5 Mitos Tentang Toner yang Perlu Kamu Ketahui

Jangan malas membersihkan wajah, ya!

13 Mei 2019

5 Mitos Tentang Toner Perlu Kamu Ketahui
Freepik/margarita88

Pasti ada beberapa mitos kecantikan yang sering kamu dengar. Nah, sebaiknya jangan sampai keliru mengiranya sebagai fakta.

Salah satu produk skin care yang sering dipakai perempuan yaitu toner untuk membersihkan wajah. Toner yang bertekstur seperti air dan memiliki banyak fungsi ini semakin populer sejak beberapa tahun belakangan.

Meski berperan cukup penting, tapi ternyata ada 5 mitos seputar toner yang perlu kamu ketahui. Apa saja mitos-mitosnya? Langsung cek ulasannya di Popmama.com, yuk!

1. Toner dapat mengecilkan pori-pori

1. Toner dapat mengecilkan pori-pori
Freepik/Katemangostar

Produk skin care yang berteksur seperti air ini banyak digunakan perempuan dalam merawat kulitnya.

Tapi ternyata ada beberapa mitos mengenai toner yang sebaiknya tidak perlu kamu percayai. Salah satunya mitos seputar toner yang memiliki kemampuan dalam mengecilkan pori-pori.

Padahal pori-pori tidak dapat mengecil, bagaimana pun caranya. Sebenarnya yang bisa dilakukan hanya meminimalkan penampilan pori-pori dan tidak semua produk mengklaim dapat mengecilkan pori-pori.

2. Toner merupakan pembersih wajah

2. Toner merupakan pembersih wajah
Freepik

Ada beberapa orang yang merasakan kulit lebih bersih setelah memakai toner. Tapi bukan berarti toner itu beralih menjadi cleanser, lho.

Toner pun dapat bekerja lebih baik karena kulit wajahmu sudah bersih. Sayangnya hal inilah yang membuat banyak perempuan mengandalkan toner sebagai produk pembersih wajah.

Padahal langkah tersebut dapat dibilang kurang tepat. Sebab kapas yang dibasahi menggunakan skin care apapun yang berbentuk cairan akan menimbulkan efek yang sama.

Setelah menggunakan toner alangkah baiknya kamu membersihkan wajah secara maksimal menggunakan double cleansing.

Editors' Picks

3. Toner hanya untuk kulit berminyak

3. Toner ha kulit berminyak
Freepik/treewat0071

Kamu yang punya kulit berminyak, biasanya menghindari menggunakan moisturizer dalam perawatan kulit wajah. Tapi, ternyata cara itu tidaklah tepat. Kulit berminyak pun tetap butuh pelembap.

Nah, begitu pun mitos tentang toner. Banyak perempuan yang tidak ingin menggunakan toner, karena mereka berpikir bahwa toner hanya bermanfaat bagi kulit berminyak saja.

Padahal, mitos tersebut juga tidak benar. Sementara penggunaan toner mampu membersihkan dan menutrisi semua jenis kulit. Selanjutnya kamu hanya tinggal menyesuaikan kandungan toner sesuai kebutuhan kulit kamu.

4. Toner membuat kulit semakin kering

4. Toner membuat kulit semakin kering
Freepik

Kini semakin banyak perkembangan produk skin care. Kamu pun dapat dengan mudah mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan kulit wajahmu. Salah satunya pemakaian toner.

Masih berhubungan dengan mitos pada toner. Masih banyak perempuan yang percaya bahwa toner akan membuat kulit semakin kering.

Sayangnya mitos ini tidak tepat. Padahal toner memiliki kandungan yang dapat melembabkan kulit seperti aloe vera atau kandungan air mawar di dalamnya.

5. Toner tidak dapat digunakan oleh kulit sensitif

5. Toner tidak dapat digunakan oleh kulit sensitif
Freepik

Tak hanya menunjang penampilan, kecantikan kulit ini pun bisa dibilang sebagai cerminan pribadi yang sehat.

Tapi sayangnya kamu masih bingung soal mitos toner untuk kulit sensitif?

Banyak orang mengira bahwa toner dianggap tidak baik untuk pemilik kulit sensitif. Padahal itu anggapan yang salah. Pasalnya sekarang ada banyak toner yang diformulasikan khusus untuk menangani kulit sensitif. Bahkan penggunaan toner dapat membantu meredakan iritasi dan inflamasi kulit wajah.

Untuk perawatan kulit wajah, yang terpenting adalah kamu menggunakannya secara rutin dan dengan takaran yang tepat. Jadi jangan percaya lagi dengan mitos toner, ya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;