Hindari 5 Area Wajah Ini saat Melakukan Scrubbing, Ya!

Selain menghilangkan kotoran, scrub wajah juga bisa membuat kulit lebih cerah bukan?

7 Januari 2022

Hindari 5 Area Wajah Ini saat Melakukan Scrubbing, Ya
Freepik/wayhomestudio

Sudahkah kamu menambahkan eksfoliasi ke dalam rutinitas perawatan kulit?  

Agar wajah tidak terlihat kusam, eksfoliasi dengan scrub wajah adalah salah satu jenis perawatan kulit yang membantu dalam menghilangkan sel-sel kulit mati.

Ketika membersihkan permukaan kulit dari penumpukan sel kulit mati, ini dapat membuat kulit wajah jadi terlihat lebih cerah dan terasa halus. 

Namun sebaiknya, hindari 5 area wajah ini saat kamu melakukan scrubbing. Berikut Popmama.com berikan informasi selengkapnya:

1. Area sekitar mata dan pinggir mata bagian luar

1. Area sekitar mata pinggir mata bagian luar
Freepik/master1305

Sebaiknya kamu perlu memahami cara menggunakan scrub wajah.

Ketika terdapat kotoran atau riasan menumpuk di area sekitar mata dan pinggir mata bagian luar, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan scrub di area tersebut.

Alasannya, mata adalah bagian wajah yang sangat sensitif. Apabila terkena scrub, ini bisa menghilangkan kelembapannya dan membuat kulitnya jadi teriritasi. Oleh sebab itu, kamu harus menjaga integritas mata saat melakukan scrubbing.

Editors' Picks

2. Area permukaan kantung mata

2. Area permukaan kantung mata
Freepik/KamranAydinov

Ketika bangun di pagi hari, salah satu hal pertama yang mungkin kamu lakukan adalah menggosok mata. Padahal hal itu membawa banyak risiko. Terutama ketika kamu mengoleskan produk scrub di area tersebut.

Jika tidak berhati-hati setiap kali melakukan scrubbing dan mengenai kantung mata, maka berpotensi merusak pembuluh darah kecil di bawah permukaan kulit.

Dibandingkan dengan bagian wajah lainnya, kulit di kantung mata adalah yang tertipis dan paling halus. Jadi sebaiknya hindari menggunakan produk scrub. Hal ini guna menjaga kulitnya tidak semakin tipis, kering dan kendur. 

3. Area lipatan bibir dan dagu

3. Area lipatan bibir dagu
Freepik/cookie_studio

Kamu ingin mengurangi kemungkinan pori-pori tersumbat di area lipatan bibir dan dagu?

Produk scrub memang pada umumnya terbuat dari bahan abrasif fisik. Namun menghilangkan kulit mati di area tersebut, ini adalah langkah yang kurang tepat. 

Meski awalnya mungkin terasa memuaskan, bahwa penggunaan eksfoliator pada area tersebut bisa menyebabkan kemerahan dan iritasi. Ini karena lipatan bibir dan dagu memiliki kulit lebih halus yang cenderung sensitif.

4. Bagian seluruh bibir

4. Bagian seluruh bibir
Freepik

Apakah melakukan scrubbing pada sekitar bibir diperbolehkan?

Bahwa aturan memakai produk scrub, sebaiknya menghindari kulit di seluruh bagian bibir. Ini karena area tersebut terbilang lebih tipis daripada kebanyakan kulit di tubuh lainnya.

Penggunaan scrub di bagian bibir bisa membuatnya rentan pengelupasan, mengalami kekeringan dan menjadi retak atau pecah-pecah. Oleh sebab itu, hindari mengoleskan zat tertentu ke bibir. Apalagi produk yang mengandung bahan seperti kayu putih, mentol atau asam salisilat.
 

5. Di ujung dagu bagian bawah

5. ujung dagu bagian bawah
Freepik/diana.grytsku

Kamu sedang mengalami munculnya bintik baru di dagu? 

Nah, saat melakukan scrubbing sebaiknya kamu tidak berurusan dengan area ujung dagu. Meski jerawat dagu adalah yang terburuk, namun menggunakan scrub di area tersebut biasanya akan menjadi kering.

Hal itu pada akhirnya malah memproduksi minyak alami kulit yang bisa menimbulkan tumbuhnya jerawat berlebihan. Sedangkan cara yang tepat, yakni berbicara dengan dokter atau ahli perawatan kulit untuk membantu kamu memahami cara pengobatan jerawat di dagu.

Demikianlah 5 area wajah yang harus dihindari ketika melakukan scrubbing. Jadi, apakah kamu sudah melakukan proses scrubbing wajah dengan baik?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk