasikan eyeliner dalam bentuk liquid, malah jadi berantakan atau tidak rapi. Entah itu lebih tebal, terlalu panjang atau tidak sama rata.

Sementara bentuk eyeliner yang sempurna sebaiknya mengikuti bentuk kelopak mata seperti busur panah.

Nah, jika terjadi kesalahan sebaiknya jangan dihapus dan mengulanginya lagi. Tapi cukup gunakan cotton bud berujung lancip yang sudah dicelupkan ke dalam eye makeup remover dan rapikan sesuai keinginan.

5. Lipstik yang keluar garis bibir saat memoleskannya terburu-buru

5. Lipstik keluar garis bibir saat memoleskan terburu-buru
Freepik/Prostooleh

Lipstik merupakan alat makeup yang juga menjadi salah satu andalan para perempuan di setiap kesempatan.

Sayangnya jika sering terburu-buru, terkadang suka asal-asalan saat memoleskannya tanpa memedulikan lekukan bibir dan malah menemukan bibir menjadi bergaris setelah menggunakan lipstik.

Jika terjadi kesalahan seperti itu, cukup hapus kelebihannya dengan cotton bud kering lalu aplikasikan concealer liquid atau krim pada area sekitar bibir untuk merapikan dan mempertegas bentuk bibir. Begitu pula pada bibir bagian bawah.

Nah, itulah 5 tips ketika kamu melakukan kesalahan saat menggunakan makeup. Intinya jangan panik, karena setiap kesalahan makeup bisa diperbaiki dengan cara tepat jika kamu tenang.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;