5 Perawatan Kecantikan Tradisional Warisan Indonesia

Sudah coba perawatan kecantikan tradisional?

13 Juni 2019

5 Perawatan Kecantikan Tradisional Warisan Indonesia
Freepik/chevanon

Indonesia memang terkenal kaya akan rempah-rempahnya.

Rempah-rempah yang ada di Indonesia nggak hanya bisa digunakan untuk bumbu makanan saja, tapi juga berkhasiat untuk bahan penunjang kecantikan tradisional sejak zaman dahulu.

Perawatan kecantikan warisan nenek moyang efek yang didapat pun terbukti jauh lebih baik dalam mengatasi masalah kulit.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum 5 perawatan kecantikan tradisional warisan Indonesia.

1. Batimung

1. Batimung
Freepik/Wavebreakmedia

Batimung atau sauna versi tradisional ini berasal dari Kalimantan Selatan.

Ramuannya terbuat dari campuran akar wangi, minyak serai, daun jeruk purut, temu giring, melati dan daun pandan yang direbus dalam panci tertutup.

Sembari menunggu air rebusannya, kamu bisa membuat bedak dingin dari campuran ketan hitam dan mengaplikasikannya ke seluruh tubuh. Jika air rebusan sudah mendidih, kamu pun duduk dalam kondisi sudah tebungkus dengan kain tebal diatas air rebusan batimung. 

Awalnya timung atau batimung dilakukan oleh pasangan yang akan menikah, seiring berjalannya waktu batimung pun akhirnya dilakukan oleh siapa saja yang ingin melakukan terapi kesehatan dan kecantikan yang bisa mengharumkan tubuh dari dalam.

2. Boreh

2. Boreh
Freepik/Boggy

Keindahan dan kecantikan kulit perempuan Indonesia zaman dahulu karena menggunakan perawatan alami.

Percaya atau tidak, tradisi kecantikan asal Bali dengan ramuan yang terdiri dari serai, cendana, jahe, cengkeh, pala, lengkuas, beras hitam, dan minyak kelapa sudah lama dilakukan.

Perawatan boreh seperti lulur, yakni dibalurkan ke seluruh tubuh hingga setengah kering dan selanjutnya dilap dengan kain basah hingga bersih.

Ramuan boreh yang bersifat menghangatkan beemanfaat untuk menghilangkan masuk angin, memperlancar peredaran darah dan menghilangkan pegal-pegal.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, ramuan ini bermanfaat untuk mencerahkan rona wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Editors' Picks

3. Jamu

3. Jamu
Freepik/topntp26

Kecantikan perempuan Indonesua zaman dahulu tidak kalah dengan yang hidup di zaman modern sekarang ini. Padahal pada kala itu bisa dipastikan jumlah salon masih sangat terbatas.

Nah, rahasia kecantikan warisan Indonesia yang masih ada sampai sekarang adalah jamu.

Masyarakat suku Jawa terkenal dengan jamu sebagai minuman kesehatan dan kecantikan. Beberapa ramuannya dikagumi banyak suku bangsa di dunia.

Perawatan kecantikan tradisional kecantikan yang paling sederhana dan berasal dari rempah-rempah ini dapat membuat tubuh kamu terawat dari dalam.

Jamu biasa disajikan usai terapi berupa ramuan minuman sehat yang terdiri dari cengkih, santan dan gula batu.

Minuman tradisional ini memiliki berbagai khasiat kecantikan, yaitu mencerahkan kulit wajah, menghilangkan jerawat hingga membuat wajah tampak awet muda.

4. Lulur

4. Lulur
Freepik/sri_sakorn42

Kamu sering luluran? Ya, salah satu perawatan tubuh tradisional paling favorit ini merupakan perawatan kecantikan yang dilakukan oleh para putri keraton.

Bahan dasar lulur tradisional Jawa adalah kunyit yang memiliki kandungan anti septik dan anti bakteri untuk kulit.

Ramuan tersebut dibalurkan ke seluruh tubuh dan dibiarkan sampai kering atau berkerak, sesudah itu tubuhmu baru dibasuh dengan air hangat.

5. Ratus

5. Ratus
Freepik/valeria_aksak

Metode perawatan kecantikan yang satu ini berbeda dari sebelumnya. Ratus merupakan jenis perawatan miss-V yang menggunakan metode penguapan.

Ratus dapat bekerja menyerap lendir yang dapat menyebabkan keputihan. Selain itu ratus juga mengharumkan sampai ke bagian dalam tubuh.

Ratus adalah rahasia umum milik Ken Dedes demi memiliki kecantikan abadi di zamannya yang menggunakan campuran herbal yang terdiri dari kemenyan, cendana, kenanga, dan klabet atau klobot yang dikeringkan, kemudian direbus dalam air panas.

Air rebusannya digunakan untuk mengasapi seluruh bagian organ kewanitaan.

Itulah kelima perawatan tradisional yang ada di Indonesia. Kalau kamu suka melakukan perawatan tradisional yang mana? Jangan pernah bosan untuk merawat kecantikan luar dalam, ya.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;