5 Khasiat Rumput Laut untuk Kecantikan Kulit

Manfaat rumput laut untuk kulit itu sangat berlimpah

1 Februari 2020

5 Khasiat Rumput Laut Kecantikan Kulit
Freepik/timolina

Tak hanya bisa dikonsumsi yang baik untuk kesehatan, ternyata rumput laut juga merupakan salah satu bahan favorit pada produk kosmetik serta perawatan kulit di dunia kecantikan.

Medium.com mengungkapkan, bahwa rumput laut sebenarnya rahasia kecantikan. Orang Asia telah mengonsumsi rumput laut selama berabad-abad. Mereka termasuk orang yang paling sehat dan memiliki kulit mulus tanpa cacat.

Bagi kamu yang ingin menjaga kulit tampak muda dan bercahaya, maka andalkan tanaman ajaib ini.

Berikut Popmama.com informasikan 5 khasiat rumput laut untuk kecantikan kulit yang harus kamu ketahui. Yuk, baca pemaparannya di bawah ini!

1. Membantu detoksifikasi kulit dari racun maupun kotoran

1. Membantu detoksifikasi kulit dari racun maupun kotoran
Freepik/javi_indy

Rumput laut sudah dikenal mengandung antioksidan. Kandungan ini membantu detoksifikasi kulit dari racun maupun kotoran yang sering kali menjadi penyebab utama timbulnya komedo dan jerawat.

Manfaat dari rumput laut yakni sangat cocok untuk proses penyembuhan masalah kulit seperti jerawat, rosacea, psoriasis atau kondisi kulit lainnya.

Menurut dokter kulit bersertifikat, Dr. Debra Jaliman yang dilansir Dermstore.com bahwa rumput laut adalah bahan anti inflamasi yang sangat baik dan dapat membantu mengurangi peradangan karena jerawat.

Menggunakan rumput laut dalam scrub wajah, nyatanya bisa menjaga kulit tetap bersih dan membantu mengatasi masalah lebih lanjut dengan kulit.

2. Membantu meredakan area kulit yang terkena eksim

2. Membantu meredakan area kulit terkena eksim
Freepik

Dapatkanlah manfaat kulit yang luar biasa dari ganggang ini. Faktanya, rumput laut dapat membantu kesehatan kulit dalam banyak hal.

Zue Botanicals.com memaparkan, ternyata ada sejumlah besar manfaat rumput laut bagi manusia. Di mana komposisi utama rumput laut diisi dengan bahan-bahan yang cocok untuk kulit.

Rumput laut adalah produk yang sangat serbaguna. Salah satunya dapat mengobati eksim dan membantu meredakan area kulit yang kering maupun gatal saat eksim kambuh.

Cara mengatasi kemerahan, eksim atau psoriasis cobalah menggunakan scrub dari rumput laut yang cukup ringan untuk jenis kulit sensitif.

Editors' Picks

3. Melindungi dari radikal bebas dan mecegah penuaan kulit

3. Melindungi dari radikal bebas mecegah penuaan kulit
Freepik

Selain membantu atasi eksim, rumput laut juga mampu menjaga dari masalah kondisi kulit wajah berminyak.

Rumput laut yang kaya akan vitamin B dan anti inflamasi dapat menghidrasi kulit, yakni dengan memberikan kelembapan yang alami.

Liveabout.com menjelaskan, campuran vitamin, mineral, asam lemak serta antioksidan bermanfaat bagi tubuh dan kulit. Antioksidan dalam rumput laut bisa mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada kulit dan melindungi terhadap penuaan kulit.

Kamu dapat menemukan rumput laut dalam produk skincare seperti toner atau face serum untuk dioleskan langsung ke kulit.

4. Pelembap alami yang membantu kulit mengikat air

4. Pelembap alami membantu kulit mengikat air
Freepik/Racool_studio

Rumput laut tidak hanya sebagai penghalang untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Tetapi juga menghidrasi dan menyehatkan sel, memberi kulit yang tampak lebih sehat nan bercahaya.

Di mana rumput laut merupakan agen humektan atau pelembap alami yang dapat membantu kulit mengikat air.

Dikutip dari laman Herbal Dynamics Beauty.com, ada banyak vitamin dan mineral yang ditemukan dalam rumput laut. Manfaat menggunakan bahan ini dalam produk perawatan kulit sangatlah melimpah.

Dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung rumput laut, kulit akan menyerap kelembapan dan menguncinya di lapisan epidermis. 

5. Memberi nutrisi yang dibutuhkan kulit

5. Memberi nutrisi yang dibutuhkan kulit
Freepik/drobotdean

Sifat rumput laut memang mengesankan, bahwa produk kecantikan seperti krim wajah dari rumput laut sangat nyaman sebagai bahan perawatan kulit.

Beauty Store Business.com menginformasikan, bahwa rumput laut adalah bahan yang semakin populer di industri kecantikan berkat banyak manfaatnya bagi kulit.

Rumput laut kaya akan antioksidan, polisakarida, asam amino, protein seperti peptida, lipid, mineral, vitamin, dan sejumlah metabolit sekunder.

Dari banyaknya nutrisi tersebut, rumput laut juga bermanfaat memberi nutrisi yang dibutuhkan kulit agar tampak cerah, kenyal dan sehat.

Dengan mengetahui kelima khasiat rumput dalam kecantikan kulit, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Kombinasikan dengan sumber makanan sehat lainnya untuk manfaat yang optimal.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.