5 Permasalahan yang Paling Sering Terjadi pada Kulit Kombinasi 

Buat kamu yang memiliki kulit kombinasi, siap-siap harus berhadapan dengan permasalahan kulit ini ya

25 Januari 2022

5 Permasalahan Paling Sering Terjadi Kulit Kombinasi 
Freepik/katemangostar

Bahwa ada beberapa jenis kulit pada wajah. Salah satunya berupa kondisi yang kering, berminyak, sensitif, normal, dan kombinasi.

Apabila kamu memiliki jenis kulit kombinasi, kondisi ini biasanya tampak berminyak di beberapa area T zone dan kulit kering di area lain. 

Selain itu, bagi pemilik kulit kombinasi juga sering kali mengalami 5 masalah. Nah, berikut Popmama.com berikan ulasannya:

1. Munculnya jerawat dan komedo secara bersamaan

1. Muncul jerawat komedo secara bersamaan
Freepik/diana.grytsku

Kamu sedang berjuang dengan kulit kombinasi?

Biasanya, pemilik kulit kombinasi yang ekstrem terdapat banyak kelenjar sebaceous dan menyebabkan bakteri berkembang tidak normal. Kondisi ini pun membuat kamu jadi rawan berjerawat dan munculnya komedo secara bersamaan di daerah T.

Tidak mengherankan, menemukan rutinitas yang tepat untuk kulit kombinasi ekstrem bisa sangat menyulitkan oleh sebagian perempuan.

Editors' Picks

2. Keberadaan pori-pori yang membesar

2. Keberadaan pori-pori membesar
Freepik/gpointstudio

Bahwa permasalahan paling sering terjadi pada kulit kombinasi lainnya dengan ditandai keberadaan pori-pori di beberapa area wajah. Terutama di bagian T.

Kelenjar minyak yang terlalu aktif di area T dan kelebihan sel-sel kulit mati, kondisi ini kemungkinan besar akan memiliki pori-pori yang membesar. 

Akibatnya, hidung, dagu dan dahi dari kulit kombinasi lebih rentan terhadap pori-pori tersumbat. Pada akhirnya, pori-pori yang membesar membuat kulit jadi terlihat kusam dan tidak sehat. 

3. Kulit wajah terlihat lebih kusam

3. Kulit wajah terlihat lebih kusam
Freepik/wayhomestudio

Biasanya orang dengan kulit kombinasi, mereka sering kali kesulitan dalam mempertahankan wajah yang bercahaya. Terutama ketika proses pengelupasan sel-sel kulit mati tidak bekerja secara efisien, sehingga wajah kamu terlihat menjadi kusam.

Dengan demikian, kulit kusam adalah salah satu permasalahan yang terjadi pada jenis kulit kombinasi. Akibatnya, sel-sel kulit mati menumpuk di lapisan luar kulit dan menyumbat pori-pori.

Ditambah lagi jika kamu memiliki stres berlebih dan perasaan cemas. Kondisi tersebut berperan dalam peningkatan hormon kortisol. Secara negatif, inu dapat mempengaruhi aliran darah ke kulit dan perbaikan kulit.

4. Cuaca panas menyebabkan kulit ekstra berminyak

4. Cuaca panas menyebabkan kulit ekstra berminyak
Freepik/ansiia

Orang dengan jenis kulit kombinasi, berbagai faktor dapat berkontribusi pada permasalahan kulit. Salah satunya adalah saat mereka berada di bawah sinar matahari.

Bahwa cuaca panas memang sering kali menyebabkan zona T tampak lebih licin dan berkilau karena minyak. Hal itu pun memperburuk masalah pada jenis kulit kombinasi.

Dengan meningkatnya suhu, maka akan terjadi peningkatan produksi minyak dari kelenjar sebaceous kulit. Sementara sebum mengandung lipid dan lemak yang melindungi kulit dari stres lingkungan yang mengering. Ketika terlalu banyak, ini membuat permukaan kulit ekstra berminyak.

5. Kulit jadi cepat berminyak setelah membersihkan wajah

5. Kulit jadi cepat berminyak setelah membersihkan wajah
Freepik/wayhomestudio

Kesegaran kulit wajah menjadi sulit untuk dimiliki?

Pada umumnya, orang yang memiliki jenis kulit kombinasi membuat area T menjadi cepat berminyak setelah membersihkan wajah.

Usai mencuci muka, tidak berapa lama memang sering kali merangsang produksi minyak lebih banyak dan membuat area yang kering jadi lebih kering. Apalagi jika menggunakan produk yang salah.

Nah, itulah 5 masalah yang paling sering terjadi pada kulit kombinasi.
Sebaiknya gunakan toner non iritasi yang menghidrasi dan menenangkan kulit kamu, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk