Manfaat Heat Protectant untuk yang Hobi Styling Rambut

Yuk, semprotkan heat protectant secara merata!

22 Mei 2022

Manfaat Heat Protectant Hobi Styling Rambut
Freepik

Kamu sering menggunakan hair dryer atau alat catok pada rambut?

Sebenarnya menerapkan suhu panas, ini bisa menguapkan molekul air di korteks bagian dalam. Terutama mengubah struktur internal maupun sifat mekanik helai rambut. Dimana paparan panas tinggi mengubah bentuk helai keratin rambut kamu.

Suhu di atas 300° F mengubah ⍺-keratin menjadi -keratin, yang pada akhirnya menyebabkan rambut menjadi lebih lemah. Bahkan kehilangan elastisitasnya dan akhirnya rentan terhadap kerusakan. Oleh karenanya, bagi kamu yang hobi styling rambut perlu menggunakan produk heat protectant.

Nah, berikut manfaat dari heat protectant yang harus kamu ketahui. Yuk, langsung simak ulasannya yang sudah dirangkum oleh Popmama.com!

1. Melembapkan rambut dan membuatnya tetap halus

1. Melembapkan rambut membuat tetap halus
Freepik/Racool_studio

Ingatlah, bahwa rambut kering ketika kondisinya tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Terutama akan berkurang kilaunya, bahkan jadi tampak kusam saat kamu sering kali menggunakan alat penata rambut.

Sedangkan penggunaan heat protectant, manfaat yang diberika dapat membantu melindungi lapisan dalamnya. Plus, memantulkan cahaya yang menghasilkan rambut tampak berkilau. 

Jadi manfaat dari heat protectant, ini bisa sebagai salah satu cara menambahkan kelembapan ekstra pada rambut dan membuatnya tetap halus.

Editors' Picks

2. Meningkatkan kesehatan rambut kamu

2. Meningkatkan kesehatan rambut kamu
Freepik

Kamu perlu tahu, temperatur yang tinggi dapat membentuk retakan dan pecahnya kutikula. Tentu ini bisa membuat rambut rentan terhadap kerusakan di kemudian hari, lho.

Sementara agar suhu panas tidak memengaruhi kekuatan dan tekstur rambut, maka sekarang saatnya kamu menggunakan produk heat protectant. Dengan memberi semprotan pelindung panas ini, manfaatnya akan menjaga rambut lebih sehat.

Artinya, kelembapan yang diberikan dari produk heat protectant pun membantu meningkatkan kesehatan rambut. Hal itu karena formula vitamin dan asam lemak yang ada di dalam produk heat protectant.

3. Mengatur berapa banyak air yang dibutuhkan rambut

3. Mengatur berapa banyak air dibutuhkan rambut
Freepik/lookstudio

Ketika kamu hobi menggunakan hair styling, maka cobalah menyemprotkan produk heat protectant ke rambut kamu. Ini akan menyegel kelembapan dan mencegah rambut yang kusut. Bahwa manfaat dari heat protectant, yakni menghaluskan kutikula dan membuat rambut terasa lembut.

Artinya, produk heat protectant bisa sebagai pelindung rambut dan mencegahnya dari kerusakan yang tidak diinginkan. Dimana heat protectant berfungsi membantu mengatur berapa banyak air yang dibutuhkan rambut. 

4. Mengatasi rambut yang sulit diatur

4. Mengatasi rambut sulit diatur
Freepik/benzoix

Rambut yang sulit diatur bisa menjadi tantangan tersendiri bukan?

Apabila kamu ingin menciptakan tampilan rambut yang sempurna, maka mulailah menggunakan produk heat protectant. Manfaat yang didapat, yakni membantu mengatasi rambut yang sulit diatur dan mencegah rambut kusut.

Pasalnya, beberapa produk heat protectant mengandung bahan seperti humektan (panthenol dan propilen glikol) yang menjaga kelembapan. Bahkan formula asam amino di dalamnya untuk memperkuat rambut dan memberikan antioksidan.

Itulah manfaat dari heat protectant. Yuk, mulai gunakan heat protectant ke rambut yang basah sebelum menata rambut untuk meningkatkan penyerapan produk.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk