Mengunci Kelembapan, Inilah 5 Kandungan yang Memperkuat Skin Barrier

Skin barrier merupakan lapisan pelindung paling luar pada kulit yang menjaga kulit

6 April 2021

Mengunci Kelembapan, Inilah 5 Kandungan Memperkuat Skin Barrier
Freepik/wirestock

Beberapa permasalahan kulit bisa disebabkan oleh skin barrier yang mengalami kerusakan akibat polusi, sinar matahari dan faktor lainnya.

Perlu diketahui, bahwa skin barrier merupakan lapisan pelindung paling luar pada kulit yang menjaga kulit dari berbagai kerusakan.

Dilansir dari Healthline, kamu dapat membantu memperbaiki pelindung kulit dengan perawatan kulit menggunakan produk yang sesuai.

Kini saatnya kamu fokus pada permasalahan kulit, berikut Popmama.com berikan 5 kandungan yang memperkuat skin barrier. Apa saja?

1. Centella asiatica yang mendorong produksi kolagen

1. Centella asiatica mendorong produksi kolagen
Freepik/cookie_studio

Produk skincare dengan Centella asiatica dapat dioleskan secara topikal pada kulit.

Evan Rieder, MD, asisten profesor di departemen dermatologi Ronald O. Perelman di NYU Langone Health yang dikutip dari Self berkata bahwa Centella asiatica bisa menenangkan peradangan dan mendorong produksi kolagen.

Bahkan kandungan produk tersebut bertindak sebagai antioksidan dan meningkatkan hidrasi kulit. Centella asiatica juga bersifat anti bakteri dan meningkatkan aktivitas antioksidan.

Ini karena Centella asiatica memiliki konsentrasi tinggi flavonoid yang memberikan berbagai macam manfaat kulit seperti anti penuaan, pelembab dan sifat menenangkan kulit.

Editors' Picks

2. Ceramide melindungi epidermis dari kerusakan

2. Ceramide melindungi epidermis dari kerusakan
Freepik

Kandungan Ceramide pada produk skincare pun cukup efektif membantu dalam mengunci kelembapan ke dalam kulit, mencegah kekeringan dan iritasi. 

Bahkan kandungan Ceramide juga melindungi epidermis dari kerusakan lingkungan. Ini karena Ceramide memiliki efek anti penuaan.

Ceramide terdiri dari sphingosine dan asam lemak yang dapat menyatukan kulit dengan membentuk lapisan pelindung, yaitu membatasi hilangnya kelembapan.

Selain itu Ceramide lebih dari retinol, niacinamide dan peptida yang bertanggung jawab untuk mendukung sifat dinamis kulit. 

3. Hyaluronic acid meningkatkan elasitisitas kulit

3. Hyaluronic acid meningkatkan elasitisitas kulit
Freepik/nakaridore

Apakah kamu mengalami kerusakan kulit seperti garis halus dan kerutan, flek hitam dan kulit lebih kering?

Kandungan Hyaluronic acid juga cukup efektif memperkuat penghalang alami kulit, yakni mengunci kelembapan dan menghidrasi kulit.

Neutrogena menginformasikan, Hyaluronic acid adalah pelindung kulit yang bekerja paling baik dengan menjaga keseimbangan sel dan membantu kulit menahan air lebih efektif.

Seiring waktu, penggunaan produk yang mengandung Hyaluronic acid dapat memperlambat kerusakan penghalang lipid dan meningkatkan elastisitas kulit.

4. Asam linoleic membantu memperkuat pelindung kulit

4. Asam linoleic membantu memperkuat pelindung kulit
Freepik/lookstudio

Asam α-Linolenic (ALA) atau asam alfa linolenat adalah salah satu dari dua asam lemak esensial (EFA) yang tidak diproduksi di dalam tubuh.   

Dalam produk perawatan kulit, asam linoleat digunakan untuk mencegah gangguan yang dapat menurunkan kehilangan air transepidermal dan meningkatkan kelembapan kulit.

Asam linoleic memiliki peran sentral dalam struktur dan sebagai permeabilitas stratum korneum atau pelindung kulit yang sehat.

Lebih singkatnya, asam linoleat salah satu elemen pelembab utama kulit yang memperkuat pelindung kulit secara keseluruhan dari penyebab iritasi.

5. Niacinamide menjaga struktur kulit secara keseluruhan

5. Niacinamide menjaga struktur kulit secara keseluruhan
Freepik

Kini banyak produk yang mengandung Niacinamide untuk melindungi, meremajakan kulit dan memulihkan lapisan pertahanan kulit.

Dikutip dari Getthegloss, Niacinamide adalah cara memperkuat pelindung kulit guna melawan penyerang lingkungan seprti UV dan polusi. Niacinamide pun meningkatkan fungsi penghalang dengan menjaga struktur kulit secara keseluruhan. 

Bahkan Niacinamide membantu membangun keratin, yaitu sejenis protein yang membuat kulit kencang dan sehat. 

Produk dengan Niacinamide pun bermanfaat untuk semua jenis kulit, terutama jika memiliki eksim atau kulit dewasa.

Demikianlah kelima kandungan yang bisa meningkatkan skin barrier. Apakah kamu akan menggunakan produk dari salah satu formula di atas?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.