Saat Berjerawat, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Memakai Foundation

Jangan gunakan setting powder terlalu banyak, ya!

28 Januari 2020

Saat Berjerawat, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Memakai Foundation
Pixabay/Lisy

Kamu merasa aneh dengan hasil foundation yang terlihat cakey ketika kondisi kulit sedang tidak baik?

Padahal foundation adalah salah satu rangkaian makeup yang seolah wajib dipakai.

Seperti yang dikatakan oleh Erupting Mind.com, kini foundation bisa benar-benar baik untuk kulit dengan melindunginya dari polusi, matahari dan membantu menyeimbangkan kulit berminyak atau kering.

Tapi sebenarnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin memakai foundation. Apalagi ketika kondisi kulit wajah lagi berjerawat.

Yuk, hindari 5 kesalahan ini saat memakai foundation pada kulit yang berjerawat. Berikut rangkuman selengkapnya dari Popmama.com :

1. Menggunakan krim obat jerawat di malam hari

1. Menggunakan krim obat jerawat malam hari
Freepik

Semua perempuan pasti ingin memiliki kulit wajah yang putih mulus tanpa masalah. Maka tak jarang sebagian perempuan menggunakan krim obat jerawat di malam harinya.

Tapi sayangnya, langkah ini tidaklah tepat jika kamu ingin memakai foundation.

Di mana foundation yang kamu aplikasikan di keesokan paginya menjadi kurang merata pada kulit wajah. Hal tersebut dikarenakan krim obat jerawat dapat membuat kulit menjadi lebih kering, sehingga pemakaian foundation menjadi sulit untuk merata.

Menurut Mayo Clinic, obat jerawat bekerja dengan mengurangi produksi minyak, mempercepat pergantian sel kulit, melawan infeksi bakteri atau mengurangi peradangan. Namun kulit mungkin menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik.

2. Tidak memakai moisturizer di kulit wajah

2. Tidak memakai moisturizer kulit wajah
Pixabay/qwer6695571

Sebenarnya penggunaan moisturizer yakni bisa melembabkan kulit wajah dengan lebih baik dan tanpa membuat kulit kering atau pecah-pecah. Apalagi ketika kamu ingin melapisi produk makeup selanjutnya.

Oleh sebab itu, aturan praktis sebelum mengaplikasikan foundation yakni tidak lupa untuk memakai moisturizer.

Dikutip dari laman Considerable.com, mengaplikasikan pelembap dengan benar akan meningkatkan hidrasi di kulit wajah dan mencegah pengelupasan serta kulit yang kusam.

Ya, terutama pada kulit berjerawat. Di mana foundation yang akan kamu pakai akan lebih sulit untuk menempel jika tidak menggunakan mouisturizer.

Editors' Picks

3. Tidak memakai produk primer yang sesuai jenis kulit

3. Tidak memakai produk primer sesuai jenis kulit
Freepik/jcomp

Tahukah kamu?

Sangat disarankan sebelum menggunakan foundation sebaiknya menggunakan jenis produk primer yang tepat. Hal ini bertujuan agar tampilan foundation terlihat lebih halus dan natural.

Huffpost.com menjelaskan, kini banyak produk primer makeup diformulasikan dengan polimer berbasis silikon, seperti dimetikon yang efeknya sangat halus.

Tetapi jika kamu sedang berjuang dengan jerawat dan kondisi kulit lainnya, usahakan tidak memilih primer yang formulanya silicone base atau tidak sesuai jenis kulit kamu.

Pasalnya formula silicone ini akan membuat pori-pori tersumbat dan memicu timbulnya jerawat baru. Saat berjerawat, gunakan primer yang formulanya ringan di kulit. 

4. Menggunakan setting powder terlalu banyak

4. Menggunakan setting powder terlalu banyak
Pixabay/PDPics

Setting powder memang mampu membuat makeup menjadi lebih tahan lama.

Meski pun tidak masalah menggunakan setting powder untuk mendapatkan hasil makeup sempurna, ada baiknya kamu tidak mengaplikasikan setting powder yang terlalu banyak saat wajah sedang jerawatan. 

Dilansir dari The Klog.co, setting powder memecah teknik makeup yang paling populer. Namun sebaiknya kamu dapat menggunakannya dengan lebih baik untuk mencapai penampilan yang sempurna.

Agar kulit wajah yang berjerawat tidak terlihat kering atau cakey, maka setelah memakai setting powder sebaiknya gunakan setting spray.

5. Tidak membersihkan beauty sponge secara rutin

5. Tidak membersihkan beauty sponge secara rutin
Freepik/pressfoto

Dalam memakai foundation, sebaiknya menggunakan beauty sponge dan bukan dengan foundation brush.

Dengan menggunakan beauty sponge, maka hasil foundation akan lebih halus dan natural.

Namun sayangnya beberapa aplikator makeup seperti beauty sponge atau kuas yang biasa digunakan untuk sehari-hari kondisinya tidak cukup bersih.

Frends Beauty.com memaparkan, hal yang menjadi buruk itu ketika membiarkan kotoran menumpuk di alat makeup. Oleh sebab itu jaga kebersihannya. Dengan membersihkan kuas dengan teratur, maka benar-benar baik untuk membuat bulunya tetap mengkilap dan utuh.

Ya, sebaiknya rutin dalam menjaga kebersihan aplikator makeup. Dikarenakan ini akan berpengaruh pada kulit yang sedang berjerawat.

Agar foundation dapat terlihat sempurna dan bertahan lama saat kulit berjerawat, cobalah hindari 5 kesalahan yang sudah disebutkan di atas.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!