5 Perawatan Gigi yang Bisa Buat Senyum Kamu Semakin Menawan

Klinik gigi nggak hanya untuk penyembuhan saat sakit gigi saja lho

19 Oktober 2020

5 Perawatan Gigi Bisa Buat Senyum Kamu Semakin Menawan
Freepik

Sudah kita ketahui, dentalaesthetic merupakan sebuah bidang perawatan yang mengacu pada kecantikan gigi (kosmetik gigi), salah satunya untuk meningkatkan kepercayaan diri senyum seseorang.

Kini treatment kecantikan gigi sudah banyak di berbagai kota besar yang dapat kita jumpai.

Banyak orang, terutama para perempuan rela mengeluarkan budget khusus dalam memerhatikan kesehatan dan keindahan giginya. 

Kamu bingung ada pilihan apa saja di dentalaesthetic? Berikut informasi yang akan Popmama.com berikan untuk kalian mengenai jenis-jenis perawatan gigi:

1. Dental filling

1. Dental filling
Pexels/Daniel Frank

Dentalfilling adalah perawatan untuk menambal gigi yang berlubang, rusak hingga karies gigi.

Tahukah kamu? Untuk menambal giginya terbuat dari compositeresin dan warnanya pun menyerupai gigi sehingga tidak terlihat kontras dengan gigi kamu.

Nah, sebelumnya dokter gigi akan membersihkan bagian yang rusak dahulu.

Tujuan dari pembersihan kerangka gigi agar tambalan yang dilakukan mendapatkan hasil maksimal.

Editors' Picks

2. Root canal treatment

2. Root canal treatment
Pexels/Daniel Frank

Rootcanaltreatment merupakan perawatan saluran akar gigi.

Dengan kata lain perawatan ini sebuah upaya bedah kecil yang dilakukan saat infeksi penyebab pembusukan yang sudah terlanjur membunuh gigi.

Gejala yang dialami biasanya karena sakit gigi yang sudah tak tertahankan, gigi sensitif dan jerawat putih yang timbul di permukaan gusi.

Rootcanaltreatment dimulai dengan mematikan saraf gigi kamu, kemudian saraf diangkat dan bagian dalam gigi dibersihkan. Setelah itu, gigi ditambal untuk menutupi lubangnya.

Prosedur tersebut terbilang cukup efisien, karena untuk mencegah infeksi di pulpa semakin menyebar ke gigi lainnya.

3. Veneer

3. Veneer
Nensuria / Freepik

Veneer merupakan perawatan gigi untuk membentuk gigi sesuai keinginan. Salah satu treatment ini seperti membentuk“gigi kelinci”.

Dimulai dengan pengurangan lapisan email, veneer kemudian ditempelkan pada gigi.

Pada proses pembuatannya veneer terbuat dari porselen dan penggunaan veneer harus didasari dengan kondisi gigi yang sehat ya.

Selain itu untuk melakukan jenis perawatan gigi ini juga membutuhkan komitmen seumur hidup, kamu juga harus kontrol secara berkala.

Oh ya, bahan-bahannya import sehingga veneer termasuk kategori mahal. 

4. Teeth whitening

4. Teeth whitening
Pexels/Rawpixel

TeethWhitening adalah sebuah proses untuk mendapatkan kembali warna gigi menjadi lebih cerah. Treatment ini  cocok untuk kamu yang menginginkan gigi  putih berkilau.

Teethwhitening pun memiliki tiga pilihan, yaitu inofficewhitening yang menggunakan hydrogen peroxyde dan carbamide peroxyde.

Pilihan kedua ada overthecounterwhiteningsystem yang terbilang lebih mudah dan terjangkau dengan menggunakan toothgel dan mouthtrays.

Atau pilihan lainnya untuk memutihkan gigi bisa dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung polishingagents

5. Braces

5. Braces
Gelpi/Freepik

Braces atau kawat gigi digunakan untuk merapikan bentuk gigi yang tidak rata. Kini, braces hadir dalam beragam jenis lho.

Penggunaan kawat gigi pun sudah marak dalam beberapa tahun ke belakang ini. Orthodontictreatment tersebut tidak hanya berfungsi untuk merapikan gigi saja, akan tetapi juga dapat memperbaiki fungsi pengunyahan dan memperindah profil wajah seseorang.

Kawat gigi terdapat dua pilihan, yaitu metalbraces dan damonbraces. Metalbraces merupakan perawatan gigi yang menggunakan karet untuk mengikat antara bracket dengan kawat. Dengan kawat ini kamu bisa memilih warna yang kamu inginkan.

Sementara damonbraces yaitu teknologi kawat gigi terbaru dengan sistem selfligating yang tidak membutuhkan karet untuk mengikat, karena bracket memiliki penyangga khusus untuk menyangga kawat yang digunakan. Jadi penggunaan damonbraces pun tidak menimbulkan rasa sakit.

Itulah 5 beragam jenis perawatan gigi yang sudah kamu ketahui.

Untuk tetap melestarikan keberadaan gigi, kamu bisa pilih salah satunya.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.